Roboguru

Perhatikan rumus struktur berikut!  Pertamax merupakan bensin yang mempunyai bilangan oktan 92, mutu bensin tersebut setara dengan campuran ....

Pertanyaan

Perhatikan rumus struktur berikut! 

Pertamax merupakan bensin yang mempunyai bilangan oktan 92, mutu bensin tersebut setara dengan campuran .... 

  1. 92% spesi 1) dan 8% spesi 2) 

  2. 92% spesi 1) dan 8% spesi 2) 

  3. 92% spesi 2) dan 8% spesi 3) 

  4. 92% spesi 3) dan 8% spesi 2) 

  5. 92% spesi 3) dan 8% spesi 1) 

Pembahasan Soal:

Bilangan oktan menyatakan kualitas bensin yang mampu mengatasi ketukan saat terbakar dalam mesin dan menunjukkan jumlah isooktana dalam bensin. Semakin tinggi kualitas bensin semakin tinggi bilangan oktannya. Nilai bilangan oktan ditunjukkan dengan perbandingan komposisi isooktana (spesi 2) dan n-heptana (spesi 3).  

  1. n-heptana diberi nilai oktan=0, karena zat menimbulkan ketukan sangat hebat.
  2. Isooktana diberi nilai=100, karena menimbulkan sedikit ketukan/tidak menimbulkan ketukan.

Pertamax merupakan bensin yang mempunyai bilangan oktan 92, mutu bensin tersebut setara dengan campuran 92% isooktana (spesi 2) dan 8% n-heptana (spesi 3).

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Krisna

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tabel berikut merupakan hasil pengamatan percobaan pembakaran beberapa jenis bahan bakar (bensin) menggunakan suatu mesin motor.  Bahan Bakar Jumlah Ketukan/Knocking (tiap detik) Banya...

Pembahasan Soal:

Kualitas bensin dinyatakan dengan bilangan oktan. Bilangan oktan menyatakan kemampuan suatu bahan bakar dalam mengatasi ketukan pada saat mesin terbakar. Semakin tinggi bilangan oktannya, maka semakin kecil jumlah ketukannya dan semakin sedikit pula jelaga yang dihasilkan. Berdasarkan tabel di atas, bahan bakar yang memiliki bilangan oktan paling tinggi adalah L. 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan bilangan oktan? Bagaimana cara meningkatkan bilangan oktan?

Pembahasan Soal:

  1. Bilangan oktan adalah bilangan yang menyatakan banyaknya jumlah kandungan isooktana yang ada dalam suatu bahan bakar yakni bensin.
  2. Cara meningkatkan bilangan oktan adalah dengan cara menambahkan zat aditif tertentu kedalam bahan bakar bensin. zat aditif yang dapat meningkatkan bilangan oktan antara lain yaitu TEL(tetra etil lead), MTBE(metil tersier butil eter), etanol, dan benzen.space

1

Roboguru

Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah Bensin, terdapat berbagai jenis bensin berdasarkan bilangan oktannya. Bensin standar dengan angka oktan 80 mempunyai komposisi...

Pembahasan Soal:

Bilangan oktan didefinisikan sebagai persentase volume isooktana dalam bahan bakar yang menghasilkan intensitas ketukan yang sama dengan bahan bakar yang diuji.

Bensin merupakan campuran n-heptana dan isooktana. Senyawa n-heptana merupakan senyawa yang diberi bilangan oktan nol, 0 dan isooktana diberi bilangan oktan seratus, 100.

Jadi, bensin standar dengan angka oktan 80 mempunyai komposisi 80% isooktana dan 20% n-heptana.undefined 

0

Roboguru

Mungkinkah suatu bahan bakar mempunyai angka oktan 110? Jelaskan apa maksudnya.

Pembahasan Soal:

Angka yang digunakan untuk menunjukkan mutu bensin ini disebut angka oktan arau bilangan oktana. Semakin tinggi angka oktan bensin, semakin baik mutu bensin tersebut. Bensin standar yang mengandung 100% isooktana diberi angka oktan 100. Penentukan angka oktan suatu bahan bakar dilakukan dengan pengujian di laboratorium, yaitu dengan membandingkan efisiensi pembakarannya dengan bensin standar. Bahan bakar yang mempunyai angka oktan 110, bukan berarti bahwa alkohol tersebur mengandung isooktana 110%. Tetapi, bahan bakar tersebut mempunyai efisiensi pembakaran 10% di atas bensin standar yang berkadar isooktana 100%.

Jadi mungkin saja suatu bahan bakar mempunyai angka oktan 110.space 

0

Roboguru

Manakah pernyataan berikut yang benar?

Pembahasan Soal:

Di dalam mesin, campuran udara dan gas bensin ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Dalam kondisi tekanan yang besar, campuran udara dan bensin dapat terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika bensin terbakar karena tekanan (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi ketukan di dalam mesin. Ketukan ini akan menyebabkan mesin cepat rusak.

Oktan berasal dari oktana (C8), isooktana salah satu molekul penyusun bensin yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa terbakar secara spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.

Semakin tinggi nilai oktannya, artinya banyak terkandung isooktana C8, maka tidak terbakar secara spontan oleh tekanan. Bahan bakar beroktan tinggi cocok digunakan dengan kendaraan yang menggunakan kompresi tinggi. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved