Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini: 1) Fotolisis ...

Perhatikan pernyataan di bawah ini:

1) Fotolisis

2) Oksigen dilepaskan

3) Energi ditangkap klorofil

4) Cahaya mengenai klorofil

5) Terbentuk NADPH2

Urutan dari reaksi terang fotosintesis adalah ....

  1. 4 - 3 - 1 - 2 - 5

  2. 4 - 1 - 3 - 2 - 5

  3. 3 - 4 - 5 - 2 - 1

  4. 2 - 3 - 4 - 5 - 1

  5. 1 - 3 - 5 - 2 - 4

Jawaban:

Fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat (glukosa) dari materi anorganik dengan bantuan cahaya matahari. Fotosintesis terjadi di kloroplas, dan terjadi dalam 2 tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Tahapan pertama fotosintesis disebut reaksi terang karena memerlukan cahaya matahari sebagai energi penggeraknya. Berikut adalah tahapan (aliran energi) dari reaksi terang:

  1. Cahaya matahari akan ditangkap oleh klorofil dalam fotosistem II sehingga elektron di pusat fotosistem naik ke tingkat energi yang lebih tinggi dan ditangkap oleh akseptor primer.
  2. Elektron yang telah naik menyebabkan pusat fotosistem II kekurangan elektron, untuk mengisi kekosongan tersebut suatu enzim akan memecah H2O (fotolisis) menjadi 2 molekul H+ dan 1 molekul O- dan mendonorkan elektronnya pada pusat fotosistem II. Dua molekul O- akan bersatu dan akhirnya berubah menjadi O2 yang akan dilepaskan tumbuhan.
  3. Elektron dari fotosistem II yang naik dan ditangkap akseptor primer tadi akan dialirkan menuju sederetan protein yang yang akan mengantarkan elektron tersebut kembali ke tingkat energi semula.
  4. Disamping itu, elektron pada fotosistem I juga telah tereksitasi ke tingkat energi yang lebih tinggi karena menangkap energi cahaya matahari.
  5. Sedangkan elektron dari fotosistem I yang naik akan ditangkap oleh akseptor primer kemudian diteruskan menuju Fd (feredoksin), yang menjadi perantara sebelum elektron tersebut menuju enzim NADP+ reduktase. Enzim tersebut akan menggunakan elektron untuk reaksi reduksi membentuk NADPH.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan urutan reaksi terang fotosintesis yaitu A. 4-3-1-2-5.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved