Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan skema berikut! Berdasarkan skema tersebut, bagian yang ditunjuk oleh huruf P, Q, dan R secara berturut-turut adalah ...

Perhatikan skema berikut!

Berdasarkan skema tersebut, bagian yang ditunjuk oleh huruf P, Q, dan R secara berturut-turut adalah ...

  1. O2, ADP, dan NADP

  2. O2, ATP, dan NADPH2

  3. ion H+, ATP, dan NADP

  4. CO2, ATP, dan NADPH, dan NADPH2

  5. ion H+, ADP, dan NADPH2

Iklan

R. Fitriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Skema pada sosl menunjukkan reaksi terang fotosintesis. Reaksi terang terdiri atas dua macam aliran elektron yaitu jalur elektron siklik dan jalur elektron nonsiklik. Pada jalur siklik, elektron yang dilepaskan oleh fotosistem I akan ditangkap oleh akseptor elektron. Selanjutnya, elektron tersebut diteruskan menuju sistem feredoksin (Fd). Dari feredoksin, elektron diteruskan ke kompleks sitokrom dan akhirnya kembali ke fotosistem I. Jalur elektron siklik menghasilkan ATP (Q). Sedangkan, jalur nonsiklik terjadi penyerapan energi cahaya oleh klorofil dan diteruskan ke fotosistem. Reaksi ini dimulai ketika fotosistem II menyerap energi cahaya untuk memecah molekul aiar (fotolisis) yang membebaskan O 2 dan ion H + . Hasil dari fotolisis air tersebut ditunjukkan oleh huruf P. Fotosistem II (P680) akan mengambil elektron hasil fotolisis. Dari fotosistem II, elektron diteruskan ke fotosistem I (P700) melaui sistem transpor elektron. Proses tersebut akan membentuk ATP. Pada saat yang bersamaan, fotosistem I akan melepaskan elektron. Elektron tersebut diteruskan ke sistem transpor elektron hingga akhirnya diikat oleh NADP + untuk membentuk NADPH 2. Jadi, pada reaksi ini dihasilkan ATP dan NADPH 2 yang akan digunakan dalam reaksi gelap. Adapun skema reaksi terang fotosintesis berikut ini:

Skema pada sosl menunjukkan reaksi terang fotosintesis. Reaksi terang terdiri atas dua macam aliran elektron yaitu jalur elektron siklik dan jalur elektron nonsiklik. Pada jalur siklik, elektron yang dilepaskan oleh fotosistem I akan ditangkap oleh akseptor elektron. Selanjutnya, elektron tersebut diteruskan menuju sistem feredoksin (Fd). Dari feredoksin, elektron diteruskan ke kompleks sitokrom dan akhirnya kembali ke fotosistem I. Jalur elektron siklik menghasilkan ATP (Q). Sedangkan, jalur nonsiklik terjadi penyerapan energi cahaya oleh klorofil dan diteruskan ke fotosistem. Reaksi ini dimulai ketika fotosistem II menyerap energi cahaya untuk memecah molekul aiar (fotolisis) yang membebaskan O2 dan ion H+.  Hasil dari fotolisis air tersebut ditunjukkan oleh huruf P. Fotosistem II (P680) akan mengambil elektron hasil fotolisis. Dari fotosistem II, elektron diteruskan ke fotosistem I (P700) melaui sistem transpor  elektron. Proses tersebut akan membentuk ATP. Pada saat yang bersamaan, fotosistem I akan melepaskan elektron. Elektron tersebut diteruskan ke sistem transpor elektron hingga akhirnya diikat oleh NADP+ untuk membentuk NADPH2. Jadi, pada reaksi ini dihasilkan ATP dan NADPH2 yang akan digunakan dalam reaksi gelap. Adapun skema reaksi terang fotosintesis berikut ini:

Hasil gambar untuk skema reaksi terang fotosintesis

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa yang terjadi pada molekul air yang diambil selama reaksi terang fotosintesis?

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia