Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan rumus struktur berikut! Nama senyawa di atas adalah ....

Perhatikan rumus struktur berikut!
 

 


Nama senyawa di atas adalah ....

  1. 1-fluoro-2,5-dibromo-3,5,dikloro-1,3-dimetilpentana undefined 

  2. 3,6-dibromo-2-fluoro-4,6-dikloro-4-metilheksana undefined 

  3. 1,4-dibromo-5-fluoro-1,3-dikloro-3-metilheksana undefined 

  4. 2,5-dibromo-1-fluoro-3,5-dikloro-1,3-dimetilpentana undefined 

  5. 1,4-dibromo-5-fluoro-1,3-dikloro-3,5-dimetilpentana undefined 

Iklan

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Senyawa pada soal memiliki rantai utama sejumlah enam karbon, sehingga nama rantai utamanya adalah heksana. Penentuan nomor rantai ditentukan oleh rantai yang memiliki cabang paling dekat dengan ujung rantai. Oleh karena itu, penomorannya dimulai dari rantai utama yang memiliki substituen bromo dan klor. Senyawa tersebut memiliki 4 substituen, yaitu bromo, klor, fluoro dan metil. Substituen bromo terdapat pada rantai nomor 1 dan 4. Lalu, substituen klor terdapat pada rantai nomor 1 dan 3. Kemudian, substituen fluoro terdapat pada rantai nomor 5. Selanjutnya, substituen metil terdapat pada rantai nomor 3. Urutan penulisannya dimulai dengan menuliskan substituen dan dilanjutkan dengan rantai utamanya. Karena substituennya lebih dari 1, maka penulisannya berdasarkan pada abjad pertama nama substituen. Oleh karena itu, nama senyawa tersebut ada 1,4-dibromo-1,3-dikloro-5-fluoro-3-metilheksana. Klor dituliskan terlebih dahulu daripada fluoro karena klor memiliki abjad pertama c (chloro). Pada opsi jawaban soal, tidak ada jawaban yang benar. Namun, opsi jawaban C adalah jawaban yang mendekati dengan jawaban benar. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Senyawa pada soal memiliki rantai utama sejumlah enam karbon, sehingga nama rantai utamanya adalah heksana. Penentuan nomor rantai ditentukan oleh rantai yang memiliki cabang paling dekat dengan ujung rantai. Oleh karena itu, penomorannya dimulai dari rantai utama yang memiliki substituen bromo dan klor.

Senyawa tersebut memiliki 4 substituen, yaitu bromo, klor, fluoro dan metil. Substituen bromo terdapat pada rantai nomor 1 dan 4. Lalu, substituen klor terdapat pada rantai nomor 1 dan 3. Kemudian, substituen fluoro terdapat pada rantai nomor 5. Selanjutnya, substituen metil terdapat pada rantai nomor 3.

Urutan penulisannya dimulai dengan menuliskan substituen dan dilanjutkan dengan rantai utamanya. Karena substituennya lebih dari 1, maka penulisannya berdasarkan pada abjad pertama nama substituen. Oleh karena itu, nama senyawa tersebut ada 1,4-dibromo-1,3-dikloro-5-fluoro-3-metilheksana. Klor dituliskan terlebih dahulu daripada fluoro karena klor memiliki abjad pertama c (chloro). Pada opsi jawaban soal, tidak ada jawaban yang benar. Namun, opsi jawaban C adalah jawaban yang mendekati dengan jawaban benar.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

 

Konsep Kilat

Latihan Bab

Pendahuluan Senyawa Alkana

Alkohol dan Eter

Identifikasi Alkohol dan Eter

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

208

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gambarkan struktur rapat untuk senyawa berikut! 3-bromo-2-kloropentana

97

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia