Roboguru

Perhatikan surat lamaran pekerjaan berikut! Buatlah simpulan unsur pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan surat lamaran pekerjaan berikut!


Buatlah simpulan unsur pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Salah satu struktur surat lamaran pekerjaan yang penting untuk diperhatikan adalah: unsur pembuka. Unsur pembuka, sebagai salah satu bagian dari sistematika surat lamaran pekerjaan yang baik, harus dituliskan secara jelas dari sumber yang jelas juga. Yang harus dicantumkan di unsur pembuka surat lamaran kerja yaitu salam hormat, sumber lowongan pekerjaan, tujuan dan maksud surat lamaran.

Berikut ini unsur pembuka surat lamaran pekerjaan di atas:

Padang, 17 April 2019


Hal           : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : Enam Lembar

Kepada Kepala Bagian Personalia
PT Ambun Sari Abadi
Jalan Raya Lubuk Bagulung 172, Padang

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dalam harian Padang Pos, 16 April 2019, disebutkan bahwa PT Ambun Sari Abadi membutuhkan tenaga untuk bagian administrasi.
Berdasarkan syaratsyarat yang ditentukan dalam iklan, saya memenuhi untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu saya mengajukan surat lamaran pekerjaan ini.

Simpulan dari unsur pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah bahwa sang pelamar menulis surat di Padang pada tanggal 17 April 2019 dan ditujukan kepada Kepala Bagian Personalia PT Ambun Sari Abadi. Pelamar mendapatkan informasi lowongan dari koran harian Padang Pos. Pelamar juga menyampaikan bahwa dia merasa memenuhi kualifikasi untuk bisa melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, sehingga dia mengajukan surat lamaran pekerjaan tersebut.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Rozalina

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pembuka surat balasan berisi penolakan yang paling tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan untuk bekerja pada suatu instansi atau lembaga. Surat lamaran pekerjaan termasuk ke dalam jenis surat dinas karena surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surat dinas merupakan surat yang ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi.

Selain surat lamaran pekerjaan, surat balasan atas surat lamaran pekerjaan juga perlu ditulis dengan memperhatikan ejaan dan kesantunan. Berdasarkan pilihan jawaban di atas, pembuka surat balasan berisi penolakan yang paling tepat adalah:

Terima kasih atas lamaran yang Anda kirimkan. Mohon maaf, posisi yang Anda inginkan sudah diisi oleh orang lain.

Kalimat tersebut sudah tepat digunakan sebagai pembuka surat balasan berisi penolakan atas surat lamaran yang diajukan pelamar pekerjaan. Kalimat yang digunakan baik dan sopan, juga sesuai dengan tata penulisan kalimat yang baik. Sang rekruter yang baik terlebih dahulu mengucapkan terima kasih atas surat lamaran yang dikirimkan pelamar pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa sang rekruter menghargai niat baik sang pelamar untuk bekerja di perusahaannya. Selain itu, juga diberikan permohonan maaf kepada pelamar pekerjaan atas lamaran yang diajukan karena posisi yang diinginkan telah diisi oleh orang lain. Meskipun hal ini bisa saja sebagai alasan untuk menolak surat lamaran yang diajukan pelamar, tetapi hal ini baik dan dapat dilakukan untuk menolak lamaran pekerjaan secara halus dan lebih sopan agar tidak menyinggung perasaan pelamar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

1

Roboguru

Perhatikan surat lamaran pekerjaan berikut! Perbaikilah bagian pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut!

Pembahasan Soal:

Yang harus dicantumkan di bagian pembuka surat lamaran kerja di antaranya:

  1. Salam hormat
    Dalam mengawali surat lamaran kerja, kita harus menyampaikan rasa hormat terlebih dahulu kepada penerima surat. Misalkan dengan menuliskan:

    Dengan hormat,

    Salam hormat,

    Bagian ini meskipun bukan substansi dari surat lamaran pekerjaan, tapi merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Surat lamaran tentu akan menjadi bahan pertimbangan, selain CV apakah pihak HRD akan memanggil anda atau tidak saat melamar kerja.
  2. Sumber informasi lowongan kerja
    Setelah memberikan salam, uraikan dari mana anda mendapatkan informasi bahwa di perusahaan tempat anda melamar kerja, sedang membutuhkan karyawan baru. Sumber informasi lowongan pekerjaan bisa berasal dari
    - koran
    - situs lowongan kerja
    - situs resmi perusahaan
    - media berita online
    - papan pengumuman resmi di perusahaan
    - pamflet
    - dan media lainnya
  3. Sampaikan maksud anda
    Dalam unsur pembuka surat lamaran pekerjaan, anda juga harus menyampaikan maksud dari surat yang anda buat. Intinya, dengan surat tersebut, anda berniat untuk melamar kerja di perusahaan. Gunakan bahasa yang baku, bukan bahasa gaul atau singkatan yang tidak bisa dipahami. Buatlah agar pihak perusahaan tertarik membaca surat lamaran kerja anda.

 

Bagian pembuka yang benar adalah dengan mencantumkan sumber informasi lowongan pekerjaan yang didapat dan maksud dan tujuan melamar pekerjaan yang jelas. Untuk penulisan identitas diri sebaiknya ditulis seperti berikut ini:

Nama                     : Ammar Harits
Jenis Kelamin        : laki-laki
Pendidikan            : S1 jurusan Ekonomi Manajemen dari Universitas Riau
Lulusan Tahun       : 2014
Pengalaman Kerja : Pernah bekerja selama 2 tahun dalam bidang penjualan eksport dan import.undefined 

0

Roboguru

Paragraf pembuka surat lamaran kerja tersebut tidak efektif karena ....

Pembahasan Soal:

Paragraf pembuka adalah bagian pembuka yang berisi pengantar pembaca ke inti pokok surat. Penulisan paragraf pembuka harus efektif agar pihak yang membaca mudah memahami.
Berdasarkan soal, paragraf pembuka surat lamaran kerja tersebut tidak efektif karena kalimat ke-1 tidak menyampaikan gagasan secara utuh. Kalimat ke-1 adalah Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Kompas tertanggal 15 Desember 2018. Kalimat tersebut tidak memiliki gagasan yang utuh karena penulisan sumber informasi yang disampaikan pelamar tidak lengkap dengan maksud penulisan surat. Maksud penulisan surat dilanjutkan pada kalimat selanjutnya. Seharusnya penulisan pembuka untuk sumber informasi ditulis dengan menyebutkan sumber informasi yang didapat dan maksud penulisan surat lamaran pekerjaan. Perbaikan yang tepat adalah Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Kompas tertanggal 15 Desember 2018, maka saya ingin bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu pimpin.
Dengan demikian, paragraf pembuka surat lamaran kerja tersebut tidak efektif karena kalimat ke-1 tidak menyampaikan gagasan secara utuh.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space

0

Roboguru

Cermatilah kalimat surat lamaran pekerjaan berikut!     Dengan hormat,     Bersama ini saya, Karlina Anggraini, 22 tahun, lulusan D3 Ilmu Komputer tahun 2014, mengajukan lamaran sebagai… Pembuka sur...

Pembahasan Soal:

Pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut kurang tepat, perbaikannya adalah kata bersama diganti dengan yang bertanda tangan di bawah ini. Hal ini dikarenakan dengan adanya kalimat "yang bertanda tangan di bawah ini" lebih menunjukkan bahwa yang melamar dan yang membuat surat tersebut yang bertanda tangan dan mengajukan surat lamaran tersebut. Berikut ini kalimat yang benar:

    Dengan hormat,
    Yang bertanda tangan di bawah ini saya, Karlina Anggraini, 22 tahun, lulusan D3 Ilmu Komputer tahun 2014, mengajukan lamaran sebagai…

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

1

Roboguru

Simpulan bagian pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Surat lamaran pekerjaan merupakan tulisan pada secarik kertas (dapat juga berupa surat elektronik) yang tujuannya adalah untuk mengajukan lamaran atas suatu jabatan atau posisi pekerjaan dalam bidang usaha apa pun. Surat lamaran pekerjaan mengandung informasi penting. Informasi penting surat lamaran berkaitan erat dengan bagian-bagian surat lamaran pekerjaan. Informasi penting dalam surat lamaran pekerjaan dapat ditemukan dengan menganalisis sistematika surat lamaran pekerjaan. Dengan informasi penting ini, pada bagian pembuka surat lamaran pekerjaan di atas dapat disimpulkan bahwa Mujiyati Khasanah mengetahui lowongan pekerjaan CV Ria Amarta Bakti dari harian Magelang Info edisi 12 Mei 2021.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved