Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Pengendalian laju pertumbuhan penduduk. Pengembangan kemampuan ilmu dan teknologi. Menambah ruang terbuka hijau. Peningkatan status gizi masyarakat. Upaya perbaikan daya dukung wilayah dari aspek sumber daya manusia ditunjuk- kan oleh pernyataan nomor ....

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Pengendalian laju pertumbuhan penduduk.
  2. Pengembangan kemampuan ilmu dan teknologi.
  3. Menambah ruang terbuka hijau.
  4. Peningkatan status gizi masyarakat.

Upaya perbaikan daya dukung wilayah dari aspek sumber daya manusia ditunjuk- kan oleh pernyataan nomor ....  

  1. 1 dan 2  

  2. 1 dan 3  

  3. 1 dan 4  

  4. 2 dan 4  

  5. 3 dan 4  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Daya dukung wilayah merupakan suatu alat perencanaan dalam pembangunan yang memberikan gambaran hubungan antara penduduk, penggunaan lahan dan lingkungan. Menurut tujuan kepentingannya, daya dukung wilayah dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga), antara lain: untuk kepentingan sumberdaya alami, untuk kepentingan pengembangan wilayah, dan untuk pemenuhan kebutuhan manusia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer4

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Alasan pentingnya belajar tentang wilayah bagi masyarakat umum adalah untuk ….

Pembahasan Soal:

Salah satu manfaat belajar tentang wilayah bagi masyarakat umum adalah untuk mengetahui berbagai wilayah beserta karakteristik dan risikonya. Hal ini dapat digunakan untuk memilih lokasi tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk dihuni. Lokasi tempat tinggal yang aman dan nyaman ini ditentukan oleh karakteristik wilayah tempatnya berada. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan D.

0

Roboguru

Rencana Tata Ruang Kota (RTRK) telah dimiliki oleh Kota Manado. Akan tetapi implementasi RTRK di Kota Manado kurang berjalan baik. Kawasan yang diperuntukkan secara komersial menyebar di sepanjang jal...

Pembahasan Soal:

Berbagai bentuk perencanaan tata ruang yang seharusnya telah ada di setiap daerah pada kenyataannya masih belum dapat terealisasikan dengan baik. Seperti kasus implementasi RTRK di Kota Manado kurang berjalan baik. Kawasan yang diperuntukkan secara komersial menyebar di sepanjang jalan utama Kota Manado sehingga sering menimbulkan kemacetan. Permasalahan tersebut dapat terjadi dikarenakan lemahnya pemanfaatan dan pengendaliam ruang belum efektif. Akibatnya, proses penataan ruang dalam pemanfaatan dan pengendaliannya tidak dapat berjalan dengan baik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Average daily traffic volume dapat digunakan dalam menentukan ...

Pembahasan Soal:

Dalam penataan struktur ruang/tata ruang pembangunan jalan dapat menggunakan data dari rata-rata volume lalu lintas harian atau Average daily traffic volume. Hal ini menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan perencanaan tata ruang pada bidang transportasi. Pemilihan kawasan pelebaran jalan maupun kawasan yang harus dibuat jalur/akses baru dapat ditentukan dengan melihat data Average daily traffic volume tersebut. Sebagai contoh, volume kendaraan di Kawasan Puncak semakin lama semakin bertambah, sehingga perlu dibuat penataan ruang berupa pembuatan jalur/akses baru dengan dibuatnya jalur puncak 2. Hal ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan kemacetan pada Kawasan Puncak yang sudah menjadi rutinitas tiap akhir pekan. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Bagaimana cara menyusun peta rencana tata ruang wilayah?

Pembahasan Soal:

Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang bahwa proses penyusunan Peta rencana tata ruang diawali dengan ketersediaan Peta Dasar, oleh karena itu setiap jenis Peta harus memiliki Ketelitian Peta yang pasti sesuai karakteristiknya. Peta Dasar dengan segala karakteristik ketelitiannya, menjadi dasar bagi pembuatan Peta rencana tata ruang wilayah. Selanjutnya Peta rencana tata ruang itu digunakan sebagai media penggambaran Peta Tematik. Peta Tematik menjadi bahan analisis dan proses síntesis penuangan rencana tata ruang wilayah dalam bentuk Peta bagi penyusunan rencana tata ruang.
Oleh karena ruang wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi ruang daratan, ruang lautan, dan ruang udara yang terbagi dalam wilayah daerah propinsi, wilayah daerah kabupaten/kota, maka masing-masing rencana tata ruang wilayah tersebut secara berurutan digambarkan dalam Peta Wilayah Negara Indonesia, Peta Wilayah provinsi, Peta Wilayah kabupaten, dan Peta Wilayah kota. Peta Wilayah tersebut diturunkan dari Peta Dasar sedemikian rupa sehingga hanya memuat unsur rupa bumi yang diperlukan dari Peta Dasar, dengan maksud agar Peta Wilayah tersebut tetap memiliki karakteristik ketelitian georeferensinya. Penggambaran rencana tata ruang wilayah pada Peta Wilayah tersebut berwujud Peta rencana tata ruang wilayah. Sesuai dengan ruang lingkup pengaturannya, Peraturan Pemerintah ini hanya mengatur tentang ketelitian Peta rencana tata ruang dan turunannya.
Peta rencana tata ruang wilayah nasional ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah, sedangkan rencana tata ruang wilayah daerah propinsi, rencana tata ruang wilayah daerah kabupaten, serta rencana tata ruang wilayah daerah kota ditetapkan dengan peraturan daerah masing-masing. Oleh karena rencana tata ruang wilayah tersebut berkekuatan hukum, maka Peta rencana tata ruang wilayah sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan rencana tata ruang wilayah harus mengandung tingkat ketelitian yang sesuai dengan Skala penggambarannya.

2

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ! Keterangan: I    : Lapangan II   : Rumah penduduk III  : Jalan IV  : Waduk V   : Pepohonan Wilayah yang diperuntukkan sebagai kawasan industri dapat menjadi pusat pe...

Pembahasan Soal:

Kegiatan industri merupakan kegiatan yang dapat mendorong aktivitas ekonomi di daerah sekitarnya. Namun, kawasan industri tidak dapat ditentukan secara sembarangan sebab harus mempertimbangkan faktor ketersediaan tenaga kerja, bahan baku, aksesibilitas, dan lain-lain. Lokasi yang paling tepat untuk kegiatan industri pada gambar di atas adalah lapangan, yang ditunjukkan oleh angka 1. Lapangan ini merupakan lahan yang tepat karena kosong sehingga dapat lebih mudah untuk membangun kegiatan industri di sana. Selain itu, lokasi ini juga strategis karena berada di dekat permukiman penduduk sebagai sumber dari tenaga kerja, dekat dengan jalan utama, serta dekat dengan bahan baku (waduk dan hutan).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved