Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan tabel berikut ini! Berdasarkan tabel di atas pasangan yang tepat dari perpindahan panas dan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari adalah ....

Perhatikan tabel berikut ini!

Berdasarkan tabel di atas pasangan yang tepat dari perpindahan panas dan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari adalah ....

  1. 1-P, 2-Q, 3-R space 

  2. 1-Q, 2-P, 3-Rspace 

  3. 1-R, 2-Q, 3-Pspace 

  4. 1-Q, 2-R, 3-Pspace 

Iklan

J. Khairina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Kalor merupakan energi yang berpindah dari benda yang memiliki suhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Dalam satuan internasional, kalor dinyatakan dengan Joule. Satuan lainnya dinyatakan dengan kalori. Konduksi adalah perpindahan kalor dari tempat bersuhu tinggi ke tempat bersuhu lebih rendah dan tidak disertai perpindahan zat perantaranya. Artinya, terjadi pertukaran energi kalor secara langsung. Contohnya saat kamu meletakkan sendok di atas tutup panci yang sedang dipanaskan. Semakin lama, sendok akan ikut menjadi panas karena ada aliran kalor dari tutup panci ke sendok. Knalpot motor menjadi panas saat mesin dihidupkan. Perpindahan kalor secara konveksi yaitu suatu perpindahan kalor melalui suatu zat yang disertai dengan perpindahan bagian-bagian zat tersebut. Konveksi bisa terjadi pada zat cair atau gas. Contohnya asap cerobong pabrik yang membumbung tinggi. Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa melalui zat perantara. Contohnya sinar Matahari yang sampai ke Bumi tidak membutuhkan medium apapun untuk merambat. Pemanfaatan radiasi lampu untuk menetaskan telur unggas. Dengan demikian, pasangan yang tepat untuk masing-masing kejadian adalah1-Q, 2-R, 3-P. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Kalor merupakan energi yang berpindah dari benda yang memiliki suhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Dalam satuan internasional, kalor dinyatakan dengan Joule. Satuan lainnya dinyatakan dengan kalori.

Konduksi adalah perpindahan kalor dari tempat bersuhu tinggi ke tempat bersuhu lebih rendah dan tidak disertai perpindahan zat perantaranya. Artinya, terjadi pertukaran energi kalor secara langsung. Contohnya saat kamu meletakkan sendok di atas tutup panci yang sedang dipanaskan. Semakin lama, sendok akan ikut menjadi panas karena ada aliran kalor dari tutup panci ke sendok. Knalpot motor menjadi panas saat mesin dihidupkan.

Perpindahan kalor secara konveksi yaitu suatu perpindahan kalor melalui suatu zat yang disertai dengan perpindahan bagian-bagian zat tersebut. Konveksi bisa terjadi pada zat cair atau gas. Contohnya asap cerobong pabrik yang membumbung tinggi.

Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa melalui zat perantara. Contohnya sinar Matahari yang sampai ke Bumi tidak membutuhkan medium apapun untuk merambat. Pemanfaatan radiasi lampu untuk menetaskan telur unggas.

Dengan demikian, pasangan yang tepat untuk masing-masing kejadian adalah 1-Q, 2-R, 3-P.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Latihan Bab

Kalor

Perpindahan Kalor

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

374

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Panas dapat berpindah dengan cara berikut ini, kecuali ....

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia