Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan pernyataan berikut ini: RI berkontribusi mewujudkan ASEAN berafiliasi dengan NATO RI berkontribusi mewujdukan ASEAN sebagai organisasi non-politik RI berperan penting mewujudkan ASEAN sebagai organisasi non-militer RI berusaha menjadikan ASEAN sebagai wadah perjuangan luar negeri non blok RI ingin menjadikan ASEAN sebagai wadah perjuangan politik-militer luar negeri Pernyataan tersebut yang dianggap benar sesuai dengan arah kebijakan politik luar negeri RI adalah adalah ....

Perhatikan pernyataan pernyataan berikut ini:

  1. RI berkontribusi mewujudkan ASEAN berafiliasi dengan NATO
  2. RI berkontribusi mewujdukan ASEAN sebagai organisasi non-politik
  3. RI berperan penting mewujudkan ASEAN sebagai organisasi non-militer
  4. RI berusaha menjadikan ASEAN sebagai wadah perjuangan luar negeri non blok
  5. RI ingin menjadikan ASEAN sebagai wadah perjuangan politik-militer luar negeri

Pernyataan tersebut yang dianggap benar sesuai dengan arah kebijakan politik luar negeri RI adalah adalah ....

  1. 1, 2 dan 3

  2. 2, 3 dan 4
     

  3. 3, 4 dan 5

  4. 1, 3 dan 5

  5. 2, 3 dan 5

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah pilihan B, Karena pernyataan 2, 3, dan 4 sesuai dengan prinsip politik luar negeri RI dan Prinsip ASEAN.

jawaban yang paling tepat adalah pilihan B, Karena pernyataan 2, 3, dan 4 sesuai dengan prinsip politik luar negeri RI dan Prinsip ASEAN.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sebagai landasan operasional politik luar negeri Indonesia adalah prinsip bebas aktif. Yang dimaksud “Bebas” adalah Indonesia tidak berada dalam kedua blok atau blok manapun yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, kedua blok yang dimaksud adalah blok barat yang berhaluan liberal kapitalis (Amerika Serikat) dan blok timur yang berhaluan Komunis (Cina, Uni Soviet) dan yang dimaksud “Aktif” adalah Indonesia berupaya untuk bekerja lebih giat guna menjaga perdamaian, menjalankan kebijakan politik luar negri RI dan meredakan ketegangan kedua blok. Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau lebih dikenal dengan sebutan Association of southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia tenggara, yang didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967. Diprakarsai oleh 5 negara pendiri yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapur, dan Thailand.ASEAN memiliki prinsip ZOPFAN atau The Zone of Peace, Freedom and Neutrality yang menyebabkan negara negara anggota ASEAN bebas untuk mengatur urusan dalam negrinya dan tidak ada intervensi bagi negara-negara anggota nya sehingga bisa dikatakan tidak ada koalisi militer yang terjadi dalam negara-negara ASEAN. Dengan demikian jawaban yang paling tepat adalah pilihan B, Karena pernyataan 2, 3, dan 4 sesuai dengan prinsip politik luar negeri RI dan Prinsip ASEAN.

Sebagai landasan operasional politik luar negeri Indonesia adalah prinsip bebas aktif. Yang dimaksud “Bebas” adalah Indonesia tidak berada dalam kedua blok atau blok manapun yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, kedua blok yang dimaksud adalah blok barat yang berhaluan liberal kapitalis (Amerika Serikat) dan blok timur yang berhaluan Komunis (Cina, Uni Soviet) dan yang dimaksud “Aktif” adalah Indonesia berupaya untuk bekerja lebih giat guna menjaga perdamaian, menjalankan kebijakan politik luar negri RI dan meredakan ketegangan kedua blok.

Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau lebih dikenal dengan sebutan Association of southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia tenggara, yang didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967. Diprakarsai oleh 5 negara pendiri yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapur, dan Thailand. ASEAN memiliki prinsip ZOPFAN atau The Zone of Peace, Freedom and Neutrality yang menyebabkan negara negara anggota ASEAN bebas untuk mengatur urusan dalam negrinya dan tidak ada intervensi bagi  negara-negara anggota nya sehingga bisa dikatakan tidak ada koalisi militer yang terjadi dalam negara-negara ASEAN.

Dengan demikian jawaban yang paling tepat adalah pilihan B, Karena pernyataan 2, 3, dan 4 sesuai dengan prinsip politik luar negeri RI dan Prinsip ASEAN.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Indonesia masuk kembali menjadi anggota PBB pada tanggal….

109

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia