Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Satelit milik Indonesia ditunjukkan oleh kombinasi ....

Pertanyaan

Perhatikan tabel berikut!

Satelit milik Indonesia ditunjukkan oleh kombinasi ....

  1. X1), X2), dan Y1)

  2. X1), X3), dan Y1)

  3. X2), X3), dan Y2)

  4. X2), Y1), dan Y3)

  5. X3), Y2), dan Y3)

Pembahasan Soal:

Satelit di Indonesia memiliki fungsi sebagai penghubung komunikasi dan juga transportasi dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal tersebut dikarenakan satelit berperan untuk meneruskan sinyal komunikasi telepon serta sinyal tayangan televisi di seluruh dunia. Sebelum adanya satelit, sinyal televisi dan komunikasi hanya bisa diteruskan lurus, bahkan tidak bisa melewati gedung-gedung tinggi. Satelit pertama Indonesia yang digunakan sebagai sarana komunikasi domestik adalah Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD). Satelit komunikasi yang dikembangkan Indonesia pada awalnya adalah Satelit Palapa A dan Satelit Palapa B, yang mulai beroperasi sejak 1976. Selain itu, dikembangkan pula jenis satelit B1, B2, C1, dan C2. Selain itu terdapat pula satelit Telkom-1, Nusantara-1 dan Garuda-1.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sistem Komunikasi Satelit Domestik Palapa (SKSD Palapa) merupàkan bukti keberhasilan bangsa Indonesia dalam mengembangkan  teknologi komunikasi dan informasi. Dampak positif keberadaan Satelit Palapa ...

Pembahasan Soal:

SKSD Palapa atau Sistem Komunikasi Satelit Domestik Palapa merupakan salah satu capaian gemilang dari Indonesia pada masa orde baru dibidang teknologi informasi dan komunikasi. Diluncurkan pada 9 Juli 1976 melalui bekerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat. Peluncuran ini menjadi bukti keberhasilan pembangunan nasional, ditambah lagi pada masa tersebut masih sedikit negara yang memiliki satelit.

Satelit palapa memiliki dampak positif terhadap kehidupan masyarakat Indonesia yakni kemudahan dalam aspek komunikasi, kemudahan dalam mencari informasi, dan  kemudahan dalam beberapa bidang lain termasuk ekonomi dan militer.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

SKSD Palapa menjadi teknologi yang digunakan oleh pemerintah Orde Baru dalam menyatukan wilayah Indonesia melalui komunikasi dan informasi. SKSD Palapa dibuat pada tahun ….

Pembahasan Soal:

Pada masa Orde Baru pemerintah mengembangkan sistem teknologi komunikasi berbasis satelit untuk menghubungkan komunikasi di seluruh wilayah Indonesia. Sistem komunikasi satelit yang dikembangkan disebut Sistem Komunikasi Satelit Domestik Palapa, atau lebih sering dikenal sebagai SKSD Palapa. Nama Palapa terinspirasi dari sumpah Palapa, yang disampaikan Mahapatih Gajah Mada. SKSD Palapa pun menjadi teknologi yang digunakan oleh pemerintah Orde Baru dalam menyatukan wilayah Indonesia melalui komunikasi dan informasi. SKSD Palapa dibuat pada tahun 1974. Setelah dikerjakan selama kurang lebih dua tahun, SKSD Palapa generasi pertama A1 pun diluncurkan pada 8 Juli 1976.undefined  

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah Cundefined  

 

0

Roboguru

Perhatikan informasi berikut: mempermudah hubungan komunikasi antardaerah, memperkuat penyebaran informasi melalui televisi, radio, dan intermet mempermudah komunikasi telepon lokal maupun intern...

Pembahasan Soal:

Sistem Komunikasi Satelit Domestik Palapa merupakan salah satu program nasional yang digalakan pada tahun 1975 hingga 1976. Sistem komunikasi satelit ini dibangun bersama dengan tiga perusahaan satelit asal Amerika Serikat seperti Hughes Space Systems, Aero Ford dan Federal Electric. SKSD Palapa dalam perkembangannya berfungsi untuk mempermudah hubungan komunikasi antardaerah,  mempermudah komunikasi telepon lokal maupun internasional, dan menjadi satelit penunjang (repeater).

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan fungsi SKSD Palapa bagi bangsa Indonesia?

Pembahasan Soal:

SKSD Palapa adalah sistem satelit komunikasi yang dikendalikan oleh sistem satelit komunikasi pengendali bumi yang dibuat oleh HAC (Hughes Aircraft Company) perusahaan asal Amerika Serikat yang bekerja sama dengan Perumtel Indonesia. Nama palapa diambil dari sumpah Gajah Mada yang akan mempersatukan Nusantara.

Fungsi SKSD Palapa adalah sebagai berikut :

a. Hubungan komunikasi antardaerah dan antarnegara lebih mudah.

b. Mempererat penyebaran informasi melalui televisi, internet, atau faksimile.

c. Mempermudah komunikasi telepon SLI, SLJJ, STO (Sentral Telepon Otomat).

d. Sebagai satelit pengulang (repeater)

Dengan demikian, SKSD memiliki empat fungsi diantaranya adalah mempermudah hubungan komunikasi, mempererat penyebaran komunikasi melalui berbagai media, mempermudah komunikasi telepon SLI, SLJJ, STO, dan menjadi satelit pengulang.

1

Roboguru

Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa merupakan salah satu program nasional yang digalakkan sejak 1975. Pemerintah saat itu mengembangkan SKSD Palapa untuk ....

Pembahasan Soal:

Di Indonesia, perkembangan satelit pertama di tandai dengan peluncuran satelit komunikasi Palapa A1 yang di luncurkan di Cape Kennedy, Amerika Serikat pada 1976.  Peluncuran dan pengoperasian Satelit Palapa A1 tersebut merupakan proyek rintisan pemerintah untuk merambah dunia telekomunikasi. Proyek itu dikelola oleh Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel). Perumtel merupakan penyelenggara jasa komunikasi yang sekarang dikenal dengan nama PT Telekomunikasi Indonesia atau sering disebut Telkom saja. Nama Palapa sendiri diambil dari sumpah yang diikrarkan oleh Mahapatih Gajah Mada pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit tahun 1334, yaitu Sumpah Palapa. Sumpah Gajah Mada yang ingin mempersatukan Nusantara saat itu. Sehingga, nama Palapa ini diambil oleh Presiden Soeharto waktu itu dengan maksud mempersatukan wilayah Indonesia lewat komunikasi. Artinya seluruh bangsa Indonesia bisa berkomunikasi menggunakan Satelit Palapa. Hal ini seiring pula dengan usaha pemerintah membangun sistem informasi, sistem ini memungkinkan terjadinya perluasan jaringan studio dan pemancar relay di berbagai daerah. Pemerintah saat itu memandang pentingnya pemerataan komunikasi dan informasi di berbagai daerah dengan proyek ini agar hubungan komunikasi antardaerah, antarnegara lebih mudah.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved