Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan poin-poin berikut.

  1. "Masyarakat dapat turut andil dalam upaya mencegah bunuh diri dengan mengenali tanda-tanda dan faktor risikonya," ujar ahli Kedokteran Jiwa Universitas Gadjah Mada (UGM) Carla Raymondalexas Marchira.
  2. Menurut dia, faktor risiko bunuh diri meliputi banyak hal seperti menganggur, bercerai, menjadi korban bulliying, banyak konflik, dan terisolasi secara sosial. Lalu mengalami pelecehan seksual, memiliki riwayat mutilasi, serta mempunyai riwayat orangtua depresi
  3. Sedangkan tanda-tanda orang yang akan melakukan bunuh diri, sambung dia, biasanya sering menangis, merasa sedih, gelisah, mudah tersinggung, bingung, serta fanatik pada agama.
  4. Misalnya, untuk pencegahan primer dilakukan dengan memperhatikan faktor risiko yang dimiliki dan pencegahan sekunder melalui deteksi dini dan terapi yang tepat untuk orang yang pernah melakukan percobaan bunuh diri.

Berdasarkan poin-poin di atas yang termasuk dalam unsur teks eksposisi bagian fakta adalah nomor....

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Unsur yang terdapat dalam teks eksposisi yaitu gagasan/pendapat dan fakta. Gagasan/pendapat biasanya berupa sebuah pendapat penulis tentang masalah yang dibahas pada teks. Fakta biasanya berupa sebuah pernyataan dari seorang ahli yang berhubungan dengan masalah yang dibahas, atau bisa berupa data yang berasal dari sumber terpercaya yang bisa dibuktikan kebenarannya. Poin (2),(3) dan (4) termasuk dalam gagasan/pendapat karena terlihat dari bahasa yang digunakan. Poin (1) termasuk dalam fakta karena berisi sebuah pernyatan dari seseorang yang bisa dibuktikan kebenarannya. Maka jawaban yang tepat adalah pilihan A.

5

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut! (1) Mereka adalah Kabana by Itang Yunasz, Prive by Dian Pelangi, Kasha by Sjully Darsono, Devyros, Ekuator, Warnatasku, Kalyana Indonesia, Huraira, dan Teha...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia