Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ! Nilai-nilai budaya barat semakin populer di kalangan remaja. Kenakalan remaja dan perilaku menyimpang semakin marak terjadi. Tingginya tingkat pengangguran mengakibatkan kemiskinan. Kereta datang terlambat mengakibatkan penumpang menumpuk di stasiun Bekasi. Terjadi kemacetan di sepanjang ruas jalan tol karena sedang perbaikan jalan.   Objek kajian sosiologi di tunjukkan oleh nomor ....

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut !

  1. Nilai-nilai budaya barat semakin populer di kalangan remaja.
  2. Kenakalan remaja dan perilaku menyimpang semakin marak terjadi.
  3. Tingginya tingkat pengangguran mengakibatkan kemiskinan.
  4. Kereta datang terlambat mengakibatkan penumpang menumpuk di stasiun Bekasi.
  5. Terjadi kemacetan di sepanjang ruas jalan tol karena sedang perbaikan jalan.
     

Objek kajian sosiologi di tunjukkan oleh nomor ....

  1. 2, 4, dan 5

  2. 1, 2, dan 3

  3. 3, 4, dan 5

  4. 1, 4, dan 5

  5. 2, 3, dan 4

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah pernyataan yang menunjukkan objek studi sosiologi.

Objek studi sosiologi dapat dilihat dari segi material dan segi formalnya. Secara material objek studi sosiologi adalah manusia secara individu dan sebagai bagian dari kelompok sosial. Sedangkan secara formal, objek studi sosiologi adalah manusia sebagai perwujudan hubungan sosial antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan sosial dalam masyarakat sehingga mebentuk struktur sosial. Pernyataan yang termasuk objek studi sosiologi adalah :

  1. Nilai-nilai budaya barat semakin populer di kalangan remaja. (Pernyataan ini termasuk dalam bahasan topik perubahan sosial)
  2. Kenakalan remaja dan perilaku menyimpang semakin marak terjadi. (Pernyataan ini termasuk dalam bahasan topik  perilaku menyimpang)
  3. Tingginya tingkat pengangguran mengakibatkan kemiskinan. (Pernyataan ini termasuk dalam bahasan topik masalah sosial)

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kajian sosiologi secara ilmiah didasarkan pada pengamatan yang cermat terhadap...

Pembahasan Soal:

Sebagai ilmu, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri di mana objeknya adalah masyarakat. Adapun yang menjadi objek kajian sosiologi yaitu :undefined 

  1. Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.undefined 
  2. Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini! Perilaku menyimpang Metabolisme. Masyarakat. Nilai dan norma. Patriotisme. Manakah pernyataan-pernyataan di atas yang merupakan konsep-konsep dalam sosiolog...

Pembahasan Soal:

Poin soal menanyakan tentang konsep-konsep dalam sosiologi. Sosiologi merupakan ilmu sosial dengan objek kajian masyarakat yang mempelajari hubungan antarmanusia di dalam kelompok secara menyeluruh.

Secara umum konsep yang ada dalam sosiologi dinamakan realitas sosial yang meliputi:

  1. Masyarakat, masyarakat adalah kumpulan orang-orang yang hidup di suatu wilayah tertentu dan membina kehidupan bersama dalam berbagai aspek kehidupan atas dasar norma sosial tertentu.
  2. Interaksi sosial, interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dan individu, antara individu dan kelompok individu, dan hubungan timbal balik antara kelompok individu dengan kelompok individu yang lain.
  3. Sosialisasi, sosialisasi merupakan suatu proses pergaulan seseorang terhadap banyak orang di dalam masyarakat dan berlangsung pada setiap orang seumur hidupnya mulai dari lahir hingga meninggalnya.
  4. Nilai dan norma, nilai adalah segala sesuatu yang dianggap baik dan benar oleh suatu kelompok masyarakat dan digunakan sebagai pedoman tingkah laku. Sedangkan norma merupakan perwujudan konkret dari nilai sosial, dan dibuat agar warga masyarakat melaksanakan nilai-nilai yang ada. Oleh karena itu, dalam norma terdapat sanksi-sanksi bagi pelanggarnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Roboguru

Objek sosiologi yang menjelaskan tentang gejala-gejala kehidupan sosial dan proses hubungan antar manusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri merupakan objek sosiologi ....

Pembahasan Soal:

Obyek kajian material adalah suatu materi yang memengaruhi kehidupan sosial. Obyek material dalam sosiologi berupa suatu materi yang ada dan terlihat dapat berupa benda maupun gagasan yang memengaruhi kehidupan dan interaksi sosial. Jadi jawabannya adalah Objek sosiologi material.

Roboguru

Sebagai suatu ilmu pengetahuan, sosiologi memiliki perbedaan dengan disiplin ilmu lain. Perbedaan tersebut terletak pada ....

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan perbedaan sosiologi dengan disiplin ilmu lain. Sosiologi dan ilmu yang lainnya memiliki perbedaan dalam proses kajiannya. Dan yang menjadi pembeda tersebut adalah objek kajiannya, seperti: ilmu sosiologi fokus objek kajiannya adalah aktifitas masyarakat, sedangkan ilmu psikologi fokus objek kajiannya adalah aktivitas individu tanpa pengaruhnya di masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  space space space 

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Rusaknya infrastruktur akibat bencana alam (2) Persebaran penduduk ke dalam kelas-kelas sosial (3) Perkembangan teknologi baru yang tepat guna (4) Kedudukan sese...

Pembahasan Soal:

Terdapat dua objek kajian sosiologi yaitu objek formal dan objek material. Objek formal menekankan pada manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Artinya, objek formal sosiologi menekankan pada hubungan antar manusia dengan segala dinamikanya serta proses yang timbul di dalamnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Sedangkan, objek material sosiologi menakankan bukan pada manusianya tapi gejala-gejala sosial yang mempengaruhi proses kehidupan sosial masyarakat.

Dengan penjelasan seperti itu, bisa ditarik kesimpulan bahwa objek kajian sosiologi adalah manusia sebagai mahluk sosial (masyarakat) dan gejala-gejala sosial dalam masyarakat. Sehingga, opsi jawaban yang sesuai dengan objek kajian sosiologi adalah opsi D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved