Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan struktur suatu polimer berikut! Berdasarkan rumus struktur diatas, tentukan: c. nama proses pembentukan polimernya

Perhatikan struktur suatu polimer berikut!



Berdasarkan rumus struktur diatas, tentukan:

c. nama proses pembentukan polimernyaspace

  1. ...undefined

  2. ...undefined

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

senyawatersebut merupakan polystirenabutadiene ruber(SBR). Polimer tersebut digunkan sebagai bahan baku pembuatan ban yang dikembangkan oleh produsen Goodyear. Polimer ini dibentuk menggunakan proses adisi. Hal ini karena monomer yang terlibat dalam pembentukan merupakan momer yang mempunyai ikatan rangkap dua yang ketika terjadi proses polimerisasi tersebut terbentuk ikatan tunggal.

senyawa tersebut merupakan polystirena butadiene ruber (SBR). Polimer tersebut digunkan sebagai bahan baku pembuatan ban yang dikembangkan oleh produsen Goodyear. Polimer ini dibentuk menggunakan proses adisi. Hal ini karena monomer yang terlibat dalam pembentukan merupakan momer yang mempunyai ikatan rangkap dua yang ketika terjadi proses polimerisasi tersebut terbentuk ikatan tunggal. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Polimer merupakan senyawa yang terbentuk dari molekul yang berukuran besar. Molekul besar ini tersusun dari penggabungan berulang dari molekul kecil. Pada gambar di atas, polimer tersebut tersusun dari monomer stirenadan monomerbutadiena. Monomer 1,3-butadiena Apabila dilihat strukturnya lebih jelas, makastruktur 1,3-butadiena sebagai berikut Monomer stirena Apabila dilihat strukturnya lebih jelas, makastruktur stirenasebagai berikut Sehingga, senyawatersebut merupakan polystirenabutadiene ruber(SBR). Polimer tersebut digunkan sebagai bahan baku pembuatan ban yang dikembangkan oleh produsen Goodyear. Polimer ini dibentuk menggunakan proses adisi. Hal ini karena monomer yang terlibat dalam pembentukan merupakan momer yang mempunyai ikatan rangkap dua yang ketika terjadi proses polimerisasi tersebut terbentuk ikatan tunggal.

Polimer merupakan senyawa yang terbentuk dari molekul yang berukuran besar. Molekul besar ini tersusun dari penggabungan berulang dari molekul kecil. Pada gambar di atas, polimer tersebut tersusun dari monomer stirena dan monomer butadiena. 

Monomer 1,3-butadiena

         

Apabila dilihat strukturnya lebih jelas, maka struktur 1,3-butadiena sebagai berikut

 

Monomer stirena

               

Apabila dilihat strukturnya lebih jelas, maka struktur stirena sebagai berikut   

   

Sehingga, senyawa tersebut merupakan polystirena butadiene ruber (SBR). Polimer tersebut digunkan sebagai bahan baku pembuatan ban yang dikembangkan oleh produsen Goodyear. Polimer ini dibentuk menggunakan proses adisi. Hal ini karena monomer yang terlibat dalam pembentukan merupakan momer yang mempunyai ikatan rangkap dua yang ketika terjadi proses polimerisasi tersebut terbentuk ikatan tunggal. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan struktur polimer adisi dari monomer berikut. butadiena, CH 2 ​ = CH − CH = CH 2 ​

4

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia