Roboguru

Perhatikan pernyataan tentang pernapasan pada manusia Udara yang dihirup saat bernapas paling banyak mengandung gas oksigen  O2 yang dihirup jumlahnya lebih banyak dari pada O2 yang dihembus  CO2 yang dihirup jumlahnya lebih banyak dari pada CO2 yang dihembus  Gas Nitrogen yang dihirup jumlahnya relatif sama jumlahnya dengan yang dihembus  O2 dan CO2 dan yang dihirup jumlahnya relatif sama jumlahnya dengan yang dihembus  Pernyataan yang benar tentang pernapasan di atas adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan tentang pernapasan pada manusia

  1. Udara yang dihirup saat bernapas paling banyak mengandung gas oksigen 
  2. O2 yang dihirup jumlahnya lebih banyak dari pada O2 yang dihembus 
  3. CO2 yang dihirup jumlahnya lebih banyak dari pada CO2 yang dihembus 
  4. Gas Nitrogen yang dihirup jumlahnya relatif sama jumlahnya dengan yang dihembus 
  5. O2 dan CO2 dan yang dihirup jumlahnya relatif sama jumlahnya dengan yang dihembus 

Pernyataan yang benar tentang pernapasan di atas adalah .... 

  1. 1) dan 2)space 

  2. 1) dan 5)space 

  3. 3) dan 4)space 

  4. 2) dan 4)space 

Pembahasan Soal:

Saat bernapas manusia menghirup udara melalui hidung. Udara yang dihirup ketika bernapas tidak 100% mengandung oksigen, tetapi juga mengandung gas-gas lainnya seperti nitrogen, argon, dan karbon dioksida. Udara yang dihembuskan pun tidak 100% karbon dioksida, namun juga mengandung gas-gas tersebut. Berikut adalah komposisi udara yang dihirup dan dihembuskan ketika bernapas.

Zat Dihirup (%) Dihembuskan (%)
Nitrogen 78 75
Oksigen 21 16
Argon 0,9 0,9
Karbon dioksida 0,03 4
Air 0 4

Dari komposisi tersebut dapat diketahui bahwa udara yang dihirup untuk pernapasan mengandung nitrogen sekitar 78%. Nitrogen tidak sereaktif oksigen dan dihembuskan dari paru-paru dalam bentuk yang tidak berubah. Oksigen adalah gas yang paling dibutuhkan manusia saat bernapas. Tanpa oksigen, manusia akan mati secara perlahan. 

Dengan demikian, pernyataan yang benar adalah:

  • O2 yang dihirup jumlahnya lebih banyak dari pada O2 yang dihembus.
  • Gas nitrogen yang dihirup jumlahnya relatif sama dengan yang dihembus karena nitrogen tidak sereaktif oksigen dan dihembuskan dari paru-paru dalam bentuk yang tidak berubah. Meskipun nitrogen penting untuk kehidupan dan merupakan bagian dari semua makhluk hidup, pada umumnya makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan mendapatkan nitrogen dari sumber mineral, bukan dari atmosfer.

Pernyataan yang benar adalah 2 dan 4.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nadya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ani menghembuskan napasnya ke permukaan cermin sehingga permukaan cermin menjadi buram. Buramnya permukaan cermin membuktikan bahwa ....

Pembahasan Soal:

Ketika menghembuskan napas ke permukaan cermin maka akan ada embun yang terbentuk diatas permukaan cermin tersebut, ini membuktikan bahwa udara pernapasan yang keluar dari tubuh mengandung uap air (H2O) dan karbondioksida (CO2).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Gas oksigen yang masuk ke paru-paru harus diangkut menuju ke jaringan tubuh yang membutuhkan. Mekanisme pengangkutan oksigen menuju ke jaringan tubuh adalah ...

Pembahasan Soal:

Mekanisme pengangkutan oksigen ke jaringan tubuh yaitu oksigen (O2) akan berdifusi ke sel-sel darah merah sehingga bercampur secara kimiawi dengan hemoglobin (Hb) untuk membentuk apa yang dinamakan Oksihemoglobin (oxyhemoglobin - HbO2).

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.space

0

Roboguru

Pernyataan yang tepat tentang respirasi pada manusia yaitu ...

Pembahasan Soal:

Proses pernapasan atau respirasi terbagi menjadi dua, yaitu respirasi eksternal dan respirasi internal. Respirasi eksternal atau luar adalah proses respirasi atau menghirup oksigen dari lingkungan, selanjutnya oksigen berikatan dengan hemoglobin membentuk oksihemoglobin yang akan dibawa ke paru-paru sehingga tekanan parsial oksigen dalam alveolus meningkat dibanding tekanan parsial oksigen di kapiler arteri paru-paru, kemudian terjadi proses difusi (pertukaran gas oksigen yang dihirup dengan karbon dioksida didalam paru-paru). Sedangkan, pengertian respirasi internal atau dalam adalah Pertukaran gas antara sel darah merah di dalam pembuluh kapiler dengan jaringan di dalam tubuh. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A. space  space 

0

Roboguru

Gas karbon monoksida tidak berbahaya bagi tubuh SEBAB Daya ikat hemoglobin terhadap oksigen lebih tinggi daripada daya ikatnya terhadap karbon monoksida.

Pembahasan Soal:

Salah satu zat yang berbahaya adalah karbon monoksida. Karbon monoksida (CO) adalah gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah mengikat oksigen. Sel darah merah tidak hanya mengikat oksigen melainkan juga gas lain. Kemampuan atau daya ikat ini berbeda untuk satu gas dengan gas lain. Sel darah merah mempunyai ikatan yang lebih kuat terhadap karbon monoksida dari pada oksigen. Sehingga, jika terdapat CO dan O2, sel darah merah akan cenderung berikatan dengan CO. Bila terhirup, karbon monoksida akan terbentuk dengan hemoglobin (Hb) dalam darah dan akan terbentuk karboksi hemoglobin sehingga oksigen tidak dapat terbawa. Jadi, pernyataan dan alasan salah. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E.

1

Roboguru

Pada proses pernapasan dapat masuk ke dalam darah karena ....

Pembahasan Soal:

Difusi oksigen dari alveolus ke dalam kapiler darah adalah disebabkan karena ada perbedaan tekanan parsial oksigen. tekanan parsial oksigen pada alveolus yang tinggi menyebabkan oksigen dapat masuk ke kapiler darah yang memiliki tekanan parsial oksigen yang rendah.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A. perbedaan tekanan undefined pada alveolus dengan tekanan undefined di dalam darahundefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved