Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Perbedaan kebutuhan dan kepentingan setiap penduduk Adanya pertumbuhan penduduk Adanya perbedaan kondisi antarwilayah Penyebaran penduduk yang tidak merata Kondisi struktur penduduk yang kurang menguntungkan Dari lima pernyataan di atas, yang merupakan sumber masalah kependudukan yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

  1. Perbedaan kebutuhan dan kepentingan setiap penduduk
  2. Adanya pertumbuhan penduduk
  3. Adanya perbedaan kondisi antarwilayah
  4. Penyebaran penduduk yang tidak merata
  5. Kondisi struktur penduduk yang kurang menguntungkan

Dari lima pernyataan di atas, yang merupakan sumber masalah kependudukan yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk adalah ...
 

  1. 1

  2. 3 dan 4

  3. 4 dan 5

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan penduduk dapat menjadi sumber masalah jika tingkat pertumbuhan penduduknya tinggi. Faktor yang menyebabkan timbulnya masalah kependudukan, jika tingkat pertumbuhan penduduk tinggi adalah sebagai berikut.

  1. Persebaran penduduk tidak merata.
    Jumlah penduduk meningkat drastis lalu menyebabkan ketimpangan kepadatan dan jumlah penduduk antarwilayah semakin tinggi. Oleh sebab itu, dapat menimbulkan ketimpangan pembangunan dan konflik sosial.
  2. Kondisi struktur penduduk yang kurang menguntungkan.
    Peningkatan jumlah penduduk usia muda yang belum produktif dan memicu tingginya angka beban ketergantungan.space 

Jadi, jawaban yang benar adalah D.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia. Negara ini memiliki laju pertumbuhan penduduk yang sangat rendah, bahkan cenderung menurun. Hal ini dapat menimbulkan masalah pada masa yang akan data...

Pembahasan Soal:

Laju pertumbuhan penduduk Jepang yang sangat rendah atau menurun, menyebabkan jumlah penduduk usia muda di negara ini turut mengalami penurunan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada masa yang akan datang, seperti berkurangnya jumlah tenaga kerja produktif di Jepang. Oleh sebab itu, pemerintah Jepang melakukan berbagai upaya untuk mendorong angka kelahiran di negaranya. Beberapa di antaranya adalah memberikan tunjangan bagi setiap anak yang lahir dan meningkatkan fasilitas pelayanan anak. Jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan fenomena pertumbuhan penduduk yang rendah di Eropa!

Pembahasan Soal:

Jumlah penduduk benua Eropa pada tahun 2015 mencapai 742 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk kurang dari 1%. Bahkan 58% negara-negara yang ada di Eropa, punya angka kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan angka kelahiran. 

Beberapa hal yang menyebabkan rendahnya pertumbuhan penduduk di Eropa adalah sebagai berikut.

  • Penundaan usia menikah atau keinginan memiliki anak.
  • Biaya hidup di Eropa relatif tinggi, sehingga orang yang masih muda yang ingin berkeluarga dan memiliki anak akan kesulitan secara ekonomi dalam membentuk keluarga.  space space  

1

Roboguru

Tuliskan empat negara yang mengalami penurunan jumlah penduduk lebih dari 15% di Eropa....

Pembahasan Soal:

Benua Eropa merupakan benua dengan penduduk terbanyak keempat dunia. Tingkat pertumbuhan penduduk Eropa sekitar 0,3% per tahun. Tingkat pertumbuhan penduduk di Eropa termasuk rendah. Diperkirakan pada tahun 2050 sejumlah negara di Eropa mengalami penurunan penduduk lebih dari 15%. Negara yang mengalaminya antara lain Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Hungaria, Latvia, Lithuania, Romania, dan Ukraina.

0

Roboguru

Jelaskan alasan tidak meratanya persebaran penduduk di Benua Asia....

Pembahasan Soal:

Benua Asia merupakan benua dengan penduduk terbanyak di dunia. Sekitar 60% penduduk dunia hidup di Benua Asia. Persebaran penduduk di Asia tidak merata karena iklim yang berbeda. Terdapat wilayah luas di Timur Tengah dan Asia Tengah yang nyaris tidak didiami akibat suhu yang ekstrem kering atau dingin. Kebanyakan penduduk Asia berdiam di lembah sungai-sungai dan pesisir. Adapun wilayah yang padat penduduk antara lain di lembah Sungai Indus dan lembah Sungai Gangga (India); lembah Sungai Irawadi di Myanmar; lembah Sungai Huanghe, Sungai Chang Jiang, dan Sungai Xijiang di Tiongkok; Jepang tengah dan selatan; Korea Selatan; Pulau Jawa dan Bali (Indonesia); pesisir Vietnam; serta Taiwan. 

1

Roboguru

Menurut pendapatmu, dampak apa yang mungkin terjadi dengan pertumbuhan penduduk di Amerika Utara yang mencapai 0,8% per tahun?

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu karena kelahiran, kematian dan migrasi. Dampak yang mungkin terjadi dengan pertumbuhan penduduk di Amerika Utara yang mencapai 0,8% per tahun mencerminkan laju pertumbuhan penduduk lambat yang mengindikasikan jumlah populasi suatu wilayah sedikit. Hal tersebut dapat mengakibatkan kurangnya sumber daya manusia di Amerika Utara. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved