Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! mencairnya es. menipisnya lapisan udara. punahnya berbagai jenis hewan. menipisnya ozon. Dampak perubahan iklim global di daerah kutub adalah nomor ....

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. mencairnya es.
  2. menipisnya lapisan udara.
  3. punahnya berbagai jenis hewan.
  4. menipisnya ozon.

Dampak perubahan iklim global di daerah kutub adalah nomor ....   

Iklan

T. Dirgantara

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah 1 dan 3.

jawaban yang tepat adalah 1 dan 3.space

Iklan

Pembahasan

Dampak perubahan iklim global di daerah kutub adalah sebagai berikut. Mencairnya Lapisan Es di Kutub Utara dan Selatan Meningkatnya suhu menyebabkan lapisan es di kutub meleleh. Jika ini terus terjadi maka permukaan air laut akan naik secara global. Masyarakat yang hidup di pesisir terancam oleh banjir rob, sedangkan pulau-pulau kecil bisa tenggelam. Kekeringan Naiknya suhu menyebabkan peningkatan penguapan air. Penguapan skala besar inilah yang menjadi penyebab utama kekeringan di banyak tempat. Akibat penguapan, banyak sumber mata air yang kering. Kekeringan juga menyebabkan meningkatnya kebakaran hutan. Rusaknya Terumbu Karang Global warming akan membuat suhu air laut meningkat. Ini membuat terumbu karang mengalami pemutihan dan lama-lama menjadi rusak. Rusaknya terumbu karang akan membuat ekosistem laut menjadi tidak seimbang. Punahnya Berbagai Jenis Flora dan Fauna Lingkungan yang berubah akibat pemanasan global tentu memengaruhi eksistensi hewan dan tumbuhan. Fauna yang hidup di kutub seperti penguin dan beruang kutub terancam kehilangan habitatnya. Kelaparan Perubahan iklim menyebabkan musim sulit diprediksi. Akibatnya musim tanam menjadi tidak menentu. Ini tentu berdampak pada produksi pangan penduduk. Jadi, jawaban yang tepat adalah 1 dan 3.

Dampak perubahan iklim global di daerah kutub adalah sebagai berikut.

  • Mencairnya Lapisan Es di Kutub Utara dan Selatan
    Meningkatnya suhu menyebabkan lapisan es di kutub meleleh. Jika ini terus terjadi maka permukaan air laut akan naik secara global. Masyarakat yang hidup di pesisir terancam oleh banjir rob, sedangkan pulau-pulau kecil bisa tenggelam.
  • Kekeringan
    Naiknya suhu menyebabkan peningkatan penguapan air. Penguapan skala besar inilah yang menjadi penyebab utama kekeringan di banyak tempat. Akibat penguapan, banyak sumber mata air yang kering. Kekeringan juga menyebabkan meningkatnya kebakaran hutan. 
  • Rusaknya Terumbu Karang
    Global warming akan membuat suhu air laut meningkat. Ini membuat terumbu karang mengalami pemutihan dan lama-lama menjadi rusak. Rusaknya terumbu karang akan membuat ekosistem laut menjadi tidak seimbang.
  • Punahnya Berbagai Jenis Flora dan Fauna
    Lingkungan yang berubah akibat pemanasan global tentu memengaruhi eksistensi hewan dan tumbuhan. Fauna yang hidup di kutub seperti penguin dan beruang kutub terancam kehilangan habitatnya.
  • Kelaparan
    Perubahan iklim menyebabkan musim sulit diprediksi. Akibatnya musim tanam menjadi tidak menentu. Ini tentu berdampak pada produksi pangan penduduk. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah 1 dan 3.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

289

Hany Ayu Marlinda

Pembahasan lengkap banget

Christiano Sinurat

Mudah dimengerti

Aina Mardahlia

Ini yang aku cari! Bantu banget Makasih ❤️

yohanes.Nathannael

Wah keren

Jesica Suci Noviyanti

yang ditanya adalah dampak

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dampak negatif dari perubahan iklim terhadap lingkungan yang tepat adalah ….

29

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia