Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan struktur atom berikut. Tuliskan konfigurasi elektron atom tersebut. Berapa elektron valensinya? Berapa nomor atomnya? Jika nomor massa atom tersebut adalah 23, tuliskan jumlah neutron, jurnlah proton, dan nomor massanya. Tuliskan konfigurasi elektron bentuk ionnya.

Perhatikan struktur atom berikut.

 
 

  1. Tuliskan konfigurasi elektron atom tersebut. Berapa elektron valensinya? Berapa nomor atomnya? 
  2. Jika nomor massa atom tersebut adalah 23, tuliskan jumlah neutron, jurnlah proton, dan nomor massanya. 
  3. Tuliskan konfigurasi elektron bentuk ionnya. 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tiap-tiap kulit elektron hanya dapat ditempati oleh maksimum 2 n 2 elektron, Harga n menunjukkan kulit yang ditempati elektron. Elektron akan mulai menempati kulit K sampai maksimum, kemudian baru mengisi kulit berikutnya, sampai kulit terakhir. Sehingga konfigurasi elektronnya yaitu 2 8 1. Elektron valensi adalah elektron yang berada pada kulit terluar, yaitu 1. Ketika atom dalam keeadan netral maka jumlah atom samadengan jumlah proton dan juga elektron, sehingga nomor atomnya adalah 11. Neutron adalah partkel penyusun atom yang bermuatan netral dan terletak di inti atom bersama proton. Massa atom merupakan jumlah dari proton dan juga neutron. Jumlah neutron = nomor massa-proton=23-11=12, sedangkan jumlah proton sama dengan elektron yaitu 11. Nomor massa sudah diketahui yaitu 23 Setiap atom ingin mempunyai stabil seperti halnya gas mulia yaitu oleh karena itu atom akan melepaskan atau menerima elektron untuk mencapai keaadan stabil dengan elektron valensi 8. Karena atomtersebut memilki elektron valensi 1 maka atom tersebut akan melepaskan 1 elektron pada kulit terluarnya sehingga membentuk ion positif, sehingga konfigurasi ionnya seperti berikut: 11 ​ X + = 2 8 ( bohr ) 11 ​ X + = 1 s 2 2 s 2 2 p 6 ( aufbau )

  1. Tiap-tiap kulit elektron hanya dapat ditempati oleh maksimum  elektron, Harga n menunjukkan kulit yang ditempati elektron. Elektron akan mulai menempati kulit K sampai maksimum, kemudian baru mengisi kulit berikutnya, sampai kulit terakhir. Sehingga konfigurasi elektronnya yaitu 2 8 1. Elektron valensi adalah elektron yang berada pada kulit terluar, yaitu 1. Ketika atom dalam keeadan netral maka jumlah atom samadengan jumlah proton dan juga elektron, sehingga nomor atomnya adalah 11. 
  2. Neutron adalah partkel penyusun atom yang bermuatan netral dan terletak di inti atom bersama proton. Massa atom merupakan jumlah dari proton dan juga neutron. Jumlah neutron = nomor massa-proton=23-11=12, sedangkan jumlah proton sama dengan elektron yaitu 11. Nomor massa sudah diketahui yaitu 23
  3. Setiap atom ingin mempunyai stabil  seperti halnya gas mulia yaitu oleh karena itu atom akan melepaskan atau menerima elektron untuk mencapai keaadan stabil dengan elektron valensi 8. Karena atom tersebut memilki elektron valensi 1 maka atom tersebut akan melepaskan 1 elektron pada kulit terluarnya sehingga membentuk ion positif, sehingga konfigurasi ionnya seperti berikut: 


 space

Latihan Bab

Konfigurasi Elektron Bohr dan Stoner

Konfigurasi Aufbau

Konfigurasi Elektron pada Ion

Bilangan Kuantum

617

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ion X 2 + mempunyai jumlah elektron 36. Tentukan kedudukan unsur X pada golongan dan periode sistem periodik unsur modern!

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia