Roboguru

Perhatikan susunan tanah pada tabung berikut! Kedua tabung tersebut ditanami dengan jenis dan jumlah tumbuhan yang sama. Perlakuan penyiraman air juga sama. Pada tabung manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Berikan penjelasanmu!

Pertanyaan

Perhatikan susunan tanah pada tabung berikut!

Kedua tabung tersebut ditanami dengan jenis dan jumlah tumbuhan yang sama. Perlakuan penyiraman air juga sama. Pada tabung manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Berikan penjelasanmu! 

Pembahasan Soal:

Tanaman pada tabung I akan tumbuh lebih subur dalam waktu yang lama karena akar akan tumbuh pada bagian tanah lempung yang bernutrisi tinggi. Selain itu, tanah lempung mudah ditembus oleh akar tanaman dan juga mendapat pasokan air yang cukup karena air akan tertahan di lapisan tanah pasir dan tanah lempung karena tertahan oleh lapisan tanah liat di bagian bawah. Sedangkan pada tabung II, tanaman akan sulit untuk tumbuh subur, dikarenakan akar sulit untuk menembus bagian tanah liat, serta karakteristik tanah liat yang kurang subur karena termasuk memiliki nutrisi yang cukup sedikit.

Dengan demikian, tanaman yang dapat tumbuh subur adalah yang ditanam pada tabung I. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Haris

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tanah subur memiliki perpaduan antara tanah lempung, tanah liat, dan tanah pasir. Adanya tanah liat tersebut sangat menguntungkan bagi pertumbuhan tumbuhan karena . . . .

Pembahasan Soal:

Tanah liat merupakan hasil dari pelapukan batuan dan air sehingga memiliki struktur yang elastis. Tanah liat memiliki luas permukaan maksimal, sehingga daya tahan dan simpan tanah terhadap unsur hara jadi lebih tinggi. Selain itu tanah liat memiliki ukuran partikel yang kecil dan rapat sehingga sulit untuk ditembus air. Sifat ini membuat kandungan air dalam tanah menjadi terjaga.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Gandi melakukan pengamatan terhadap dua jenis tanah di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Hasil pengamatan yang diperoleh sebagai berikut : Pada lokasi A ditemukan tanah bertekstur halus, bewarn...

Pembahasan Soal:

Tanah merupakan lapisan bumi terluar yang berasal dari pelapukan batuan sebagai tempat atau habitat makhluk hidup yang tinggal di darat. Berdasarkan struktur penyusunnya, tanah dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Tanah liat, tersusun dari partikel yang sangat halus sehingga ruang antar partikelnya sempit, berwarna kecoklatan, lengket, dan sulit ditembus air.
  2. Tanah gambut, tersusun dari bahan organik seperti sisa tumbuhan yang telah mati, berwarna gelap, kurang subur, serta bertekstur lunak dan basah.
  3. Tanah pasir, tersusun dari partikel yang besar sehingga ruang antar partikelnya besar, berwarna putih, teksurnya kering, dan mudah dilalui air.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B. space  

0

Roboguru

Seorang siswa mendapatkan tugas untuk membuat miniatur molekul atom dari tanah. Oleh karena atom memiliki bentuk bola maka ia harus menggunakan tanah yang mudah dibentuk dan dapat diwarnai. Jenis tana...

Pembahasan Soal:

Tanah liat atau lempung adalah partikel mineral berkerangka dasar silikat yang berdiameter kurang dari 5 mikrometer. Lempung mengandung leburan silika dan/atau aluminium yang halus. Unsur-unsur ini, silikon, oksigen, dan aluminum adalah unsur yang paling banyak menyusun kerak bumi. Salah satu ciri-ciri utama dari tanah liat adalah sifatnya yang lengket. Tanah liat umumnya lengket ketika basah sehingga mudah untuk mengubah bentuknya. Namun, tanah liat bisa menjadi gumpalan keras ketika sudah kering. Hal ini dikarenakan kandungan jenis mineral lempung yang banyak terdapat dalam tanah liat. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space

0

Roboguru

Rogu mengidentifikasi sampel tanah yang ia temukan. Sampel tanah tersebut mengandung 50% pasir, 20% debu, dan 30% liat. Berdasarkan segitiga identifikasi tanah di bawah ini, maka sampel tanah yang Rog...

Pembahasan Soal:

Cara menentukan jenis tanah dari segitiga identifikasi tanah yaitu memasukkan kandungan pasir, debu, dan liat dalam gambar. Kemudian cari titik temu dari 3 data tersebut. Titik temu menunjukkan jenis tanah yang sedang diamati. Dari data sampel tanah yang ditemukan mengandung 50% pasir, 20% debu, dan 30% liat. Sehingga sampel tanah tersebut termasuk ke dalam jenis lempung liat berpasir.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Tanah campuran yang terbentuk dari erosi tanah vulkanik dan erosi tanah di pinggiran sungai adalah ….

Pembahasan Soal:

Tanah campuran yang terbentuk dari erosi tanah vulkanik dan erosi tanah di pinggiran sungai adalah aluvial. Tanah aluvial merupakan tanah yang terbentuk dari tanah vulkanik yang tererosi dan terbawa aliran sungai hingga ke hilir. Selain tanah vulkanik, tanah aluvial juga tersusun atas tanah-tanah hasil erosi pinggiran sungai, sehingga terbentuk tanah campuran. Endapan material itu akan menjadi tanah baru yang sangat subur dengan kandungan sedikit bahan organik dan banyak kandungan mineral (anorganik).

Dengan demikian jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved