Roboguru

Perhatikan peta silsilah pada kuda berikut! Jika gen H menentukan warna hitam dan gen h menentukan warna putih, genotipe kedua induk kuda tersebut adalah ...

Perhatikan peta silsilah pada kuda berikut!

Jika gen H menentukan warna hitam dan gen h menentukan warna putih, genotipe kedua induk kuda tersebut adalah ...undefined

  1. HH dan HH

  2. HH dan hh

  3. Hh dan Hh

  4. Hh dan hh

Jawaban:

Kita bisa mengetahui genotip parental dengan melihat keturunan yang fenotipnya bersifat resesif yaitu kuda berwarna putih. Sifat resesif baru bisa nampak pada fenotip bila gen tersebut dalam homozigot resesif.

Pada F2 ditemukan keturunan yang berwarna putih, sehingga kuda putih tersebut memiliki genotif hh. Kuda putih (hh) tersebut mewarisi gen h dari masing-masing parentalnya, artinya masing-masing kuda F1 memiliki gen h dalam genotipnya. Maka kuda hitam pada F1 keduanya memiliki genotif hitam heterozigot (Hh). 

Kuda F1 mewarisi gen H dan h dari parentalnya, gen H didapatkannya dari induk kuda hitam (HH) dan gen h didapatkannya dari induk kuda putih (hh). Sehingga genotip kedua induk kuda adalah hitam (HH) dan putih (hh).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined  

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved