Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan skema daur Nitrogen berikut ini! Proses X pada skema tersebut adalah ....

Perhatikan skema daur Nitrogen berikut ini!

Proses X pada skema tersebut adalah ....

  1. fiksasi

  2. fermentasi

  3. denitrifikasi

  4. amonifikasi

  5. nitrifikasi

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Siklus nitrogenadalah suatu proses konversi senyawa yang mengandungunsur nitrogenmenjadi berbagai macam bentuk kimiawi yang lain. Siklus nitrogensecara khusus sangat dibutuhkan dalam ekologi karena ketersediaannitrogendapat memengaruhi tingkat proses ekosistem. Berikut adalah tahapan siklus nitrogen: Fiksasi Nitrogen Proeses mengubahnitrogendi udara menjadiammonia (NH 3 ) oleh mikroorganisme seperti Cyanobacteria, Azotobacter, Rhizobium, dan Clostridium. Asimilasi Merupakan proses pada tanaman mendapatkannitrogendari tanah melalui absorbsi akar baik dalam bentukion nitratatauion amonium. Sedangkan hewan memperolehnitrogendari tanaman yang mereka makan. Amonifikasi Proses ketika tumbuhan atau hewan mati,nitrogen organikdiubah menjadiamonium (NH 4 + )oleh bakteri dan jamur. Nitrifikasi Merupakan konversiamoniummenjadinitratdilakukan terutama oleh bakteri nitrifikasi. Bakteri Nitrosomonas mengoksidasiamonium (NH 4 + )dan mengubahamoniamenjadinitrit (NO 2 - ). Spesies bakteri lain, seperti Nitrobacter mengubah nitritmenjadi nitrat (NO 3 - ). Denitrifikasi Denitrifikasiadalah proses reduksinitratuntuk kembali menjadigas nitrogen (N 2 ).Proses ini dilakukan oleh bakteri Pseudomonas dan Clostridium dalam kondisi anaerobik.

Siklus nitrogen adalah suatu proses konversi senyawa yang mengandung unsur nitrogen menjadi berbagai macam bentuk kimiawi yang lain. Siklus nitrogen secara khusus sangat dibutuhkan dalam ekologi karena ketersediaan nitrogen dapat memengaruhi tingkat proses ekosistem. Berikut adalah tahapan siklus nitrogen:

  1. Fiksasi Nitrogen

Proeses mengubah nitrogen di udara menjadi ammonia (NH3) oleh mikroorganisme seperti Cyanobacteria, Azotobacter, Rhizobium, dan Clostridium.

  1. Asimilasi

Merupakan proses pada tanaman mendapatkan nitrogen dari tanah melalui absorbsi akar baik dalam bentuk ion nitrat atau ion amonium. Sedangkan hewan memperoleh nitrogen dari tanaman yang mereka makan.

  1. Amonifikasi

Proses ketika tumbuhan atau hewan mati, nitrogen organik diubah menjadi amonium (NH4+) oleh bakteri dan jamur.

  1. Nitrifikasi

Merupakan konversi amonium menjadi nitrat dilakukan terutama oleh bakteri nitrifikasi . Bakteri Nitrosomonas mengoksidasi amonium (NH4+) dan mengubah amonia menjadi nitrit (NO2-). Spesies bakteri lain, seperti Nitrobacter mengubah nitrit menjadi nitrat (NO3-).

  1. Denitrifikasi

Denitrifikasi adalah proses reduksi nitrat untuk kembali menjadi gas nitrogen (N2). Proses ini dilakukan oleh bakteri Pseudomonas dan Clostridium dalam kondisi anaerobik.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

205

Malik

Pembahasan terpotong Pembahasan tidak menjawab soal Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Proses yang melibatkan bakteri nictrobacter adalah ...

8

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia