Roboguru

Perhatikan tabel pengukuran variabel pencemaran air di bawah ini! Berdasarkan tabel di atas maka sungai yang mengalami pencemaran yang paling berat adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan tabel pengukuran variabel pencemaran air di bawah ini!

Berdasarkan tabel di atas maka sungai yang mengalami pencemaran yang paling berat adalah ....

  1. 1space space 

  2. 2space space 

  3. 3space space 

  4. 4space space 

Pembahasan Soal:

Pencemaran air merupakan peristiwa masuknya bahan-bahan berbahaya, merugikan, atau tidak disukai ke dalam air dengan konsentrasi atau jurnlah yang (secara langsung atau kumulatif) cukup besar untuk dapat merugikan atau memengaruhi kegunaan atau kualitas air. Adapun parameter yang dapat dianalisis untuk menentukan kualitas air meliputi DO (Dissolved Oxygen), BOD (Biological Oxygen Demand), dan COD (Chemical Oxygen Demand).

  • BOD merupakan jumlah oksigen yang digunakan mikroorganisme dalam air untuk mengoksidasi senyawa organik menjadi molekul anorganik sederhana pada waktu tertentu. Semakin tinggi nilai BOD menunjukan  semakin tingginya aktivitas organisme untuk menguraikan bahan organik atau dapat dikatakan semakin besarnya kandungan bahan organik di suatu perairan tersebut. Makin tinggi nilai BOD suatu perairan, makin tercemar perairan tersebut. Angka baku mutu BOD yang digunakan untuk evaluasi tingkat pencemaran air yaitu BOD<1 mg/L (pencemaran sangat ringan), BOD 1-3 mg/L (pencemaran ringan), BOD 3-6 mg/L (pencemaran sedang), dan jika BOD>6 mg/L (pencemaran berat).
  • COD merupakan jumlah oksigen yang diperlukan untuk mengurai seluruh bahan organik yang terkandung dalam air. Makin tinggi nilai COD suatu perairan, makin tercemar perairan tersebut. Angka baku mutu COD yang digunakan untuk evaluasi tingkat pencemaran air yaitu COD<5 mg/L (pencemaran sangat ringan), COD 6-9 mg/L (pencemaran ringan), COD 10-15 mg/L (pencemaran sedang), dan jika COD > 16 mg/L disebut pencemaran berat.
  • DO adalah kadar oksigen yang terlarut di dalam air. Oksigen ini bisa berasal dari atmosfer atau reaksi fotosintesis di dalam air. Semakin tinggi kadar Dissolved Oxygen (DO) semakin bagus kualitas air tersebut.

Berdasarkan tabel pada soal, maka dapat diketahui bahwa sungai yang mengalami pencemaran yang paling berat adalah sungai nomor 3. Sungai nomor 3 memiliki kadar BOD dan COD paling tinggi dibandingkan sungai lainnya. Selain itu, kadar DO-nya pun paling rendah diantara sungai lainnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peristiwa masuknya zat atau komponen lainnya ke dalam lingkungan perairan sehingga mutu air terganggu disebut pencemaran ....

Pembahasan Soal:

Pencemaran air adalah menurunnya kualitas air yang disebabkan oleh masuknya komponen asing berupa unsur, energi, atau zat lainnya ke dalam air. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Bagaimana ciri-ciri air yang sudah tercemar?

Pembahasan Soal:

Ciri-ciri atau indikator pencemaran air dapat ditinjau dari indikator fisik, kimia, dan biologi.

  • Indikator fisik: warna air keruh, berbau tidak sedap dan mengalami perubahan warna menjadi merah, hijau atau kuning
  • Indikator kimia: pH air terlalu asam atau basa,  kadar DO peraian su­dah lebih kecil dari  3 mg/l, kadar BOD lebih dari 7 mg/l
  • Indikator biologi: ditemukan adanya bakteri E.coli,  dite­mu­kannya Ca­cing Sutera (Tubifex), dan lintah, juga adanya hewan air berukuran besar (makro) seperti cacing Sutera.   undefined 
Roboguru

Di bawah ini yang merupakan sumber mata air yang layak untuk di konsumsi yaitu ....

Pembahasan Soal:

Sumber mata air yang layak untuk dikonsumsi adalah sumber mata air tanah yang tidak tercemar oleh bahan-bahan berbahaya seperti bahan kimia, maupun mikroba-mikroba berbahaya serta mengandung bahan-bahan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Contoh sumber air yang layak untuk dikonsumsi adalah sumber air tanah yang berasal dari sumur galian dan sumber air tanah dari pegunungan. Walaupun sumber air sumur dan air pegunungan layak dikonsumsi karena secara umum bebas dari pencemaran dan mengandung mineral yang bermanfaat, namun tetap harus diolah dan disterilisasi agar benar-benar aman dikonsumsi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Pengelolaan air salah satunya harus memenuhi syarat kimia yaitu ....

Pembahasan Soal:

Pengelolaan air untuk menentukan kualitas air harus memenuhi standar baku ditinjau dari parameter fisika, biologi maupun kimia. 

  1. Parameter fisika. Parameter fisika yang digunakan untuk menentukan kualitas air meliputi suhu, kekeruhan, warna, daya, jumlah zat padat terlarut rasa, dan bau.
  2. Parameter Kimia. Kualitas air yang baik harus memiliki pH yang netral, tidak terlalu asam ataupun basa. Kadar oksigen terlarut dalam air, semakin tinggi kadar oksigen maka semakin baik air tersebut.
  3. Parameter Biologi. Air bebas dari segala bakteri terutama bakteri phatogen (bakteri penyebab penyakit).

Jadi, pengelolaan air salah satunya harus memenuhi syarat kimia yaitu nilai pH netral (normal).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Sebutkan ciri-ciri air yang tercemar dan air yang bersih!

Pembahasan Soal:

Air merupakan sumber kehidupan dari makhluk hidup sehingga harus tetap terjaga kebersihannya agar aman untuk dikonsumsi dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Air yang bersih memiliki ciri-ciri yaitu bening, tidak berwarna, tidak berbau, dan bebas dari cemaran (tanah, mikroorganisme). Sedangkan, air tercemar memiliki ciri seperti berwarna, berbau, dan terdapat cemaran seperti tanah, lumpur, maupun mikroorganisme.

Jadi, air tercemar ataupun yang bersih memiliki perbedaan pada warna, bau, dan adanya cemaran.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved