Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan persamaan reaksi pembuatan senyawa haloalkana berikut! H 3 ​ C − CH = CH − CH 2 ​ − CH 3 ​ + HCl → senyawa Z + H 2 ​ O Nama senyawa Z yang dihasilkan pada reaksi di atas adalah ....

Perhatikan persamaan reaksi pembuatan senyawa haloalkana berikut!


 


Nama senyawa Z yang dihasilkan pada reaksi di atas adalah ....

  1. 2-kloropentanaspace 

  2. 3-kloropentana undefined 

  3. 2,3-dikloropentana undefined 

  4. 2,2-dlkloropentana 

  5. 3,3-dikloropentana undefinedundefined 

Iklan

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Alkena merupakan hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap dua antar-atom karbonnya. Alkena merupakan senyawa hidrokarbon yang lebih reaktif daripada alkana. Kereaktifan alkena disebabkan adanya ikatan rangkap. Salah satu ikatan rangkap di alkena lebih mudah terputus bila bereaksi dengan zat lain (mengalami reaksi). Terputusnya ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal mengakibatkan terbentuknya senyawa alkana. Pemutusan suatu ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal disebut reaksi adisi . Soal tersebut adalah reaksi adisi asam halida terhadap alkena dengan aturan Markonikov. Atom H dari asam halida akan berikatan dengan atom C dari alkenayang mengikat lebih banyak atom H, atau atom halida akan berikatan dengan atom C dari alkena yang mengikat lebih sedikit atom H. Dengan demikian, senyawa yang terbentuk adalah atau 2-kloropentana. Atom terletak pada rantai ke 2 dan rantai utamanya sejumlah 5 atau disebut pentana. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Alkena merupakan hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap dua antar-atom karbonnya. Alkena merupakan senyawa hidrokarbon yang lebih reaktif daripada alkana. Kereaktifan alkena disebabkan adanya ikatan rangkap. Salah satu ikatan rangkap di alkena lebih mudah terputus bila bereaksi dengan zat lain (mengalami reaksi). Terputusnya ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal mengakibatkan terbentuknya senyawa alkana. Pemutusan suatu ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal disebut reaksi adisi.

Soal tersebut adalah reaksi adisi asam halida terhadap alkena dengan aturan Markonikov. Atom H dari asam halida akan berikatan dengan atom C dari alkena yang mengikat lebih banyak atom H, atau atom halida akan berikatan dengan atom C dari alkena  yang mengikat lebih sedikit atom H. 


Dengan demikian, senyawa yang terbentuk adalah H subscript 3 C bond C H Cl bond C H subscript 2 bond C H subscript 2 bond C H subscript 3 atau 2-kloropentana. Atom Cl terletak pada rantai ke 2 dan rantai utamanya sejumlah 5 atau disebut pentana.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

246

Aulia Irianti

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Adisisenyawa 2-metil-2-butena dengan HCl menghasilkan suatu senyawa haloalkana dengan nama ....

136

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia