Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:  Indonesia akan diberi kemerdekaan. Indonesia akan disejahterakan. Jepang adalah saudara tua Indonesia. Indonesia adalah negara paling penting di Asia bagi Jepang. Indonesia akan dijadikan sebagai salah satu negara persemakmuran bersama di Asia Timur Raya. Propaganda Jepang sebelum masuk ke Indonesia ditunjukkan nomor. . . .

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut: 

  1. Indonesia akan diberi kemerdekaan.
  2. Indonesia akan disejahterakan.
  3. Jepang adalah saudara tua Indonesia.
  4. Indonesia adalah negara paling penting di Asia bagi Jepang.
  5. Indonesia akan dijadikan sebagai salah satu negara persemakmuran bersama di Asia Timur Raya.

Propaganda Jepang sebelum masuk ke Indonesia ditunjukkan nomor. . . .

  1. 1, 2, dan 3

  2. 1, 3, dan 5

  3. 2, 3, dan 4

  4. 3, 4, dan 5

Pembahasan Soal:

Selama menjajah Indonesia, pemerintahan militer Jepang melancarkan berbagai propaganda demi merebut simpati rakyat. Dai Nippon membutuhkan dukungan rakyat karena masih harus menghadapi sekutu di Perang Dunia II, sekaligus mengeruk sumber daya di Indonesia untuk membiayai perang. Latar belakang sejarah dari propaganda Jepang merupakan usaha untuk merumuskan secara tegas asas-asas penyebaran informasi serta pembentukan opini dan sikap rakyat Indonesia. Nurdiana dalam penelitiannya yang bertajuk "Pengajaran Bahasa Jepang Sebagai Bentuk Propaganda pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia 1942-1945" (2009), menyebutkan bahwa gerakan propaganda oleh Jepang telah dilakukan jauh sebelum mereka menduduki Indonesia. Tahun 1917, misalnya, Jepang menjalin kerja sama dengan perusahaan minyak asal Inggris, yaitu Anglo Petroleum. Perjanjian kerja sama ini kemudian memberikan mereka akses untuk bersentuhan langsung dengan wilayah Indonesia, khususnya di Tarakan, Borneo bagian utara. Oleh sebab itu, ketika Jepang datang ke Indonesia pada 1942, Tarakan merupakan daerah pertama yang diduduki. Ketika secara resmi menguasai wilayah Indonesia sejak tanggal 8 Maret 1942, Dai Nippon semakin gencar melakukan propagandanya di Indonesia.

Jadi, jawabannya adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan bagaimana penindasan Jepang dalam bidang kebudayaan...

Pembahasan Soal:

Bentuk penindasan Jepang terhadap kebudayaan Indonesia diantaranya terjadi keharusan menggunakan bahasa Jepang di samping bahasa Indonesia. Rakyat juga diharuskan membungkukan badan kearah timur sebagai tanda hormat kepada kaisar di Jepang pada setiap pagi hari (Seikerei). Hal ini tentu saja sangat menyinggung rakyat Indonesia yang mayoritas muslim, karena dianggap menyembah kepada kaisar Jepang yang dianggap sebagai keturunan dewa matahari, padahal orang muslim hanya melakukan penghormatan kepada Allah SWT.

Dengan demikian, penindasan Jepang terhadap kebudayaan Indonesia diantaranya terjadi keharusan menggunakan bahasa Jepang di samping bahasa Indonesia.

0

Roboguru

Pemerintah Jepang berusaha menarik simpati umat Islam di Indonesia dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Selain mendirikan Gerakan 3A sebagai media propaganda untuk mendapat dukungan dan simpati bangsa Indonesia. Jepang juga berusaha mendapatkan simpati dari umat Islam melalui pendirian subseksi Persiapan Persatuan Umat Islam di dalam struktur Gerakan 3A. Subseksi tersebut kemudian dipimpin oleh Abikoesno Tjokrosoejoso. Setelah berjalan selama beberapa waktu, pada bulan Desember 1942, Jepang melakukan evaluasi terhadap Gerakan 3A dan hasilnya Gerakan 3A dianggap gagal. Hingga tidak lama kemudian Gerakan 3A akhirnya dibubarkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Masuknya Jepang ke Indonesia diawali dari sikap Jepang yang baik hati kepada Indonesia. Namun, itu semua hanya tipu muslihat, dengan tujuan agar....

Pembahasan Soal:

Kedatangan Jepang ke Indonesia disambut dengan gembira rakyat Indonesia. Kedatangan Jepang disambut baik karena Jepang dianggap telah membebaskan Indonesia dari belenggu Pemerintah Hindia Belanda. Jepang berusaha menampilkan kebenciannya terhadap bangsa kulit putih dengan menyiksa tawanan Belanda di depan umum. Sebaliknya, Jepang membebaskan rakyat pribumi yang jadi tawanan politik Belanda. Sebelum bala tentara Jepang mendarat di Indonesia, selama beberapa bulan radio Tokyo telah mendengung-dengungkan propaganda bahwa mereka akan membebaskan rakyat Indonesia dari belenggu penjajahan Belanda. Di awal kedatangannya pun, Jepang memutarkan lagu Indonesia Raya setiap hari lewat radio. Bendera Merah Putih juga dikibarkan oleh Jepang di samping bendera Jepang. Jepang mengenalkan diri sebagai "saudara tua" bangsa Indonesia karena sama-sama dari benua Asia. Jepang melancarkan propaganda yang menunjukkan dirinya seolah-olah pahlawan. Mereka menjanjikan masyarakat bisa membeli barang dengan harga murah karena politik dumping. Politik dumping Jepang yakni menjual harga barang lebih murah di luar negeri dibanding di negaranya sendiri.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini! Mengedepankan semangat juang dan persatuan Asia Raya  Menghimpun kekuatan dan kebersamaan sebagai darma bakti terhadap Jepang Melaksanakan segala tindakan denga...

Pembahasan Soal:

Karena mulai terdesak oleh tentara sekutu, Jepang membutuhkan persatuan dan semangat segenap rakyat baik lahir maupun batin. Rakyat diharapkan memberikan darma baktinya terhadap pemerintah Jepang demi kemenangan dalam perang Asia Timur Raya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Jawa Hokokai memiliki program-program kegiatan sebagai berikut; (1) melaksanakan segala tindakan dengan nyata dan ikhlas demi pemerintah Jepang, (2) memimpin rakyat untuk mengembangkan tenaganya berdasarkan semangat persaudaraan, dan (3) memperkokoh pembelaan tanah air.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Jepang menjadikan Soekarno, Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansyur sebagai pimpinan organisasi ….

Pembahasan Soal:

Jika pada masa kolonial Belanda, kemunculan organisasi umumnya diprakarsai oleh golongan terpelajar Indonesia, maka selama pendudukan Jepang, banyak organisasi yang pendiriannya justru diprakarsai oleh Jepang. Lalu untuk menarik simpati rakyat indonesia, Jepang akhirnya membebaskan para tokoh bangsa yang diasingkan atau dipenjara Belanda dan menjadikan tokoh-tokoh tadi sebagai pemimpin organisasi bentukan Jepang. Contohnya adalah Soekarno, Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansyur yang dijadikan pimpinan organisasi Pusat Tenaga Rakyat atau PUTERA.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved