Roboguru

Perhatikan tabel berikut: Parameter  ...

Perhatikan tabel berikut:

Parameter
 
Jenis Tanaman Air
I II III IV V
BOD (mg/L) 217 180 250 157 255
COD (mg/L) 315 406 390 205 290
pH 7.8 7.7 7.8 6.8 7.5

Dilakukan percobaan untuk mengeta- hui efektivitas lima jenis tanaman air untuk mengolah limbah cair. Parameter yang diukur yaitu BOD, COD, dan pH air limbah. Limbah yang digunakan diambil dari sumber yang sama (BOD 350 mg/L,COD=672mg/L,pH=8,9).

Berdasarkan data tersebut, jenis tanaman air manakah yang paling efektif digunakan untuk mengolah limbah cair? Jelaskan alasannya! space space 

Jawaban:

Berdasarkan data yang didapatkan, teramati bahwa terdapat indikator berupa pH, COD, dan BOD. Berikut adalah penjelasnnya:

  • Semakin rendah kadar BOD atau Biological Oxygen Demand menunjukan kualitas air yang lebih murni, hal ini ditunjukan karena BOD mengindikasikan tingkat konsentrasi dari mikroorganisme yang ada di air, sehingga semakin menurun akan semakin murni. 
  • Semakin rendah kadar COD atau Chemical Oxygen Demand menunjukan bahwa konsentrasi polutan pada suatu badan air akan semakin rendah. Nilai COD pasti akan selalu lebih tinggi daripada nilai BOD, karena lebih banyak materi atau substansi yang dapat teroksidasi secara kimia dibandingkan secara biologis. 
  • Nilai pH yang mendekati 7 merupakan indikator bahwa air tidak bersifat asam maupun basa (netral)

Dengan demikian, ditinjau dari efikasi mikroorganisme yang mampu memperbaiki indikator tersebut adalah mikroorganisme tipe IVspace 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved