Roboguru

Perhatikan pernyataan dibawah ini! Anti imperialisme Anti kolonialisme Chauvinisme Pro-perdamaian Primordialisme Berdasarkan pernyataan tersebut, tujuan nasionalisme Bung Karno mengarah pada gagasan nation character building adalah...

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan dibawah ini!

  1. Anti imperialisme
  2. Anti kolonialisme
  3. Chauvinisme
  4. Pro-perdamaian
  5. Primordialisme

Berdasarkan pernyataan tersebut, tujuan nasionalisme Bung Karno mengarah pada gagasan nation character building adalah...

  1. 1,2, dan 3

  2. 1, 2, dan 4

  3. 1, 3, dan 4

  4. 2, 3, dan 4

  5. 3, 4, dan 5

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Gagasan Sukarno tentang Nation Character Building pertama kali di cetuskan tahun 1957. Dari tahun 1957-1965 adalah masa Sukarno menggunakan terminologi nation character building.  Gagasan Sukarno yang mengemukakan tentang nation character building (NCB) tidak terlepas dari upaya membangun karakter bangsa Indonesia. Karena karakter politik nasionalisme yang digagas Soekarno mengarah pada (nation character building), maka Sukarno menekanakan pada sikap anti imperialisme, anti kolonialisme dan pro-perdamaian.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan Peran Soekarno dalam perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia ...

Pembahasan Soal:

Setelah peristiwa Rengasdengklok, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta untuk menyusun teks proklamasi. Bersama dengan Ahmad Soebarjo, Soekarno dan Hatta menyusun teks proklamsi di rumah Laksamana Tadashi Maeda. Setelah tersusun naskah tersebut di ketik oleh Sayuti Melik dengan beberapa perubahan kata-kata.

Berikut adalah suntingan dari Sayuti Melik : : “tempoh” menjadi “tempo”; kalimat “wakil-wakil bangsa Indonesia” diganti “Atas nama Bangsa Indonesia” dengan menambahkan nama “Soekarno-Hatta”; serta “Djakarta, 17-8-05” menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05. Angka tahun ’05 adalah singkatan dari 2605 tahun showa Jepang, yang sama dengan tahun 1945.

Dengan demikian, peran Soekarno dalam perumusan teks proklamasi adalah menyusun teks proklamasi dengan Hatta dan Ahmad Soebarjo serta membacakan teks proklamasi.

0

Roboguru

Ir. Sukarno (uraikan secara singkat tempat lahir, sekolah, organisasi politiknya, perjuangannya untuk kemerdekaan Indonesia).

Pembahasan Soal:

Ir. Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia, sekaligus tokoh proklamator negara ini. Soekarno akrab dipanggil dengan julukan Bung Karno. Bung Karno juga dikenal sebagai Putra Sang Fajar karena lahir saat fajar menyingsing. Bung Karno lahir di Surabaya, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Soekarno awalnya diberi nama Koesno Sosrodihardjo. Karena sering sakit, namanya diganti menjadi Soekarno. 
Soekarno merupakan putra dari Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Ibunda Bung Karno merupakan bangsawan Bali. Kedua orang tua Soekarno bertemu saat sang ayah menjadi guru di Bali. Sekolah pertama Ir. Soekarno adalah di Tulungagung, mengikuti kakeknya. Kemudian pindah ke Mojokerto karena kepindahan orangtuanya. Pada Juni 191, Soekarno dipindahkan ke Eerste Inlandse School, sebelum akhirnya bersekolah di Europeesche Lagere School (ELS). Selama di Surabaya, Bung Karno tinggal di kediaman Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Setelah tamat, Bung karno melanjutkan pendidikan di HBS (Hoogere Burger School). Lulus tahun 1920, Soekarno melanjutkan pendidikan di THS (Technische Hoogeschool) di Bandung. THS ini merupakan cikal bakal Institut Teknologi Bandung. Soekarno lulus pada 25 Mei 1926 dan mendapat gelar "Ir". 
Setelah lulus, Soekarno mendirikan Biro Insinyur bersama dengan Ir. Anwari tahun 1926. Selama di Bandung, Bung Karno aktif dalam banyak organisasi beberapa diantaranya adalah. Partai Nasional Indonesia (PNI) yang beliau dirikan pada 4 Juli 1927. PNI adalah partai yang bertujuan untuk memerdekakan bangsa Indonesia. Karena tujuan inilah Soekarno di penjara pada 29 Desember 1929 di penjara Sukamiskin. Bung Karno kemudian berulang kali dipenjara karena beliau tetap teguh memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Soekarno juga mengemukakan dasar negara, Pancasila, pada sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), 1 Juni 1945. Dasar ini kemudian menjadi dasar negara Indonesia. Setelah pembubaran BPUPKI, Soekarno menjadi ketua PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Kiprah Bung Karno tidak berhenti di lingkup negara Indonesia saja. Bung Karno tercatat berusaha menghimpun bangsa-bangsa untuk membuat Gerakan Non Blok. Gerakan ini beranggotakan bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Gerakan ini merupakan hasil dari Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 1955 di Bandung.

Dengan demikian, Ir. Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Ia merupakan lulusan dari Europeesche Lagere School (ELS), HBS (Hoogere Burger School), dan THS (Technische Hoogeschool) yang kemudian mendapat gelar "Ir". Beberapa organisasi politik yang diikuti adalah: Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 4 Juli 1927, menjadi salah satu pengusul dasar negara dalam BPUPKI, ketua PPKI, serta Gerakan Non Blok yang diinisiasi KAA pada 1955 di Bandung.

 

0

Roboguru

Sebutkan 5 Tokoh Pejuang dan apa perannya dalam Mempertahankan Integrasi Bangsa?

Pembahasan Soal:

Peran Soekarno:

Bung Karno merupakan sosok yang vokal menentang kesewenang-wenangan penjajah. Setelah ditahan karena dituduh hendak menggulingkan kekuasaan Hindia Belanda, Soekarno dengan lantang membacakan pidato pembelaan yang ia beri judul “Indonesia Menggugat” pada 1930.

Peran Abdul Haris Nasution:

Peran Jenderal Abdul Haris Nasution adalah berjuang mempertahankan kemerdekaan bersama Divisi Siliwangi dan dengan memberantas pemberontakan KI di Madiun pada tahun 1948.

Peran Moh. Hatta:

Peran Bung Hatta Makin moncer dalam memperjuangkan Indonesia di konferensi meja bundar, lantaran Belanda masih enggan mengakui kedaulatan Indonesia. 

Belanda masih berupaya merebut Indonesia lewat agresi militer hingga perjanjian internasional. Beruntungnya, Indonesia memiliki sosok Bung Hatta.  

Berbekal tekad dan kemampuannya, Moh. Hatta berhasil mendesak Belanda dan mengambil simpatik dunia pada Konferensi Meja Bundar. Akhirnya, Indonesia pun mendapat pengakuan dari Belanda dan dunia.

Peran Sri Sultan Hamengkubuwono: 
Sultan Hamengku Buwono IX berhasil membantu Republik Indonesia untuk memindah ibukota ke Yogyakarta untuk menghindari konflik dengan Belanda di Jakarta. Selain memindahkan ibu kota, Sultan memberikan berbagai fasilitas dan hartanya untuk berkorban mempertahankan Republik Indonesia

Peran Frans Kaisepo:

Frans Kaisiepo juga berperan dalam pendirian Partai Indonesia Merdeka (PIM) pada tanggal 10 Mei 1946. Pada tahun 1948 ikut berperan dalam merancang pemberontakan rakyat Biak untuk melawan pemerintah kolonial Belanda

 

dengan demikian Jenderal Abdul Haris Nasution adalah berjuang mempertahankan kemerdekaan bersama Divisi Siliwangi dan dengan memberantas pemberontakan KI di Madiun pada tahun 1948,  Bung Hatta berperan dalam memperjuangkan Indonesia di konferensi meja bundar, Sultan Hamengku Buwono IX berhasil membantu Republik Indonesia untuk memindah ibukota ke Yogyakarta, Frans Kaisiepo juga berperan dalam pendirian Partai Indonesia Merdeka (PIM) pada tanggal 10 Mei 1946. Pada tahun 1948 ikut berperan dalam merancang pemberontakan rakyat Biak untuk melawan pemerintah kolonial Belanda

0

Roboguru

Bukti bahwa Ir. Soekarno patut disebut sebagai tokoh integrasi nasional adalah....

Pembahasan Soal:

Ir. Soekarno merupakan seorang tokoh integrasi nasional karena peran beliau dalam menggagas Pancasila. Pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan gagasannya yang kemudian disebut sebagai Pancasila. Salah satu poin yang terkandung dalam Pancasila berisi mengenai persatuan Indonesia tujuannya adalah agar integrasi nasional Indonesia tetap terjaga. Pancasila ini kemudian dijadikan sebagai dasar dari negara Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! Dikenal sebagai bapak pembangunan Indonesia Memperkenalkan Indonesia melalui pembangunan politik Mercusuar Berusaha mempersatukan Papua dengan Indonesia melalu...

Pembahasan Soal:

Dari pernyataan di atas yang merupakan bagian dari perjuangan Ir. Soekarno untuk bangsa Indonesia adalah:

  1. Memperkenalkan Indonesia melalui pembangunan politik Mercusuar. Pada masa Demokrasi Terpimpin Soekarno melakukan politik Mescusuar yaitu pembangunan besar-besaran untuk membuktikan bahwa Indonesia adalah negara besar dan tidak dipandang sebelah mata oleh negara lain
  2. Berusaha mempersatukan Papua dengan Indonesia melalui Operasi Trikora. Salah satu perjuangan Soekarno dalam merebut Papua kepangkuan Republik Indonesia adalah Operasi Militer yang dicetuskan oleh Soekarno yang dikenal dengan Operasi Trikora
  3. Mendirikan Partai Nasional Indonesia. Pada masa pergerakan nasional, Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia yang bertujuan untuk mempersatukan cita-cita kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved