Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! Sejak tercatat sebagai anggota Tentara Keamanan Rakyat pada 1945, ia terlibat dalam berbagai peristiwa bersejarah yang menegaskan bahwa ia adalah loyalis Republik. Karir militernya menanjak ketika berusia 30 tahun. Ia ditunjuk sebagai panglima untuk memimpin penumpasan pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), menyelesaikan pemberontakan Andi Azis, dan melawan pemberontakan Kahar Muzakkar. Namun, memasuki tahun 1958, ia justru bergabung dengan Perjuangan Semesta (Permesta) dan ditunjuk sebagai Panglima Besar Angkatan Perang Revolusioner Permesta. Alhasil, beliau dijatuhi tuduhan terlibat dalam pemberontakan dan pangkatnya diturunkan menjadi kolonel purnawirawan. Diadaptasi dari historia.idpada 13 Agustus 2020 Berdasarkan informasi di atas, tokoh yang dimaksud adalah ….

Perhatikan pernyataan berikut!

     Sejak tercatat sebagai anggota Tentara Keamanan Rakyat pada 1945, ia terlibat dalam berbagai peristiwa bersejarah yang menegaskan bahwa ia adalah loyalis Republik. Karir militernya menanjak ketika berusia 30 tahun. Ia ditunjuk sebagai panglima untuk memimpin penumpasan pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), menyelesaikan pemberontakan Andi Azis, dan melawan pemberontakan Kahar Muzakkar. Namun, memasuki tahun 1958, ia justru bergabung dengan Perjuangan Semesta (Permesta) dan ditunjuk sebagai Panglima Besar Angkatan Perang Revolusioner Permesta. Alhasil, beliau dijatuhi tuduhan terlibat dalam pemberontakan dan pangkatnya diturunkan menjadi kolonel purnawirawan.

Diadaptasi dari historia.id pada 13 Agustus 2020

Berdasarkan informasi di atas, tokoh yang dimaksud adalah …. 

  1. Soehartoundefined 

  2. Abdul Haris Nasutionundefined 

  3. Sarwo Edhie Wibowoundefined 

  4. Alex Evert Kawilarangundefined 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Alex Evert Kawilarang merupakan salah satu tokoh TNI paling berpengaruh bagi Republik Indonesia, mengawali karir militer sebagai anggota KNIL, Alex kemudian bergabung sebagai anggota TKR untuk mempertahankan Republik Indonesia. Setelah TKR, kemudian ia bergabung dalam TNI Divisi Siliwangi. Karirnya semakin memuncak kala Alex dipercaya menjadi Panglima Ekspedisi ke Indonesia Timur untuk memadamkan beberapa pemberontakan yang terjadi pada 1950-an. Namun, pada 1958 Alex justru berubah haluan untuk mendukung gerakan pemberontakan Perjuangan Semesta (Permesta) di Sulawesi. Peristiwa ini membuat nama Alex Kawilarang menjadi buruk sekaligus mengakhiri karir militernya di TNI. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D .

Alex Evert Kawilarang merupakan salah satu tokoh TNI paling berpengaruh bagi Republik Indonesia, mengawali karir militer sebagai anggota KNIL, Alex kemudian bergabung sebagai anggota TKR untuk mempertahankan Republik Indonesia. Setelah TKR, kemudian ia bergabung dalam TNI Divisi Siliwangi. Karirnya semakin memuncak kala Alex dipercaya menjadi Panglima Ekspedisi ke Indonesia Timur untuk memadamkan beberapa pemberontakan yang terjadi pada 1950-an. Namun, pada 1958 Alex justru berubah haluan untuk mendukung gerakan pemberontakan Perjuangan Semesta (Permesta) di Sulawesi. Peristiwa ini membuat nama Alex Kawilarang menjadi buruk sekaligus mengakhiri karir militernya di TNI. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Konsep Kilat

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Upaya Mempertahankan Kemerdekaan

Ancaman Disintegrasi Bangsa

Tokoh Masa Awal Kemerdekaan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

27

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemberontakan Republik Maluku Selatan harus diselesaikan melalui sebuah operasi militer. Hingga pada akhirnya petinggi RMS, yaitu Christian Soumokil ditangkap dan dihukum mati. Namun, hingga hari ini ...

80

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia