Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Menumbuhkan sikap bangga terhadap budaya sendiri bukan yang lain' Sikap menerima perbedaan pendapat dalam suatu diskusi kelompok Tawuran suporter sepakbola karena perselisihan dalam pertandingan Memberikan ucapan selamat dan dukungan bagi teman berprestasi Menyadari adanya perbedaan identitas kelompok di masyarakat Yang termasuk perilaku sesuai dengan realitas majemuk adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Menumbuhkan sikap bangga terhadap budaya sendiri bukan yang lain'
  2. Sikap menerima perbedaan pendapat dalam suatu diskusi kelompok
  3. Tawuran suporter sepakbola karena perselisihan dalam pertandingan
  4. Memberikan ucapan selamat dan dukungan bagi teman berprestasi
  5. Menyadari adanya perbedaan identitas kelompok di masyarakat

Yang termasuk perilaku sesuai dengan realitas majemuk adalah .... 

  1. 1), 2), dan 3) 

  2. 1), 2), dan 4) 

  3. 1), 3), dan 5) 

  4. 2), 4), dan 5) 

  5. 3), 4), dan 5) 

Pembahasan Soal:

Dalam soal terdapat beberapa pernyataan yang berhubungan dengan realitas majemuk.

Masyarakat majemuk menitikberatkan pada keanekaragaman suku bangsa dan kebudayaannya. Sehingga diperlukan perilaku-perilaku baik untuk mengatasi realitas majemuk di masyarakat, perilaku tersebut diantaranya :

  • Sikap menerima perbedaan pendapat dalam suatu diskusi kelompok
  • Memberikan ucapan selamat dan dukungan bagi teman berprestasi
  • Menyadari adanya perbedaan identitas kelompok di masyarakat
  • Rasa toleransi yang tinggi terhadap keberagaman

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka point 2, 4 dan 5 adalah sikap yang baik dalam menghadapi realitas majemuk. Sedangkan poin 1 dan 3 adalah sikap yang harus dihindari karena dapat memicu terjadinya konflik.

Sehingga jawaban yang tepat adalah D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Tri

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Coercion dalam proses integrasi Indonesia adalah...

Pembahasan Soal:

Coercion dalam proses integrasi Indonesia adalah mekanisme penyelesaian masalah sesuai dengan keinginan penguasa (pilihan jawaban c). Coercion atau koersif dalam proses integrasi merupakan suatu keadaan keteraturan dan persatuan yang diciptakan karena adanya kekuatan dominan yang mengatur dan memaksa terwujudnya kondisi tersebut. Dalam hal ini, kekuatan dominan dipegang oleh golongan penguasa.

0

Roboguru

Namun, karena keragaman warga sekolah yang memiliki berbagai pandangan, muncullah perbedaan pendapat dalam pelaksanaan pensi. Perdebatan pun berujung pertengkaran. Akhirnya, bidang kesiswaan memberi u...

Pembahasan Soal:

Integrasi koersif merupakan bentuk integrasi yang cenderung memaksa masyarakat untuk patuh atau mengikuti aturan yang sudah ada. Ilustrasi di atas menjelaskan bahwa para siswa harus patuh bidang kesiswaan yang sudah memiliki aturan tegas jika pertengkaran tidak dihentikan maka acara pensi akan dibatalkan. Para siswa yang sebelumnya berkonflik, kemudian mau berdamai dan bersatu hal tersebut adalah contoh dari integrasi koersif. 

0

Roboguru

Kekacauan yang terjadi akibat adanya demonstrasi buruh mengakibatkan kondisi perekonomian terganggu. Lembaga yang bertugas untuk memelihara dan meningkatkan tertib hukum guna mewujudkan ketertiban, ke...

Pembahasan Soal:

Lembaga yang bertugas untuk memelihara dan meningkatkan tertib hukum guna mewujudkan ketertiban, keamanan, dan ketenteraman adalah kepolisian. Tugas kepolisian menjadi sangat vital dalam masyarakat sebab gejala-gejala sosial seperti demonstrasi buruh pada soal ini kadang kala berujung pada kerusuhan yang berdampak pada kondisi perekonomian yang terganggu. Oleh karena itu, penting bagi pihak kepolisian untuk mengawasi dan mengontrol jalannya aksi demonstrasi yang dilakukan buruh hingga selesai sebagai upaya menjaga ketertiban, keamanan, dan ketenteraman.

0

Roboguru

Petugas Satpol PP melakukan aksi penertiban kepada para pedagang kaki lima yang membuka dagangan di sepanjang trotoar yang dekat dengan pusat kota. Hal ini cukup meresahkan masyarakat, dampaknya terja...

Pembahasan Soal:

Integrasi koersif memiliki cara yang cukup berbeda dalam membentuk dan menjaga persatuan di masyarakat. Integrasi koersif adalah integrasi yang bersifat memaksa, terbentuk atas dasar kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa, dan cenderung menerapkan kekerasan. Hal tersebut sesuai dengan arti kata koersif itu sendiri yaitu menggunakan paksaan dan kekerasan. Selain itu, integrasi koersif ini juga berkaitan dengan salah satu bentuk akomodasi, yaitu koersi yang dalam prosesnya dilaksanakan dengan menggunakan tekanan sehingga salah satu pihak yang berinteraksi atau yang ditekan berada dalam posisi yang lemah dibandingkan dengan pihak lawan. Maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Contoh tersebut menunjukkan adanya upaya pemecahan konflik yaitu ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ilustrasi soal tersebut, pemecahan konflik yang dilakukan adalah dengan cara koersif. Pemecahan konflik secaa koersif adalah pemecahan konflik yang dilakukan secara paksa dan dengan kekerasan setelah adanya konflik.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved