Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan tabel penerapan zat, peranan dan sifat koloid berikut ini! No Zat Peranan Sifat Koloid 1 Arang tulang Pemutihan gula tebu Dialisis 2 Norit Pengobatan diare Adsorpsi 3 Tanah diatome Penjernihan air tebu Elektroforesis 4 Asam formiat Pengolahan getah karet Koagulasi 5 Garam dapur Campuran pada es krim Koloid pelindung Pasangan data yang ketiganya berhubungan secara tepat adalah ....

Perhatikan tabel penerapan zat, peranan dan sifat koloid berikut ini!

 

No Zat Peranan Sifat Koloid
1 Arang tulang Pemutihan gula tebu Dialisis
2 Norit Pengobatan diare Adsorpsi
3 Tanah diatome Penjernihan air tebu Elektroforesis
4 Asam formiat Pengolahan getah karet Koagulasi
5 Garam dapur Campuran pada es krim Koloid pelindung


Pasangan data yang ketiganya berhubungan secara tepat adalah ....

  1. 1 dan 2

  2. 1 dan 3

  3. 2 dan 4

  4. 3 dan 4

  5. 4 dan 5

Iklan

G. Suprobo

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.

Iklan

Pembahasan

Koloid merupakan campuran dari dua zat atau lebih yang tersebar secara merata dengan ukuran partikel terdispersi antara 1-1000 nm. Berikut adalah sifat-sifat koloid beserta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari: Adsorpsi merupakan peristiwa menempelnya muatan di permukaan parikel-partikel koloid.Adsorpsi terjadi karena adanya kemampuan partikel koloid untuk menarik (ditempeli) oleh partikel-partikel kecil. Kemampuan untuk menarik ini disebabkan adanyategangan permukaan koloid yang cukup tinggi. Contoh pemanfaatan sifat adsopsi: untuk menjernihkan airmenggunakan tawas. Tawas digunakan sebagai penjernih air karena memiliki kemampuan untuk menyerap polutan di dalam air. Gula tebu yang masih berwarna dapat diputihkan. Dengan melarutkan gula ke dalam air, kemudian larutan dialirkan melalui sistem koloid tanah diatomae atau arang tulang/ karbon. Partikel koloid akan mengadsorpsi zat warna tersebut. Partikel-partikel koloid tersebut mengadsorpsi zat warna dari gula tebu sehingga gula dapat berwarna putih. pengobatan diare dengan norit Koagulasi adalah peristiwa terjadinya pengendapan pada koloid.Penggumpalan partikel terjadi karena adanya kerusakan stabilitas sistem koloid atau karena penggabungan partikel koloid yang berbeda muatan sehinggamembentuk partikel yang lebih besar.Contoh pemanfaatan sifat koagulasi: Karet dalam latek digumpalkan dengan menambahkan asam formiat Dialisis merupakan proses pemisahan koloid dari ion-ion pengotornya. Dialisis ini dilakukan dengan cara mengalirkan cairan melalui membran semipermeabel yang berfungsi sebagai penyaring. Contoh pemanfaatan dialisis : proses cuci darah Elektroforesis yaitu metode untuk memisahkan partikel koloid bermuatan menggunakan arus listrik.Contoh pemanfaatan elektroforesis adalah: proses pembuatan sarung tangan karet mengurangi pencemaran udara pada corong uap pembakaran batu bara penyaring debu pada pabrik Koloid pelindung adalah koloid yang mampu melindungi koloid lain agar tidak mengalami koagulasi. Contoh pemanfaatan koloid pelindung: Pada pembuatan es krim digunakan gelatin untuk mencegah pembentukan kristal besar atau gula Cat dan tinta dapat bertahan lama karena menggunakan suatu koloid pelindung Zat-zat pengemulsi seperti sabun dan detergen juga tergolong koloid pelindung No Zat Peranan Sifat Koloid Keterangan 1 Arang tulang Pemutihan gula tebu Dialisis Salah. Seharusnya sifat koloid adsorpsi 2 Norit Pengobatan diare Adsorpsi Benar. 3 Tanah diatome Penjernihan air tebu Elektroforesis Salah. Seharusnya sifat koloid adsorpsi 4 Asam formiat Pengolahan getah karet Koagulasi Benar. 5 Garam dapur Campuran pada es krim Koloid pelindung Salah. Seharusnya zat yang digunakan adalah gelatin. Pasangan data yang ketiganya berhubungan secara tepat ditunjukkan oleh nomor 2 dan 4. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Koloid merupakan campuran dari dua zat atau lebih yang tersebar secara merata dengan ukuran partikel terdispersi antara 1-1000 nm. Berikut adalah sifat-sifat koloid beserta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari:

Adsorpsi merupakan peristiwa menempelnya muatan di permukaan parikel-partikel koloid. Adsorpsi terjadi karena adanya kemampuan partikel koloid untuk menarik (ditempeli) oleh partikel-partikel kecil. Kemampuan untuk menarik ini disebabkan adanya tegangan permukaan koloid yang cukup tinggi. Contoh pemanfaatan sifat adsopsi:

  • untuk menjernihkan air menggunakan tawas. Tawas digunakan sebagai penjernih air karena memiliki kemampuan untuk menyerap polutan di dalam air.
  • Gula tebu yang masih berwarna dapat diputihkan. Dengan melarutkan gula ke dalam air, kemudian larutan dialirkan melalui sistem koloid tanah diatomae atau arang tulang/ karbon. Partikel koloid akan mengadsorpsi zat warna tersebut. Partikel-partikel koloid tersebut mengadsorpsi zat warna dari gula tebu sehingga gula dapat berwarna putih.
  • pengobatan diare dengan norit

Koagulasi adalah peristiwa terjadinya pengendapan pada koloid. Penggumpalan partikel terjadi karena adanya kerusakan stabilitas sistem koloid atau karena penggabungan partikel koloid yang berbeda muatan sehingga membentuk partikel yang lebih besar. Contoh pemanfaatan sifat koagulasi:

  • Karet dalam latek digumpalkan dengan menambahkan asam formiat

Dialisis merupakan proses pemisahan koloid dari ion-ion pengotornya. Dialisis ini dilakukan dengan cara mengalirkan cairan melalui membran semipermeabel yang berfungsi sebagai penyaring. Contoh pemanfaatan dialisis :

  • proses cuci darah 

Elektroforesis yaitu metode untuk memisahkan partikel koloid bermuatan menggunakan arus listrik. Contoh pemanfaatan elektroforesis adalah:

  •  proses pembuatan sarung tangan karet
  • mengurangi pencemaran udara pada corong uap pembakaran batu bara
  • penyaring debu pada pabrik

Koloid pelindung adalah koloid yang mampu melindungi koloid lain agar tidak mengalami koagulasi. Contoh pemanfaatan koloid pelindung:

  • Pada pembuatan es krim digunakan gelatin untuk mencegah pembentukan kristal besar atau gula
  • Cat dan tinta dapat bertahan lama karena menggunakan suatu koloid pelindung
  • Zat-zat pengemulsi seperti sabun dan detergen juga tergolong koloid pelindung
No Zat Peranan Sifat Koloid Keterangan
1 Arang tulang Pemutihan gula tebu Dialisis Salah. Seharusnya sifat koloid adsorpsi
2 Norit Pengobatan diare Adsorpsi Benar.
3 Tanah diatome Penjernihan air tebu Elektroforesis Salah. Seharusnya sifat koloid adsorpsi
4 Asam formiat Pengolahan getah karet Koagulasi Benar.
5 Garam dapur Campuran pada es krim Koloid pelindung Salah. Seharusnya zat yang digunakan adalah gelatin.

Pasangan data yang ketiganya berhubungan secara tepat ditunjukkan oleh nomor 2 dan 4.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Latihan Bab

Sistem Koloid

Jenis Koloid

Sifat Koloid dan Manfaatnya

Pembuatan Koloid

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Beberapa contoh penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari: Peristiwa cuci darah Penggunaan alat courel Penggunaan norit pada diare Sorot lampu di malam hari Terbentuk delta ...

632

4.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia