Roboguru

Perhatikan tabel berikut! No. Jenis Piramida Ekologi Penjelasan 1) Piramida jumlah Dapat digunakan secara efektif untuk memperagakan aliran energi dalam ekosistem. 2) Piramida jumlah Pada komunitas normal, jumlah karnovira tingkat 1 selalu lebih banyak daripada jumlah herbivora. 3) Piramida biomassa Terbentuk berdasarkan perbandingan berat keseluruhan organisme di setiap tingkat trofik. 4) Piramida energi Makhluk hidup yang menduduki puncak piramida memiliki energi paling besar. 5) Piramida energi Energi makin berkurang ketika berpindah dari tingkat trofik satu ke tingkat trofik selanjutnya. Pasangan yang tepat antara jenis piramida ekologi beserta penjelasannya ditunjukkan oleh angka ....

Pertanyaan

Perhatikan tabel berikut!

No. Jenis Piramida Ekologi Penjelasan
1) Piramida jumlah Dapat digunakan secara efektif untuk memperagakan aliran energi dalam ekosistem.
2) Piramida jumlah Pada komunitas normal, jumlah karnovira tingkat 1 selalu lebih banyak daripada jumlah herbivora.
3) Piramida biomassa Terbentuk berdasarkan perbandingan berat keseluruhan organisme di setiap tingkat trofik.
4) Piramida energi Makhluk hidup yang menduduki puncak piramida memiliki energi paling besar.
5) Piramida energi Energi makin berkurang ketika berpindah dari tingkat trofik satu ke tingkat trofik selanjutnya.

Pasangan yang tepat antara jenis piramida ekologi beserta penjelasannya ditunjukkan oleh angka ....undefined 

Pembahasan Soal:

Piramida ekologi adalah diagram piramida yang dapat menggambarkan hubungan antara tingkat trofik satu dengan tingkat trofik yang lain secara kuantitatif pada suatu ekosistem. Piramida ekologi terdiri dari 3 jenis, yaitu piramida jumlah, piramida berat biomassa, piramida energi.

  1. Piramida jumlah, merupakan piramida yang menunjukkan jumlah organisme pada tiap tingkatan trofik. Pada piramida jumlah, jumlah produsen harus lebih banyak dibandingkan konsumen. Semakin ke atas, jumlah organisme akan semakin sedikit.
  2. Piramida berat biomassa, merupakan piramida yang menggambarkan berat atau biomassa kering total organisme hidup dari masing-masing tingkatan trofik. Pada ekosistem laut, jumlah berat kering produsen pada ekosistem darat lebih besar dibandingkan konsumennya dan semakin ke atas jumlah berat kering akan semakin ringan. Pada ekosistem laut, jumlah berat kering produsen lebih kecil dibandingkan konsumennya dan semakin ke atas jumlah berat kering semakin besar.
  3. Piramida energi merupakan piramida yang menggambarkan jumlah energi pada tiap tingkatan trofik. Berdasarkan piramida energi, semakin tinggi tingkat trofik, maka energi akan berkurang. Konsumen hanya menggunakan 10% energi dari tingkatan trofik di bawahnya, dan 90% energi dilepaskan ke lingkungan dalam bentuk panas. 

Berdasarkan uraian di atas, pasangan yang tepat antara jenis piramida ekologi beserta penjelasannya ditunjukkan oleh angka 5. Pada piramida energi, energi akan makin berkurang ketika berpindah dari tingkat trodik satu ke tingkat trofik selanjutnya. Hal itu disebabkan konsumen hanya menggunakan 10% energi dari tingkatan trofik di bawahnya dan 90% energi dilepaskan ke lingkungan.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Fransisca

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 01 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dari ekosistem sawah, yang mendapatkan aliran energi terkecil adalah ....

Pembahasan Soal:

Aliran energi dapat digambarkan pada piramida energi. Piramida energi adalah piramida yang menggambarkan terjadinya penurunan energi pada tiap tahap tingkatan trofik. Jumlah total energi pada setiap tingkatan trofik ke arah puncak piramida semakin kecil. Secara umum konsumen hanya mampu memanfaatkan 10% energi yang diperoleh dari organisme yang berada pada tingkat trofik di bawahnya, sebab sebagian besar energi terbuang sebagai panas. Karena elang berada di puncak piramida, maka elang memperoleh aliran energi yang paling kecil. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space  

0

Roboguru

Hubungan Sebab Akibat Petunjuk: A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat. B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukan hubun...

Pembahasan Soal:

Pernyataan pertama salah sebab piramida biomassa pada ekosistem darat bentuknya tidak terbalik. Biomassa produsen pada ekosistem lebih besar dari biomassa karnivor besar (konsumen di tingkat teratas trofik). Sebaliknya ada di ekosistem perairan. Pada ekosistem perairan, jumlah biomassa produsen lebih kecil dibandingkan karnivora besarnya, sehingga bentuk piramidanya terbalik. Dengan demikian pernyataan pertama salah, namun pernyataan kedua benar sehingga jawabannya adalah D.

0

Roboguru

Berikut merupakan rantai makanan pada sebuah laut dimana terdapat efisiensi 10% transfer energi antar tingkat trofik. Produktivitas primer bersih dari fitoplanton adalah . Fitoplankton zooplankton he...

Pembahasan Soal:

Diketahui efisiensi transfer energi antar tingkat trofik adalah 10%. Jika produktivitas primer bersih dari fitoplanton adalah 130 g m-3yr-1, maka produktivitas sekunder pada zooplankton karnivora dan ikan tuna per tahunnya adalah 1,3 g m-3yr-1 dan 0,013 g m-3yr-1. Hal ini disebabkan karena efisien trofik sebesar 10%, artinya 90% dari energi yang tersedia pada suatu tingkatan trofik tidak disalurkan ke tingkatan trofik selanjutnya. Sebagai contoh, produktivitas sekunder pada zooplankton herbivora yaitu 10% dari 130 g m-3yr-1 yaitu sebesar 13 g m-3yr-1. Selanjutnya, produktivitas sekunder pada zooplankton karnivora berarti 10% dari 13 g m-3yr-1 yaitu sebesar 1,3 g m-3yr-1 dan seterusnya sampai pada tingkatan-tingkatan trofik lainnya.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Jumlah energi terkecil pada piramida energi terdapat pada tingkat . . . .

Pembahasan Soal:

Piramida ini menggambarkan hilangnya energi pada saat perpindahan energi makanan di setiap tingkat trofik dalam suatu ekosistem. Pada piramida energi terjadi penurunan sejumlah energi di setiap tingkat trofik. Hal ini disebabkan beberapa makanan ada yang tidak bisa dicerna dan dikeluarkan sebagai sampah, hanya beberapa makanan yang ditangkap dan dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya, dan hanya sebagian makanan yang dicerna menjadi bagian dari tubuh organisme sedangkan sisanya digunakan sebagai sumber energi. Semakin ke puncak tingkat trofik maka semakin sedikit energi yang tersimpan. Urutan tingkatan trofik pada piramida energi dari yang paling dasar hingga puncak adalah produsen - konsumen I - konsumen II - konsumen III - konsumen IV - dan seterusnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pada suatu padang rumput yang luas dengan jumlah 10.000 dengan energi sebesar 450 Kkal//tahun, hiduplah 500 ekor Kelinci dengan energi sebesar 100 Kkal/ / tahun, serta 2 ekor Harimau yang besar dengan...

Pembahasan Soal:

Piramida ekologi merupakan gambaran susunan antar trofik dapat disusun berdasarkan kepadatan populasi, berat kering, maupun kemampuan menyimpan energi pada tiap trofik. Trofik I ditempati oleh produsen seperti rumput. Trofik II ditempati oleh konsumen I seperti kelinci. Sedangkan  Trofik III ditempati oleh konsumen II seperti harimau. Setiap trofik disusun tegak ke atas sehingga akan membentuk sebuah piramida. Piramida ekologi dapat dibedakan menjadi 3 yaitu piramida jumlah, piramida energi dan piramida biomassa.

Piramida jumlah merupakan piramida yang menunjukkan jumlah organisme pada tiap tingkatan trofik. Piramida jumlah disusun berdasarkan pada jumlah organismenya, bukan pada ukuran tubuh organismenya. Jika digambarkan dalam bentuk diagram, piramida jumlah berbentuk segitiga tegak. Piramida energi merupakan piramida yang menggambarkan terjadinya penurunan energi pada tiap tahap tingkatan trofik. Pada piramida energi, energi akan makin berkurang ketika berpindah dari tingkat trodik satu ke tingkat trofik selanjutnya. Hal itu disebabkan konsumen hanya menggunakan 10% energi dari tingkatan trofik di bawahnya dan 90% energi dilepaskan ke lingkungan. Bentuk piramida energi selalu segitiga tegak.

Berikut ini gambar piramida jumlah dan piramida energi berdasarkan soal di atas.

space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved