Pertanyaan

Perhatikan skema respirasi aerob berikut ini! Berdasarkan bagan tersebut, tahapan respirasi aerob yang ditunjukkan oleh nomor 1 dan 2 secara bururutan adalah….

Perhatikan skema respirasi aerob berikut ini!



Berdasarkan bagan tersebut, tahapan respirasi aerob yang ditunjukkan oleh nomor 1 dan 2 secara bururutan adalah ….space space 

  1. transpor elektron dan glikolisisspace space 

  2. glikolisis dan siklus Krebsspace space 

  3. siklus Krebs dan glikolisisspace space 

  4. dekarboksilasi oksidatif dan siklus Krebsspace space 

  5. siklus Krebs dan transpor elektronspace space 

H. Nufus

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

Pembahasan

Bagan pada soal menunjukkan rangkaian proses respirasi aerob dimana nomor 1 menunjukkan tahap glikolisis dan nomor 2 menunjukkan tahap siklus Krebs.Glikolisis adalah proses pemecahan glukosa menjadi asam piruvat. Proses ini terjadi disitoplasma dan menghasilkan2 asam piruvat, 2 NADH, dan 2 ATP. Siklus Krebs adalah tahap lanjutan dari glikolisis yang terjadi di matriks mitokondria. 2 asam piruvat yang masuk ke siklus Krebs akan menghasilkan2 ATP, 6 NADH, 2 , dan 4 . Sementara itu, dekarboksilasi oksidatif merupakan proses oksidasi asam piruvat membentuk asetil ko-A. Proses ini terjadi setelah glikolisis dan sebelum siklus Krebs. Transpor elektron merupakan salah satu rangkaian proses fosforilasi oksidatif yang terjadi setelah siklus Krebs. Proses ini merupakan pemindahan elektron dari molekul penerima elektronke molekul penerima elektron lainnya sehingga terjadi pembebasan energi untuk membentuk ATP pada kemiosmosis. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Bagan pada soal menunjukkan rangkaian proses respirasi aerob dimana nomor 1 menunjukkan tahap glikolisis dan nomor 2 menunjukkan tahap siklus Krebs. Glikolisis adalah proses pemecahan glukosa menjadi asam piruvat. Proses ini terjadi di sitoplasma dan menghasilkan 2 asam piruvat, 2 NADH, dan 2 ATP. Siklus Krebs adalah tahap lanjutan dari glikolisis yang terjadi di matriks mitokondria. 2 asam piruvat yang masuk ke siklus Krebs akan menghasilkan 2 ATP, 6 NADH, 2 begin mathsize 12px style FADH subscript 2 end style, dan 4 begin mathsize 12px style C O subscript 2 end style.

Sementara itu, dekarboksilasi oksidatif merupakan proses oksidasi asam piruvat membentuk asetil ko-A. Proses ini terjadi setelah glikolisis dan sebelum siklus Krebs. Transpor elektron merupakan salah satu rangkaian proses fosforilasi oksidatif yang terjadi setelah siklus Krebs. Proses ini merupakan pemindahan elektron dari molekul penerima elektron ke molekul penerima elektron lainnya sehingga terjadi pembebasan energi untuk membentuk ATP pada kemiosmosis. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

8rb+

3.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Respirasi seluler terdiri dari respirasi aerob dan anaerob. Jelaskan tahapan respirasi aerob dari glikolisis sampai transfer elektron lengkap dengan reaksi kimia dan energi ATP yang dihasilkan d...

2rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia