Roboguru

Perhatikan teks anekdot berikut! BOS YANG MENYAMAR   (1) Seorang bos di sebuah perusahaan besar tiba-tiba melakukan inspeksi ke pabriknya untuk melihat kinerja para karyawannya. Di pabrik keempat, ia menemukan seorang pria muda yang tengah bersandar di dekat pintu, nampaknya ia tengah bersantai. (2) Semua pekerja yang ada di ruangan itu tengah sibuk bekerja, kecuali orang tersebut. Si bos segera menghampiri pemuda tersebut dan bertanya, “Berapa gajimu seminggu?” Dengan sedikit terkejut, pemuda itu melihat ke arah si bos dan berkata, “Hmmmm sekitar 100.000 per minggu, kenapa memangnya?” (3) Si bos mengeluarkan dompetnya dan mengambil dua lembar uang 100 ribu-an. Ia mengulurkannya pada si pemuda, “Ini gajimu untuk dua minggu dan cepat pergi dari sana. Aku tak mau melihatmu lagi!” (4) Dengan keterkejutan luar biasa dan juga takut, si pemuda segera meninggalkan tempat tersebut tanpa banyak bicara. Lalu dengan muka berwibawa si bos melihat para stafnya yang sedari tadi memperhatikan adegan itu. “Adakah yang tahu, dari divisi manakah pemuda pemalas tersebut?” tanyanya. (5) Suasana menjadi hening sampai akhirnya seorang staf menjawab dengan sedikit ketakutan, “Ia tak bekerja disini. Ia adalah pengantar pizza yang mengantar pesanan personalia…” Konjungsi yang menyatakan hubungan waktu pada teks di atas terdapat pada paragraf ….

Pertanyaan

Perhatikan teks anekdot berikut!


BOS YANG MENYAMAR
 
(1) Seorang bos di sebuah perusahaan besar tiba-tiba melakukan inspeksi ke pabriknya untuk melihat kinerja para karyawannya. Di pabrik keempat, ia menemukan seorang pria muda yang tengah bersandar di dekat pintu, nampaknya ia tengah bersantai.


(2) Semua pekerja yang ada di ruangan itu tengah sibuk bekerja, kecuali orang tersebut. Si bos segera menghampiri pemuda tersebut dan bertanya, “Berapa gajimu seminggu?” Dengan sedikit terkejut, pemuda itu melihat ke arah si bos dan berkata, “Hmmmm sekitar 100.000 per minggu, kenapa memangnya?”


(3) Si bos mengeluarkan dompetnya dan mengambil dua lembar uang 100 ribu-an. Ia mengulurkannya pada si pemuda, “Ini gajimu untuk dua minggu dan cepat pergi dari sana. Aku tak mau melihatmu lagi!”


(4) Dengan keterkejutan luar biasa dan juga takut, si pemuda segera meninggalkan tempat tersebut tanpa banyak bicara. Lalu dengan muka berwibawa si bos melihat para stafnya yang sedari tadi memperhatikan adegan itu. “Adakah yang tahu, dari divisi manakah pemuda pemalas tersebut?” tanyanya.


(5) Suasana menjadi hening sampai akhirnya seorang staf menjawab dengan sedikit ketakutan, “Ia tak bekerja disini. Ia adalah pengantar pizza yang mengantar pesanan personalia…”

Konjungsi yang menyatakan hubungan waktu pada teks di atas terdapat pada paragraf ….

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 5

Pembahasan Soal:

Di dalam cerita anekdot, terdapat konjungsi yang menyatakan hubungan waktu. Konjungsi tersebut dinamakan konjungsi temporal. Konjungsi temporal merupakan konjungsi yang menandai keterangan waktu pada sebuah kalimat dan berfungsi sebagai alat untuk membuat antarkalimat menjadi padu atau saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Contoh konjungsi temporal, antara lain: lalu, kemudian, sebelumnya, selanjutnya, sejak, saat, sambil, seraya, dan lain sebagainya. Konjungsi yang menyatakan hubungan waktu pada teks di atas terdapat pada paragraf 4, yakni pada kalimat Lalu dengan muka berwibawa si bos melihat para stafnya yang sedari tadi memperhatikan adegan itu. Pada kalimat tersebut, terdapat kata lalu yang merupakan salah satu contoh konjungsi temporal atau kata hubung yang menunjukkan waktu. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizky

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan teks anekdot berikut! Jangan Bilang Siapapun   Alkisah seorang pejabat yang korup sedang mengisi akhir pekan dengan memancing di sebuah sungai besar. Saking asyiknya memancing, si pejabat ...

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 9 dan 10! (1) Siang hari itu, Dodo sudah pulang dari sekolah. (2) Tadi di sekolah Dodo mendapatkan pelajaran tentang berbagai negara di d...

0

Roboguru

Perhatikan bagian orientasi dari teks anekdot berikut!   (1) Siang hari itu, Hachi sudah pulang dari sekolah. (2) Tadi di sekolah, Hachi mendapatkan pelajaran tentang berbagai negara di dunia ini. (3...

0

Roboguru

Perhatikan kutipan berikut! Ia mengulurkannya pada si pemuda, “Ini gajimu untuk dua minggu dan cepat pergi dari sana. Aku tak mau melihatmu lagi!”   Kutipan di atas merupakan jenis kalimat ….

0

Roboguru

Perhatikan teks anekdot berikut! BOS YANG MENYAMAR   (1) Seorang bos di sebuah perusahaan besar tiba-tiba melakukan inspeksi ke pabriknya untuk melihat kinerja para karyawannya. Di pabrik keempat, ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved