Perhatikan teks berikut!      Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia Internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Pulau ini menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.      Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orangutan. Tujuan dibuatnya Taman Nasional adalah untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang jumlahnya.      Bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Pembangunan gedung dan perumahan menjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya. Perburuan liar mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan. Kesimpulan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah….

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!

     Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia Internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Pulau ini menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

     Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orangutan. Tujuan dibuatnya Taman Nasional adalah untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang jumlahnya.

     Bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Pembangunan gedung dan perumahan menjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya. Perburuan liar mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan.

Kesimpulan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah….

  1. Banyak hewan dan tumbuhan yang terancam punah di Indonesia.

  2. Taman Nasional di Indonesia merupakan tempat untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang terancam punah.

  3. Penyebab utama kemusnahan hewan dan tumbuhan adalah kegiatan manusia.

  4. Banyak penyebab hewan dan tumbuhan terancam kepunahan. Oleh karena itu, banyak Taman Nasional untuk melestarikan hewan dan tumbuhan. Hal tersebut dikarenakan Indonesia negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan.

M. Fauzi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Kesimpulan merupakan pernyataan yang mengulang inti dari ide pokok. Untuk mempermudah dalam membuat kesimpulan, tentukan ide pokoknya terlebih dahulu. Pada paragraf pertama, ide pokoknya adalah Indonesia kaya akan keragaman hewan dan tumbuhan. Pada paragraf kedua, ide pokoknya adalah Taman Nasional di Indonesia. Pada paragraf ketiga, ide pokoknya adalah Penyebab kemusnahan hewan/tumbuhan. Berdasarkan ide pokok tersebut, kesimpulan yang tepat adalah Banyak penyebab hewan dan tumbuhan terancam kepunahan. Oleh karena itu, banyak Taman Nasional untuk melestarikan hewan dan tumbuhan. Hal tersebut dikarenakan Indonesia negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

494

5.0 (3 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut!     Hewan langka di indonesia kian lama kian bertambah, pertambahan ini di sebabkan oleh beberapa faktor mulai dari faktor lingkungan dan juga manusia, yang menyebabkan hewa...

111

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia