Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan di bawah ini! Memasuki abad ke-13 Masehi, kebudayaan Islam mulai berkembang di Kepulauan Indonesia. Masuknya agama Islam ke Indonesia telah dimulai sejak abad ke 7 Masehi melalui kedatangan para musafir dan pedagang Arab ke Kota Barus, Tapanuli Selatan. Namun, Islam di Indonesia baru benar-benar berkembang pada abad 13 Masehi dengan diawali kemunculan Kesultanan Samudera Pasai di wilayah Pantai Barat Sumatera. Setelahnya, kesultanan-kesultanan Islam semakin tumbuh menjamur di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Demak yang berdiri di Pesisir Utara Jawa Tengah pada 1475; Ternate dan Tidore yang berdiri di Kepulauan Maluku; Aceh Darusallam yang berdiri pada 1496 di Pesisir Utara Sumatera; Cirebon yang berdiri pada 1479 di Pesisir Utara Jawa Barat; hingga Gowa-Tallo yang berdiri di Pesisir Sulawesi Selatan. Berdasarkan informasi di atas, secara umum kesultanan-kesultanan Islam di Indonesia terletak di daerah pesisir. Hal ini dipengaruhi oleh ….

Perhatikan pernyataan di bawah ini!

Memasuki abad ke-13 Masehi, kebudayaan Islam mulai berkembang di Kepulauan Indonesia. Masuknya agama Islam ke Indonesia telah dimulai sejak abad ke 7 Masehi melalui kedatangan para musafir dan pedagang Arab ke Kota Barus, Tapanuli Selatan. Namun, Islam di Indonesia baru benar-benar berkembang pada abad 13 Masehi dengan diawali kemunculan Kesultanan Samudera Pasai di wilayah Pantai Barat Sumatera. Setelahnya, kesultanan-kesultanan Islam semakin tumbuh menjamur di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Demak yang berdiri di Pesisir Utara Jawa Tengah pada 1475; Ternate dan Tidore yang berdiri di Kepulauan Maluku; Aceh Darusallam yang berdiri pada 1496 di Pesisir Utara Sumatera; Cirebon yang berdiri pada 1479 di Pesisir Utara Jawa Barat; hingga Gowa-Tallo yang berdiri di Pesisir Sulawesi Selatan.

Berdasarkan informasi di atas, secara umum kesultanan-kesultanan Islam di Indonesia terletak di daerah pesisir. Hal ini dipengaruhi oleh ….space 

  1. sistem kepercayaan kesultanan-kesultanan Islamspace 

  2. budaya perdagangan laut dalam ajaran agama Islamspace 

  3. interaksi perdagangan dan pelayaran dengan berbagai bangsaspace 

  4. kebutuhan kesultanan-kesultanan Islam terhadap sumber daya di lautspace 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Masa Kesultanan Islam di Indonesia berlangsung antara abad 13 Masehi hingga abad 16 Masehi. Munculnya kesultanan-kesultanan Islam di Indonesia dipengaruhi oleh maraknya interaksi antara bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa asing, terutama dari Arab, Persia, India, dan Tiongkok dalam bidang perdagangan dan pelayaran. Para pedagang asing yang sudah menganut Islam tersebut, menjalin interaksi dan menyebarkan ajaran Islam ke penduduk Indonesia. Pengaruh interaksi dagang dan pelayaran tersebut, menjadikan seluruh kesultanan Islam di Indonesia muncul di daerah pesisir pantai yang dilalui jalur perdagangan internasional. Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah C .

Masa Kesultanan Islam di Indonesia berlangsung antara abad 13 Masehi hingga abad 16 Masehi. Munculnya kesultanan-kesultanan Islam di Indonesia dipengaruhi oleh maraknya interaksi antara bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa asing, terutama dari Arab, Persia, India, dan Tiongkok dalam bidang perdagangan dan pelayaran. Para pedagang asing yang sudah menganut Islam tersebut, menjalin interaksi dan menyebarkan ajaran Islam ke penduduk Indonesia. Pengaruh interaksi dagang dan pelayaran tersebut, menjadikan seluruh kesultanan Islam di Indonesia muncul di daerah pesisir pantai yang dilalui jalur perdagangan internasional.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah C.space 

Konsep Kilat

Kehidupan Masa Praaksara

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

64

Firman

Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Majunya perekonomian Kesultanan Samudera Pasai disebabkan oleh faktor seperti ….

471

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia