Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan tabel berikut No. Contoh Kasus (P) Bentuk (Q) 1. 2 . 3. Tomi selalu berhuru-hara bersama teman-temannya setelah pulang kerja. Banyak remaja mengenakan pakaian terbuka seperti yang dikenakan artis Hollywood.Fiko selalu membeli baju mengikuti tren global meskipun harus utang. Konsumerisme Hedonisme Westernisasi Pasangan contoh kasus dan bentuknya terletak pada kombinasi ....

Perhatikan tabel berikut 

No. Contoh Kasus
(P)
Bentuk
(Q)
1.

2
.
3.
Tomi selalu berhuru-hara bersama teman-temannya setelah pulang kerja. 
Banyak remaja mengenakan pakaian terbuka seperti yang dikenakan artis Hollywood.Fiko selalu membeli baju mengikuti tren global meskipun harus utang. 
Konsumerisme

Hedonisme 

Westernisasi 

Pasangan contoh kasus dan bentuknya terletak pada kombinasi .... 

  1. (P1, Q1), (P1, Q2), dan (P3, Q3) 

  2. (P1, Q2), (P2, Q3), dan (P3, Q1) 

  3. (P1, Q2), (P2, Q1), dan (P3, Q3) 

  4. (P1, Q3), (P2, Q2), dan (P3, Q2) 

  5. (P1, Q3), (P2, Q3), dan (P3, Q1) 

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsumerisme merupakan suatu pandangan yang mendasari perilaku seseorang untuk mengonsumsi barang atau jasa dalam jumlah yang melebihi kebutuhannya secara sadar. Berbeda dengan konsumerisme, hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagian sebanyak mungkin. Pada prosesnya gaya hidup hedonisme akan memicu konsumerisme. Contohnya gaya hidup berfoya-foya, seperti belanja barang-barang mewah yang sebenarnya tidak diperlukan atau menjadi prioritas dalam kebutuhan. Kemudian, westernisasi , yakni sebagai gaya hidup kebarat-baratan. Contohnya, pengaruh gaya hidup barat membuat banyak remaja meninggalkan budaya lokalnya sendiri. Dengan demikian, sikap Tomi yang selalu berhuru-hara bersama teman-temannya setelah pulang kerja merupakan wujud sikap hedonisme. Kemudian, banyak perilaku remaja yang mengenakan pakaian terbuka seperti yang dikenakan artis Hollywood didorong oleh westernisasi dan sikap Fiko yang selalu membeli baju dengan mengikuti tren global meskipun harus utang merupakan wujud sikap konsumerisme. Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah B.

Konsumerisme merupakan suatu pandangan yang mendasari perilaku seseorang untuk mengonsumsi barang atau jasa dalam jumlah yang melebihi kebutuhannya secara sadar. Berbeda dengan konsumerisme, hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagian sebanyak mungkin. Pada prosesnya gaya hidup hedonisme akan memicu konsumerisme. Contohnya gaya hidup berfoya-foya, seperti belanja barang-barang mewah yang sebenarnya tidak diperlukan atau menjadi prioritas dalam kebutuhan. Kemudian, westernisasi, yakni sebagai gaya hidup kebarat-baratan. Contohnya, pengaruh gaya hidup barat membuat banyak remaja meninggalkan budaya lokalnya sendiri.

Dengan demikian, sikap Tomi yang selalu berhuru-hara bersama teman-temannya setelah pulang kerja merupakan wujud sikap hedonisme. Kemudian, banyak perilaku remaja yang mengenakan pakaian terbuka seperti yang dikenakan artis Hollywood didorong oleh westernisasi dan sikap Fiko yang selalu membeli baju dengan mengikuti tren global meskipun harus utang merupakan wujud sikap konsumerisme.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah B.space space 

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Konsumerisme merupakan pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan hidup sebagai tujuan dalam hidup. Para pelaku menghanbiskan waktunya pada pusat perbelanjaan untuk mengupdate kepemilikan bar...

271

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia