Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah narasi berikut ini!

Kerusakan Lapisan Ozon

Ozon dapat terbentuk melalui radiasi sinar ultraviolet darl pancaran sinar radiasi matahari. Sinar ultraviolet dari pancaran sinar matahari akan menguraikan gas oksigen di udara bebas menjadi dua atom oksigen. Atom oksigen ini akan bertumbukan dengan oksigen dan kemudian terbentuk ozon, yang dapat dijelaskan mel lui reaksi: O subscript 2 and O yields O subscript 3.

Pada kondisi normal tanpa bahan perusak ozon, reaksi pembentukan dan penguraian ozon di stratosfer terjadi dalam keadaan setimbang. Reaksi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

Sinar space U V and O subscript 3 yields O subscript 2 and O O subscript 3 yields O subscript 2 and O space space space space space space space space space space space space space space left parenthesis 1 right parenthesis

Ozon yang berada di stratosfer akan membentuk lapisan yang disebut lapisan ozon. Kehadiran zat-zat perusak ozon Chloroflourocarbon (Freon) merupakan penyebab utama terjadinya kerusakan ozon. Freon akan menyerap radiasi berenergi tinggi dan meghasilkan atom Cl yang akan mengurangi konsentrasi ozon di udara dengan menguraikan gas ozon menjadi oksigen dan atom radikal oksigen. Reaksi yang mungkin terjadi:

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell O subscript 3 and Cl end cell rightwards arrow cell O subscript 2 and Cl O space space space increment H equals minus sign 120 space kJ end cell row cell Cl O and O end cell rightwards arrow cell O subscript 2 and Cl space space space space space increment H equals minus sign 270 space kJ end cell end table

Perhatikan pernyataan berikut! Reaksi pembentukan ozon termasuk reaksi eksoterm Energi aktivasi dari reaksi pembentukan ozon adalah x Perubahan entalpi reaksi △ H reaksi ​ < 0 △ H reaksi ​ pembentukan ozon adalah y Berdasarkan diagram laju reaksi pembentukan ozon...

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Reaksi pembentukan ozon termasuk reaksi eksoterm
  2. Energi aktivasi dari reaksi pembentukan ozon adalah x
  3. Perubahan entalpi reaksi < 0
  4. pembentukan ozon adalah y

Berdasarkan diagram laju reaksi pembentukan ozon ...space

  1. 1, 2, dan 3 benar

  2. 1 dan 3 benar

  3. 2 dan 4

  4. 4 saja

  5. semua jawaban benar

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan yang benar adalah 4 saja.

pernyataan yang benar adalah 4 saja.

Iklan

Pembahasan

Jadi, jawaban yang benar adalah D. Berikut ini grafik laju reaksi pembentukan ozon: Berdasarkan grafik laju reaksi tersebut diperoleh informasi : titik awal merupakankeadaan awal (reaktan) = H 0 ​ titik akhir merupakan keadaan akhir (produk) = H 1 ​ puncak grafikadalah keadaan transisi Perubahan entalpi reaksi ( △ H ) merupakan selisih energi produk ( H 1 ​ ) dengan energi reaktan ( H 0 ​ ) sehingga △ H = H 1 ​ − H 0 ​ .Selisih ini digambarkan sebagai jarak x.Besarnya H 1 ​ &gt; H 0 ​ maka △ H akan bernilai positif.Apabila △ H bernilai positif, maka reaksi berlangsung endoterm (memerlukan kalor). Energi aktivasi merupakan energi yang diperlukan untuk mencapai keadaan transisi, dalam grafik energi ini digambarkan sebagai jaraky. Maka berdasarkan pernyataan pada soal: Reaksi pembentukan ozon termasuk reaksi eksoterm adalah salah karena reaksi termasuk reaksi endoterm. Energi aktivasi dari reaksi pembentukan ozon adalah x adalah salah karena energi aktivasi dilambangkan oleh y. Perubahan entalpi reaksi △ H reaksi ​ &lt; 0 adalah salah karena △ H bernilai positif. △ H reaksi ​ pembentukan ozon adalah x adalah benar karena x merupakan △ H = H 1 ​ − H 0 ​ . Jadi, pernyataan yang benar adalah 4 saja.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Berikut ini grafik laju reaksi pembentukan ozon:

Berdasarkan grafik laju reaksi tersebut diperoleh informasi :

  • titik awal merupakan keadaan awal (reaktan) =
  • titik akhir merupakan keadaan akhir (produk) =
  • puncak grafik adalah keadaan transisi

Perubahan entalpi reaksi () merupakan selisih energi produk () dengan energi reaktan () sehingga . Selisih ini digambarkan sebagai jarak x. Besarnya > maka  akan bernilai positif. Apabila  bernilai positif, maka reaksi berlangsung endoterm (memerlukan kalor). Energi aktivasi merupakan energi yang diperlukan untuk mencapai keadaan transisi, dalam grafik energi ini digambarkan sebagai jarak y.

Maka berdasarkan pernyataan pada soal:

  1. Reaksi pembentukan ozon termasuk reaksi eksoterm adalah salah karena reaksi termasuk reaksi endoterm.
  2. Energi aktivasi dari reaksi pembentukan ozon adalah x adalah salah karena energi aktivasi dilambangkan oleh y.
  3. Perubahan entalpi reaksi < 0 adalah salah karena  bernilai positif.
  4. pembentukan ozon adalah x adalah benar karena x merupakan .

Jadi, pernyataan yang benar adalah 4 saja.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diagram energi suatu reaksi sebagai berikut. Pernyataan yang benar berdasarkan kurva tersebutadalah …

7

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia