Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan petikan novel tersebut! Chiang Si Ku atau sembahyang rebut diadakan setiap tahun. Sebuah acara semarak dimana seluruh warga Tionghoa berkumpul. Tak jarang anak-anaknya yang merantau pulang kampung untuk acara ini. Banyak hiburan lain ditempelkan pada ritual keagamaan ini, misalnya panjat pinang, komidi putar, dan orkes melayu, sehingga menarik minat setiap orang untukberkunjung. Dengan demikian ajang ini dapat disebut sebagai media tempat empat komponen utama subetnik di kampung kami: orang Tionghoa, orang Melayu, orang pulang bersarung, dan orang sawang berkumpul (Hirata, 2005 : 259). Nilai yang terkandung dari petikan novel berjudul Laskar Pelangi di atas adalah….

Perhatikan petikan novel tersebut!


    Chiang Si Ku atau sembahyang rebut diadakan setiap tahun. Sebuah acara semarak dimana seluruh warga Tionghoa berkumpul. Tak jarang anak-anaknya yang merantau pulang kampung untuk acara ini. Banyak hiburan lain ditempelkan pada ritual keagamaan ini, misalnya panjat pinang, komidi putar, dan orkes melayu, sehingga menarik minat setiap orang untuk berkunjung. Dengan demikian ajang ini dapat disebut sebagai media tempat empat komponen utama subetnik di kampung kami: orang Tionghoa, orang Melayu, orang pulang bersarung, dan orang sawang berkumpul (Hirata, 2005 : 259).


Nilai yang terkandung dari petikan novel berjudul Laskar Pelangi di atas adalah…. 

  1. nilai kehidupanundefined 

  2. nilai kerukunanundefined 

  3. nilai kemanusiaan

  4. nilai kepedulianundefined 

  5. nilai politikundefined 

Iklan

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Iklan

Pembahasan

Nilai-nilai dalam novel terdiri dari nilai agama, nilai sosial, nilai budaya, nilai moral, dan nilai estetika. Kutipan novel di atas mengandung nilai sosial berupa nilai kerukunan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kutipan Dengan demikian ajang ini dapat disebut sebagai media tempat empat komponen utama subetnik di kampung kami: orang Tionghoa, orang Melayu, orang pulang bersarung, dan orang sawang berkumpul. Kutipan tersebut menunjukkan adanya sikap saling menghargai antaretnik, yaitu orang Tionghoa, Melayu, orang pulang bersaung, dan orang sawang berkumpul. Hal tersebut menunjukkan adanya kerukunan antara etnik yang satu dengan etnik yang lainnya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Nilai-nilai dalam novel terdiri dari nilai agama, nilai sosial, nilai budaya, nilai moral, dan nilai estetika. Kutipan novel di atas mengandung nilai sosial berupa nilai kerukunan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kutipan Dengan demikian ajang ini dapat disebut sebagai media tempat empat komponen utama subetnik di kampung kami: orang Tionghoa, orang Melayu, orang pulang bersarung, dan orang sawang berkumpul. 

Kutipan tersebut menunjukkan adanya sikap saling menghargai antaretnik, yaitu orang Tionghoa, Melayu, orang pulang bersaung, dan orang sawang berkumpul. Hal tersebut menunjukkan adanya kerukunan antara etnik yang satu dengan etnik yang lainnya. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pagi hari buruh Kasan Ngali dikejutkan: papan nama Bank Kredit tergeletak di tanah.. Mereka mengerumuni, membiarkan papan nama itu terbujur. Majikan harus diberi tahu. Mereka mulai menerka-nerka siapa...

537

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia