Pertanyaan

Perhatikan potongan artikel berita di bawah ini! Pergerakan warga dari ibu kota ke sejumlah daerah membawakekhawatiran meningkatnya potensi penyebaran virus corona . Seruan kampanye social distancing dan tetap di rumah dihiraukan para pemudik tersebut. Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Hermawan Saputra mengatakan bahwa penyebaran virus corona di Indonesia akan mencapai titik puncak di antara April dan Mei 2020. Beliau juga mengatakan bahwa prediksi tersebut jika dalam keadaan normal, terlebih lagi ditambah fenomena mudik, jadi mudik berisiko besar. Menghadapi situasi demikian, Hermawan menilai pemerintah tidak bisa hanya mengeluarkan imbauan atau larangan agar masyarakat tidak melaksanakan mudik pada tahun ini. (diadabtasidariwww.cnnindonesia.com, pada 1 April 2021) Berdasarkan artikel di atas kesimpulan dalam berfikir induktif pada penelitian kualitatif adalah ....

Perhatikan potongan artikel berita di bawah ini!

Pergerakan warga dari ibu kota ke sejumlah daerah membawa kekhawatiran meningkatnya potensi penyebaran virus corona. Seruan kampanye social distancing dan tetap di rumah dihiraukan para pemudik tersebut. Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Hermawan Saputra mengatakan bahwa penyebaran virus corona di Indonesia akan mencapai titik puncak di antara April dan Mei 2020. Beliau juga mengatakan bahwa prediksi tersebut jika dalam keadaan normal, terlebih lagi ditambah fenomena mudik, jadi mudik berisiko besar. Menghadapi situasi demikian, Hermawan menilai pemerintah tidak bisa hanya mengeluarkan imbauan atau larangan agar masyarakat tidak melaksanakan mudik pada tahun ini.

(diadabtasi dari www.cnnindonesia.com, pada 1 April 2021)

Berdasarkan artikel di atas kesimpulan dalam berfikir induktif pada penelitian kualitatif adalah .... space 

  1. mobilitas warga dari ibu kota ke sejumlah daerah dapat meningkatkan potensi penyebaran virus corona space 

  2. social distancing dan tetap di rumah tidak memberikan efek kepada warga yang melakukan mudik space 

  3. pemerintah dinilai perlu melakukan tindakan lanjut selain himbauan dan larangan agar tidak mudik tahun ini space 

  4. pemerintah perlu melakukan koordinasi yang terpusat antarpemerintah daerah dengan pusat agar rakyat tunduk space 

  5. titik puncak persebaran virus corona di Indonesia terjadi di antara april dan mei 2020 space 

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C. space 

Pembahasan

Penelitian kualitatif dikenal dengan penalaran atau cara berfikir induktif yaitu mengambil kesimpulan umum dari hal-hal khusus yang terjadi. Oleh karena itu, kesimpulan dari artikel berita tersebut adalah pemerintah dinilai perlu melakukan tindakan lanjut selain himbauan dan larangan agar tidak mudik tahun ini. Karena hal khusus dijelaskan di kalimat sebelumnya mengenai pergerakan mudik yang tinggi, sosial distancing dan tetap di rumah yang diabaikan.Sehingga, hal umum yang dapat ditangkap adalah pemerintah dinilai tidak hanya bisa mengeluarkan himbauan dan larangan agar tidak mudik karena hal itu masih kurang efektif. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Penelitian kualitatif dikenal dengan penalaran atau cara berfikir induktif yaitu mengambil kesimpulan umum dari hal-hal khusus yang terjadi. Oleh karena itu, kesimpulan dari artikel berita tersebut adalah pemerintah dinilai perlu melakukan tindakan lanjut selain himbauan dan larangan agar tidak mudik tahun ini. Karena hal khusus dijelaskan di kalimat sebelumnya mengenai pergerakan mudik yang tinggi, sosial distancing dan tetap di rumah yang diabaikan. Sehingga, hal umum yang dapat ditangkap adalah pemerintah dinilai tidak hanya bisa mengeluarkan himbauan dan larangan agar tidak mudik karena hal itu masih kurang efektif.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. space 

9

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan wawancara berikut! Pewawancara : Apa hal yang membuat Anda memutuskan untuk berhijrah? Informan : Saya suka membaca buku-buku tentang Islam, baik buku tulisan dari dalam neger...

20

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia