Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan skema interaksi di suatu ekosistem berikut! Tipe interaksi antara dua spesies tersebut adalah ....

Perhatikan skema interaksi di suatu ekosistem berikut!

Tipe interaksi antara dua spesies tersebut adalah ....space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pola interaksi pada ikan hiu dan ikan remora adalah komensalisme.

pola interaksi pada ikan hiu dan ikan remora adalah komensalisme.space space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pola interaksi organisme adalah hubungan antarorganisme yang melibatkan 2 organisme atau lebih. Pola interaksi organisme terdiri dari : Netralisme, merupakan hubungan yang tidak saling mempengaruhi, meskipun organisme hidup pada habitat yang sama. Kompetisi, merupakan interaksi antarindividu sejenis atau antarpopulasi yang bersaing dalam mendapatkan sarana untuk tumbuh dan berkembang. Predasi, merupakan interaksi antara pemangsa (hewan yang memakan)dan mangsa (hewan yang dimakan). Parasitisme, merupakan hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis dimana salah satu pihak mendapat keuntungan dan pihak lain mendapat kerugian. Mutualisme, merupakan interaksi yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Komensalisme, merupakan interaksi yang hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan atau dirugikan. Amensalime, merupakan interaksi organisme di mana salah satu organisme menghambat pertumbuhan organisme lain. Interaksi yang terjadi pada gambar soal adalah interaksi antara ikan hiu dan ikan remora. Ikan remora merupakan ikan yang senang berenang di dekat mamalia atau ikan bertubuh besar. Ikan remora senang berada di dekat ikan hiu karena ikan hiu cenderung berenang lambat sehingga mudah diikuti.Ikan remora selalu berada di dekat ikan agar ikan remora dapat terhindar dari ikan-ikan pemangsa. Selain itu, ikan remora juga diuntungkan karena ikan remora dapat memakan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Sementara itu, ikan hiu tidak diuntungkan atau dirugikan dengan adanya ikan remora. Dengan demikian, pola interaksi pada ikan hiu dan ikan remora adalah komensalisme.

Pola interaksi organisme adalah hubungan antarorganisme yang melibatkan 2 organisme atau lebih. Pola interaksi organisme terdiri dari :

  1. Netralisme, merupakan hubungan yang tidak saling mempengaruhi, meskipun organisme hidup pada habitat yang sama.
  2. Kompetisi, merupakan interaksi antarindividu sejenis atau antarpopulasi yang bersaing dalam mendapatkan sarana untuk tumbuh dan berkembang.
  3. Predasi, merupakan interaksi antara pemangsa (hewan yang memakan) dan mangsa (hewan yang dimakan).
  4. Parasitisme, merupakan hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis dimana salah satu pihak mendapat keuntungan dan pihak lain mendapat kerugian.
  5. Mutualisme, merupakan interaksi yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.
  6. Komensalisme, merupakan interaksi yang hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan atau dirugikan.
  7. Amensalime, merupakan interaksi organisme di mana salah satu organisme menghambat pertumbuhan organisme lain.

Interaksi yang terjadi pada gambar soal adalah interaksi antara ikan hiu dan ikan remora. Ikan remora merupakan ikan yang senang berenang di dekat mamalia atau ikan bertubuh besar. Ikan remora senang berada di dekat ikan hiu karena ikan hiu cenderung berenang lambat sehingga mudah diikuti. Ikan remora selalu berada di dekat ikan agar ikan remora dapat terhindar dari ikan-ikan pemangsa. Selain itu, ikan remora juga diuntungkan karena ikan remora dapat memakan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Sementara itu, ikan hiu tidak diuntungkan atau dirugikan dengan adanya ikan remora. Dengan demikian, pola interaksi pada ikan hiu dan ikan remora adalah komensalisme.space space 

Latihan Bab

Tingkatan Organisasi Kehidupan

Interaksi antar Makhluk Hidup

Dinamika Populasi

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut! Makhluk hidup yang memiliki simbiosis yang sama dengan gambar tersebut adalah ....

123

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia