Roboguru
SD

Perhatikan teks berikut ini!     (1) Dalam mengelola organisasi saat ini dituntut adanya perubahan dari pendekatan tradisional menjadi pendekatan modern. (2) Perubahan manajerial dalam suatu organisasi atau perusahaan akan terjadi dengan baik bila lingkungan mendukung sepenuhnya, mulai dari tingkat pimpinan hingga tingkat pelaksana. (3) Dalam menghadapi perubahan pengelolaan perusahaan tersebut, sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang memberi andil untuk meningkatkan kinerja perusahaan. (4) Kemampuan para karyawan merupakan hal yang penting untuk mencapai tujuan organisasi. (5) Namun, masalah akan muncul ketika ada karyawan yang sebenarnya memiliki kemampuan baik, tetapi motivasi untuk menggunakan kemampuannya rendah. (6) Hal ini akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan organisasi.     (7) Seseorang akan termotivasi dengan kuat apabila kepentingan individu mereka terpenuhi. (8) Kepentingan-kepentingan individu itu akan terpenuhi, salah satunya oleh penghargaan yang mereka terima sebagai imbalan dari kontribusi mereka. (9) Menurut Gibson, Ivancevinch, & Donnely (1991), penghargaan dibagi menjadi dua, yaitu penghargaan intrinsik yang meliputi penyelesaian tugas, pencapaian prestasi, otonomi, serta pengembangan pribadi. (10) Sedangkan penghargaan ekstrinsik meliputi gaji dan upah, jaminan sosial, penghargaan antarpribadi (interpersonal reward) serta promosi (promotion).     (11) BF Skinner dengan reinforeement theory-nya (Robins, 2001) beranggapan bahwa motivasi seseorang tergantung pada penghargaan ekstrinsik. (12) Hal ini sejalan dengan teori hierarki kebutuhan dari Maslow (1943) yang menyatakan bahwa seseorang akan termotivasi dalam bekerja dengan tujuan pertama untuk memenuhi kebutuhan fisiologis, kemudian kebutuhan rasa aman yang dapat digolongkan dalam penghargaan ekstrinsik. (Dikutip dengan pengubahan dari artikel.ilmiah.com) Bagaimana hubungan isi antarparagraf dalam teks tersebut?   (SBMPTN 2013)

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini!


    (1) Dalam mengelola organisasi saat ini dituntut adanya perubahan dari pendekatan tradisional menjadi pendekatan modern. (2) Perubahan manajerial dalam suatu organisasi atau perusahaan akan terjadi dengan baik bila lingkungan mendukung sepenuhnya, mulai dari tingkat pimpinan hingga tingkat pelaksana. (3) Dalam menghadapi perubahan pengelolaan perusahaan tersebut, sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang memberi andil untuk meningkatkan kinerja perusahaan. (4) Kemampuan para karyawan merupakan hal yang penting untuk mencapai tujuan organisasi. (5) Namun, masalah akan muncul ketika ada karyawan yang sebenarnya memiliki kemampuan baik, tetapi motivasi untuk menggunakan kemampuannya rendah. (6) Hal ini akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan organisasi.

    (7) Seseorang akan termotivasi dengan kuat apabila kepentingan individu mereka terpenuhi. (8) Kepentingan-kepentingan individu itu akan terpenuhi, salah satunya oleh penghargaan yang mereka terima sebagai imbalan dari kontribusi mereka. (9) Menurut Gibson, Ivancevinch, & Donnely (1991), penghargaan dibagi menjadi dua, yaitu penghargaan intrinsik yang meliputi penyelesaian tugas, pencapaian prestasi, otonomi, serta pengembangan pribadi. (10) Sedangkan penghargaan ekstrinsik meliputi gaji dan upah, jaminan sosial, penghargaan antarpribadi (interpersonal reward) serta promosi (promotion).

    (11) BF Skinner dengan reinforeement theory-nya (Robins, 2001) beranggapan bahwa motivasi seseorang tergantung pada penghargaan ekstrinsik. (12) Hal ini sejalan dengan teori hierarki kebutuhan dari Maslow (1943) yang menyatakan bahwa seseorang akan termotivasi dalam bekerja dengan tujuan pertama untuk memenuhi kebutuhan fisiologis, kemudian kebutuhan rasa aman yang dapat digolongkan dalam penghargaan ekstrinsik.

(Dikutip dengan pengubahan dari artikel.ilmiah.com)


Bagaimana hubungan isi antarparagraf dalam teks tersebut?undefined 

(SBMPTN 2013)

  1. Paragraf ke-1 menjadi penyebab paragraf ke-2.undefined 

  2. Paragraf ke-2 memaparkan contoh paragraf ke-1.undefined 

  3. Paragraf ke-2 menjadi penyebab paragraf ke-1.undefined 

  4. Paragraf ke-3 menjelaskan paragraf ke-2.undefined 

  5. Paragraf ke-3 merupakan pembanding paragraf ke-2.undefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Paragraf-paragraf dalam sebuah bacaan umumnya memiliki hubungan isi yang membuat bacaan tersebut menjadi padu. Paragraf ke-1 teks di atas menyebutkan bahwa pendekatan dalam mengelola organisasi untuk mencapai tujuan harus berubah. Salah satu hal penting dalam mencapai tujuan organisasi adalah kemampuan karyawan. Namun, kemampuan karyawan mungkin belum maksimal karena rendahnya motivasi. Sementara itu, paragraf ke-2 menyebutkan bahwa motivasi seseorang dapat muncul karena dua faktor, yakni faktor internal dan eksternal.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa paragraf ke-2 merupakan penyebab dari paragraf ke-1. Dengan kata lain, motivasi karyawan sebagaimana dijelaskan dalam paragraf ke-2 merupakan penyebab dari adanya masalah-masalah yang dijelaskan dalam paragraf ke-1.

  • Pilihan A tidak tepat karena paragraf ke-1 bukan penyebab paragraf ke-2. Sebaliknya, paragraf ke-2 merupakan penyebab paragraf ke-1.
  • Pilihan B tidak tepat karena paragraf ke-2 bukan contoh dari paragraf ke-1.
  • Pilihan D tidak tepat karena paragraf ke-3 tidak menjelaskan paragraf ke-2. Kedua paragraf tersebut memiliki fokus pembahasan yang berbeda. Paragraf ke-2 membahas faktor motivasi dari segi ekstrinsik dan intrinsik, sedangkan paragraf ke-3 hanya menekankan pada faktor ekstrinsik.
  • Pilihan E tidak tepat karena paragraf ke-3 bukanlah pembanding dari paragraf ke-2. Kedua paragraf tersebut memiliki fokus bahasan hal yang berlainan dan tidak ada hal yang dibandingkan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

276

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut!   (1) Sepak bola menjadi salah satu olahraga terpopuler di dunia. (2) Ia gampang dimainkan dan para penonton pun merasa terhubung dengan tim yang berlomba di stadion. (3) Men...

66

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia