Roboguru

Perhatikan tabel negara beserta perwakilannya dalam Konferensi Kolombo berikut! Jawaban yang tepat untuk melengkapi kolom A dan B adalah....

Pertanyaan

Perhatikan tabel negara beserta perwakilannya dalam Konferensi Kolombo berikut!

Jawaban yang tepat untuk melengkapi kolom dan B adalah....

  1. India dan Mohammad Ali

  2. Birma dan Jawaharlal Nehru

  3. Birma dan Sir John Kotelawala

  4. Pakistan dan Jawaharlal Nehru

  5. Indonesia dan Sir John Kotelawala

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Konferensi Kolombo merupakan pertemuan informal antara 5 negara yakni Sri Lanka, Burma (Myanmar), Indonesia, India, dan Pakistan yang dilaksanakan pada tanggal 28 April-2 Mei 1954. Pada awal tahun 1954, Perdana Menter Sri Lanka yakni Sir Jhon Kotelawala mengundang Perdana Menteri Birma (U Nu), Perdana Menteri Indonesia (Ali Sastroamidjojo), Perdana Menteri India (Jawaharalal Nehru) dan Perdana Menteri Pakistan (Mohammed Ali) ke Sri Lanka untuk membahas membicarakan masalah-masalah yang menjadi permasalahan bersama yakni masalah-masalah yang disebabkan oleh adanya dua kekuatan besar yang muncul setelah Perang Dunia ke-II.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Konferensi Kolombo yang berlangsung tahun 1954 diprakarsai oleh ....

Pembahasan Soal:

Pada awal tahun 1954, Perdana Menteri Srilanka, Sir John Kotelawala, mengundang Perdana Menteri Burma U Nu, Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri Indonesia Ali Sastroamidjojo, dan Perdana Menteri Pakistan Mohammad Ali, untuk mengadakan pertemuan informal. Pertemuan tersebut disambut baik oleh semua pemimpin negara dan pemerintah negara-negara yang diundang. Pertemuan ini merupakan akar dari pertemuan yang akan dilaksanakan selanjutnya, yaitu Konferensi Kolombo. Dengan demikian, tokoh yang menjadi inisiator Konferensi Kolombo adalah Sir John Kotelawala.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Gagasan untuk melaksanakan Konferensi Asia Afrika muncul pada konferensi Colombo. Tokoh yang memprakarsai untuk mengadakan Konferensi Asia Afrika adalah...

Pembahasan Soal:

Konferensi Asia Afrika adalah konferensi tingkat tinggi yang dilaksanakan oleh negara-negara di Asia dan Afrika. Disaat kondisi dunia sedang tidak baik-baik saja pasca Perang Dunia dimana wilayah-wilayah Asia-Afrika yang rentan akan konflik, dan beberapa negara yang belum merdeka maka KAA diupayakan untuk membangun solidaritas demi melepas konflik yang terjadi di negara masing-masing. KAA tidak terlepas dari konferensi terdahulunya yaitu Konferensi Kolombo (28 April -2 Mei 1954) dan Konferensi Bogor (28-29 Desember 1954). Dalam Konferensi Kolombo yang terdapat 5 negara pelopor KAA yaitu Indonesia (Ali Sastroamidjojo), Pakistan (Mohammad Ali), India (Jawaharlal Nehru), Sri Lanka (Sir John Kotelawala), dan Birma (U Nu). Dalam Konferensi Kolombo itulah kelima perdana menteri tersebut sepakat mengenai perlunya diadakan Konferensi Asia-Afrika. KAA [ertama terlaksana pada 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung.

Dengan demikian tokoh yang memprakarsai untuk mengadakan Konferensi Asia Afrika adalah Ali Sastroamidjojo, Mohammad Ali, Jawaharlal Nehru, Sir John Kotelawala, dan U Nu.

0

Roboguru

Berikut adalah pesan Presiden Soekarno kepada Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo saat mengikuti Konferensi Kolombo ....

Pembahasan Soal:

Presiden Soekarno ternyata menitipkan pesan kepada Ali Sastroamidjojo sebelum Konferensi Kolombo berlangsung. Beliau meminta kepada Ali untuk membahas gagasan diadakannya Konferensi Asia-Afrika. Soekarno menyatakan bahwa ide diadakannya Konferensi Asia-Afrika telah dipertimbangkan selama tiga puluh tahun, dan telah disuarakan untuk membangun solidaritas Asia-Afrika. Salah satu buktinya adalah Indonesia telah melakukan gerakan nasional untuk melawan kolonialisme. Gagasan ini kemudian dibahas di dalam pertemuan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Pada awal 1954 Perdana Menteri Sri Lanka, Sir John Kotelawala mengundang para perdana menteri dari Birma (U Nu), India (Jawaharlal Nehru), Indonesia (Ali Sastroamidjojo ), dan Pakistan (Mohammad Ali) ...

Pembahasan Soal:

Setelah Perang Dunia II berakhir, negara di kawasan Asia Afrika memperoleh kemerdekaan. Akan tetapi sisa-sisa permasalahan akibat penjajahan masih sering terjadi di negara-negara Asia-Afrika. Melihat kondisi negara-negara Asia-Afrika yang belum stabil, lima perwakilan negara yaitu Ali Sastroamijoyo (Indonesia), Sir Jhon Kotelawala (Srilanka), Muhammad Ali (Pakistan), Jawaharlal Nehru (India) dan U Nu (Burma/Myanmar) mengadakan pertemuan di Kolombo, Sri Lanka. Pertemuan ini merupakan undangan dari Perdana Menteri Sri Lanka Jhon Kotelawala dan dinamakan dengan Konferensi Kolombo. Konferensi Kolombo berlangsung pada 28 April-2 Mei 1954. Dari Konferensi Kolombo inilah lahir gagasan Konferensi Asia-Afrika.

Dengan demikian, pertemuan informal lima perdana menteri di Sri Lanka dikenal sebagai Konferensi Kolombo.

0

Roboguru

Konferensi Asia-Afrika adalah konferensi yang diadakan di bandung pada 18 april 1955. Pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika (KAA) diawali dengan konferensi Kolombo pada 1954. Latar belakang pelaksanaan K...

Pembahasan Soal:

Konferensi Kolombo merupakan sebuah konferensi yang digagas oleh Perdana Mentri (PM) Sri Lanka, Sir John Kotelawala, pada tanggal 28 April sampai 2 Mei 1954. Konferensi ini dihadiri oleh 5 negara di kawasan Asia dan Afrika, yakni Indonesia (Ali Sastroamijoyo), India (Pandit Jawaharal Nehru), Pakistan (Muhammad Ali Jinnah), Burma/ Myanmar (U Nu), dan tuan rumah Sri Lanka (Sir John Kotelawala). Konferensi ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran PM Sri Lanka akan ancaman konflik Indochina yang terjadi akibat Perang Dunia II (PD II). Selain itu, keterbelakangan yang dialami kawasan Asia dan Afrika pasca PD II akibat penjajahan bangsa-bangsa Barat sehingga kawasan Asia dan Afrika tertinggal jauh dari Eropa dan Amerika menjadi alasan utama pelaksanaan konferensi ini. Tujuan diadakannya Konferensi Kolombo sendiri adalah untuk membahas permasalahan-permasalahan yang menjadi kepentingan bersama antar negara. 

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved