Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan persamaan reaksi: SrH 2 ​ ( s ) + 2 H 2 ​ O ( l ) → Sr ( OH ) 2 ​ ( s ) + 2 H 2 ​ ( g ) Tunjukkan bahwa hukum kekekalan massa berlaku untuk persamaan reaksi tersebut.

Perhatikan persamaan reaksi: 

Tunjukkan bahwa hukum kekekalan massa berlaku untuk persamaan reaksi tersebut.

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hukum kekekalan massa berlaku pada persamaan reaksi tersebut.

hukum kekekalan massa berlaku pada persamaan reaksi tersebut.

Iklan

Pembahasan

Reaksi tersebut sesuai dengan hukum kekekalan massa, karena semua atom pada ruas kanan dan ruas kiri jumlahnya sama. Berdasarkan pengamatan kuantitatif terhadap eksperimen-eksperimen kimia yang dilakukannya, Antoine Laurent Lavoisier menemukan bahwa: “Dalam sistem tertutup, massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama” . Dengan kata lain, dalam reaksi kimia atom-atom tidak dimusnahkan dantidak diciptakan, namun hanya mengalami perubahan susunan. Pada reaksi tersebut, unsur-unsur penyusun molekul dansenyawa pada reaktan tidak berubah menjadi unsur lain, hanya membentuk molekul dan senyawa yang berbeda pada hasil reaksi. Serta jumlah atom-atom sejenis pada ruas kiri dan kanan adalahsama. Hal ini menunjukkan perbandingan jumlah zat yang bereaksi adalah sebanding, tidak ada yang hilang maupun diciptakan. Dengan demikian, hukum kekekalan massa berlaku pada persamaan reaksi tersebut.

Reaksi tersebut sesuai dengan hukum kekekalan massa, karena semua atom pada ruas kanan dan ruas kiri jumlahnya sama.

Berdasarkan pengamatan kuantitatif terhadap eksperimen-eksperimen kimia yang dilakukannya, Antoine Laurent Lavoisier menemukan bahwa: “Dalam sistem tertutup, massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama”.

Dengan kata lain, dalam reaksi kimia atom-atom tidak dimusnahkan dan tidak diciptakan, namun hanya mengalami perubahan susunan.

Pada reaksi tersebut, unsur-unsur penyusun molekul dan senyawa pada reaktan tidak berubah menjadi unsur lain, hanya membentuk molekul dan senyawa yang berbeda pada hasil reaksi. Serta jumlah atom-atom sejenis pada ruas kiri dan kanan adalah sama. Hal ini menunjukkan perbandingan jumlah zat yang bereaksi adalah sebanding, tidak ada yang hilang maupun diciptakan. Dengan demikian, hukum kekekalan massa berlaku pada persamaan reaksi tersebut.

Latihan Bab

Hukum Kekekalan Massa

Hukum Perbandingan Massa

Hukum Perbandingan Volume

Konsep Kilat

234

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebanyak 8 gram gas metana dibakar dengan32 gram gas oksigen menghasilkan 22 gram gas karbon dioksida dan sejumlah uap air. Berapakah massa uap air yang dihasilkan dari reaksi tersebut?

2rb+

4.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia