Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Pada cuaca panas, seseorang akan mengeluarkan urine lebih banyak. Anak balita menghasilkan urine lebih sedikit daripada orang dewasa. Orang yang cemas lebih banyak menghasilkan urine. Apabila ADH seseorang meningkat, urine yang dikeluarkan lebih sedikit dan lebih pekat. Seseorang yang mengonsumsi banyak air minum akan mengeluarkan banyak urine. Pernyataan yang tepat mengenai faktor-faktor yang memengaruhi produksi urine ditunjukkan angka ….

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

  1. Pada cuaca panas, seseorang akan mengeluarkan urine lebih banyak.
  2. Anak balita menghasilkan urine lebih sedikit daripada orang dewasa.
  3. Orang yang cemas lebih banyak menghasilkan urine.
  4. Apabila ADH seseorang meningkat, urine yang dikeluarkan lebih sedikit dan lebih pekat.
  5. Seseorang yang mengonsumsi banyak air minum akan mengeluarkan banyak urine.

Pernyataan yang tepat mengenai faktor-faktor yang memengaruhi produksi urine ditunjukkan angka …. 

  1. 1, 2, dan 3

  2. 1, 3, dan 5 

  3. 2, 3, dan 4 

  4. 2, 4, dan 5 

  5. 3, 4, dan 5 

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah E.

pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi urin, antara lain usia, hormon ADH, jumlah air yang dikonsumsi, cuaca, gaya hidup dan aktivitas, kondisi psikologis, dan kesehatan. 1. Usia Jumlah urinpada balita akan jauh lebih banyak dibandingkan orang dewasa, karenabalita mengonsumsi makananyang lebih encer. Balita juga belum bisa menahan rangsangan untuk buang air kecil. Sementara itu,kemampuan nefron ginjal akanmenurun pada lansia, sehingga urinyang dikeluarkan lebih sedikit. 2. Hormon ADH Hormon antidiuretik(ADH) adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar air yang diserap oleh tubuh. Semakin banyak ADH yang diproduksi, makaakan semakin banyak pulapenyerapan air pada ginjal. Hal ini akan membuaturinyang dibuang lebih sedikit, begitu pula sebaliknya. 3. Jumlah/volume air yang dikonsumsi Semakin banyak jumlah air yang diminum seseorang, maka jumlah urinyang dikeluarkan pun akan semakin banyak. Darah akan menyerap air dalam jumlah tertentu. Jika kadar air dalam tubuh meningkat, maka akan ada sisa air berlebih yang tidak diserap oleh darah sehingga tubuh perlu mengeluarkan sisa air tersebut.Hal inilah yang menyebabkan konsumsi air dalam jumlah banyak akanmenghasilkanjumlah urinyang lebih banyak danbewarna bening transparan atau kuning pucat. 4. Cuaca/suhu lingkungan Pada cuaca panas, sisa-sisa metabolisme dalam tubuhakan lebih banyak dikeluarkan dalam wujud keringat. Sebaliknya, pada cuaca dingin, sisa-sisa metabolisme tersebut akan lebih banyak dikeluarkan melalui urin. 5. Gaya hidup dan aktivitas Orang yang sering mengonsumsialkohol dan kafein akan memiliki jumlah urin yanglebih sedikit karena alkohol dan kafein dapat menghambat kinerjaADH. 6. Kondisi psikologis Kondisi stres membuatproses metabolisme tubuh menjadi lebih cepat, sehingga urinyang dikeluarkan akan lebih banyak. 7. Kesehatan Orang yang sakit akan lebih banyak mengeluarkan urindaripada orang yang sehat. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi urin, antara lain usia, hormon ADH, jumlah air yang dikonsumsi, cuaca, gaya hidup dan aktivitas, kondisi psikologis, dan kesehatan.

1. Usia

Jumlah urin pada balita akan jauh lebih banyak dibandingkan orang dewasa, karena balita mengonsumsi makanan yang lebih encer. Balita juga belum bisa menahan rangsangan untuk buang air kecil. Sementara itu, kemampuan nefron ginjal akan menurun pada lansia, sehingga urin yang dikeluarkan lebih sedikit. 

2. Hormon ADH

Hormon antidiuretik (ADH) adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar air yang diserap oleh tubuh. Semakin banyak ADH yang diproduksi, maka akan semakin banyak pula penyerapan air pada ginjal. Hal ini akan membuat urin yang dibuang lebih sedikit, begitu pula sebaliknya.

3. Jumlah/volume air yang dikonsumsi

Semakin banyak jumlah air yang diminum seseorang, maka jumlah urin yang dikeluarkan pun akan semakin banyak. Darah akan menyerap air dalam jumlah tertentu. Jika kadar air dalam tubuh meningkat, maka akan ada sisa air berlebih yang tidak diserap oleh darah sehingga tubuh perlu mengeluarkan sisa air tersebut. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi air dalam jumlah banyak akan menghasilkan jumlah urin yang lebih banyak dan bewarna bening transparan atau kuning pucat.

4. Cuaca/suhu lingkungan

Pada cuaca panas, sisa-sisa metabolisme dalam tubuh akan lebih banyak dikeluarkan dalam wujud keringat. Sebaliknya, pada cuaca dingin, sisa-sisa metabolisme tersebut akan lebih banyak dikeluarkan melalui urin. 

5. Gaya hidup dan aktivitas

Orang yang sering mengonsumsi alkohol dan kafein akan memiliki jumlah urin yang lebih sedikit karena alkohol dan kafein dapat menghambat kinerja ADH. 

6. Kondisi psikologis

Kondisi stres membuat proses metabolisme tubuh menjadi lebih cepat, sehingga urin yang dikeluarkan akan lebih banyak. 

7. Kesehatan

Orang yang sakit akan lebih banyak mengeluarkan urin daripada orang yang sehat. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

76

Jessica Ndarung

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Makasih ❤️ Bantu banget Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Mengonsumsi minuman teh dan kopi dapat mengakibatkan kita sering buang air kecil. SEBAB Teh dan ...

72

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia