Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan tahapan teknik bioteknologi berikut! Stimulasi ovarium uterus Isolasi sel telur dan sperma Fertilisasi di luar tubuh Pembelahan sel Transfer embrio Tahap fertilisasi in vitro yang melibatkan penggunaan hormon ditunjukkan oleh nomor ….

Perhatikan tahapan teknik bioteknologi berikut!

  1. Stimulasi ovarium uterus
  2. Isolasi sel telur dan sperma
  3. Fertilisasi di luar tubuh
  4. Pembelahan sel
  5. Transfer embrio

Tahap fertilisasi in vitro yang melibatkan penggunaan hormon ditunjukkan oleh nomor ….undefined 

  1. 1 

  2. 2 

  3. 3 

  4. 4 

  5. 5 

Iklan

B. Hindarto

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Proses fertilisasi in vitro adalah sebagai berikut: Ovarium ibu akan distimulasi menggunakan hormon FSH dan LH untuk menghasilkan banyak sel telur, lalu dengan bantuan hCG sel telur akan dimatangkan. Uterus ibu juga akan distimulasi dengan hormon progesteron untuk mempertebal endometriumnya. Setelah telur atau oosit sekunder matang, akan diisolasi atau diambil dari ovarium lalu dimasukkan ke dalam tabung yang mengandung larutan tertentu untuk memastikan sel telur masih dalam keadaan baik. Selanjutnya sperma diisolasi dari ayah. Setelah itu dilakukan proses fertilisasi di luar tubuh, terdapat 2 cara dalam melakukan tahap ini, yaitu: dengan mencampurkan secara langsung sperma dan sel telur di dalam tabung, atau menyuntikkan 1 sperma yang sudah terseleksi langsung ke dalam sitoplasma sel telur, proses ini disebut penyuntikkan sperma intrasitoplasmik. Jika fertilisasi berhasil dilakukan, akan ditandai dengan adanya pembelahan sel dari zigot, menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, sampai jadi morula dan blastula. Jika blastula sudah terbentuk, maka akan dilakukan transfer embrio ke uterus sang ibu, tujuannya agar blastula dapat melakukan implantasi pada dinding rahim/endometrium sehingga blastula dapat berkembang menjadi embrio lalu fetus dan akhirnya dapat dilahirkan. Dengan demikian, tahap fertilisasi in vitro yang melibatkan penggunaan hormon adalah tahap 1. Pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Proses fertilisasi in vitro adalah sebagai berikut:

  • Ovarium ibu akan distimulasi menggunakan hormon FSH dan LH untuk menghasilkan banyak sel telur, lalu dengan bantuan hCG sel telur akan dimatangkan. Uterus ibu juga akan distimulasi dengan hormon progesteron untuk mempertebal endometriumnya. 
  • Setelah telur atau oosit sekunder matang, akan diisolasi atau diambil dari ovarium lalu dimasukkan ke dalam tabung yang mengandung larutan tertentu untuk memastikan sel telur masih dalam keadaan baik. 
  • Selanjutnya sperma diisolasi dari ayah. 
  • Setelah itu dilakukan proses fertilisasi di luar tubuh, terdapat 2 cara dalam melakukan tahap ini, yaitu: dengan mencampurkan secara langsung sperma dan sel telur di dalam tabung, atau menyuntikkan 1 sperma yang sudah terseleksi langsung ke dalam sitoplasma sel telur, proses ini disebut penyuntikkan sperma intrasitoplasmik.
  • Jika fertilisasi berhasil dilakukan, akan ditandai dengan adanya pembelahan sel dari zigot, menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, sampai jadi morula dan blastula.
  • Jika blastula sudah terbentuk, maka akan dilakukan transfer embrio ke uterus sang ibu, tujuannya agar blastula dapat melakukan implantasi pada dinding rahim/endometrium sehingga blastula dapat berkembang menjadi embrio lalu fetus dan akhirnya dapat dilahirkan.

Dengan demikian, tahap fertilisasi in vitro yang melibatkan penggunaan hormon adalah tahap 1.

Pilihan jawaban yang tepat adalah A. 

Latihan Bab

Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi Modern

Peranan Bioteknologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Konsep Dasar Bioteknologi

322

Kinanthi Elmira Putri

Di handphone saya, penjelasanya terpotonh menjadi 2 di monitor, tp karena ada video, cukup membantu Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan tahap rekombinasi DNA berikut! Isolasi plasmid Isolasi gen target (cDNA) Screening biru putih Transportasi DNA atau plasmid rekombinan Pembiakan bakteri rekombinan Ta...

198

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia