Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Melaksanakan pemilu yang jujur dan adil berdasarkan asas demokrasi Menaikkan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika hingga Rp. 10000 Mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF Menyeimbangkan pendapatan pemerintah pusat dan daerah Dari pernyataan diatas, yang merupakan langkah - langkah pemerintahan Presiden B.J. Habibie dalam memperbaiki krisis moneter di Indonesia tahun 1998 - 1999 adalah...

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Melaksanakan pemilu yang jujur dan adil berdasarkan asas demokrasi
  2. Menaikkan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika hingga Rp. 10000
  3. Mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF
  4. Menyeimbangkan pendapatan pemerintah pusat dan daerah


Dari pernyataan diatas, yang merupakan langkah - langkah pemerintahan Presiden B.J. Habibie dalam memperbaiki krisis moneter di Indonesia tahun 1998 - 1999 adalah...

  1. 1 dan 2

  2. 1 dan 3

  3. 2 dan 3

  4. 2 dan 4

  5. 3 dan 4

Pembahasan Soal:

Kebijakan pemerintahan B.J. Habibie di bidang ekonomi dirasakan cukup mampu mmemperbaiki keadaan Indonesia pasca turunnya Soeharto. Kebijakan-kebijakan tersebut, yaitu:

  • Menekan praktik monopoli dan tumbuhnya persaingan usaha yang tidak sehat
  • Membebaskan tahanan politik untuk menciptakan stabilitas ekonomi
  • Membuat tim ekonomi yang bebas dari intervensi politik
  • Menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar dari Rp 16.650 menjadi Rp 7.000
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang minus menjadi positif
  • Menyelamatkan empat bank BUMN yang tenggelam
  • Independensi Bank Indonesia
  • Mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF

Dengan demikian, jawabannya adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia sejak Reformasi hingga sekarang ini

Pembahasan Soal:

Reformasi lahir setelah negara kita ini mengalami krisis yang melanda berbagai aspek, mulai dari kehidupan, ekonomi, politik, hukum, kepercayaan, dan yang parahnya lagi adalah krisis kebutuhan pokok. Karena pada masa Orde Baru itu Indonesia mengalami krisis yang cukup parah, akhirnya muncullah gerakan-gerakan mahasiswa dan masyarakat lainnya yang meminta Presiden Soeharto untuk turun dari jabatannya. Kondisi ekonomi Indonesia pasca reformasi yaitu mengalami keterpurukan. Hal ini disebabkan karena terjadi krisis ekonomi pada pertengahan tahun 1997. Inflasi yang ditimbulkan dari krisis ini semakin meningkat dan membuat rakyat hidup miskin dan menderita. Dari keadaan ekonomi tersebut, para investor asing kemudian memilih untuk mengalirkan dananya ke luar negeri. Hal ini dilakukan karena melakukan investasi di Indonesia tidak ada jaminan keamanannya, sehingga Indonesia kehilangan banyak investor asing. Kondisi sosial pasca reformasi adalah banyaknya orang-orang yang terkena PHK, hal ini terjadi karena banyak sekali perusahaan yang bangkrut sebelum masa Orde Baru sepenuhnya berakhir. Rakyat yang hidup digaris kemiskinan semakin bertambah. Pemerintah kemudian melakukan usaha dengan membuka lapangan kerja baru bagi rakyat, sehingga sedikit demi sedikit masalah yang timbul pasca reformasi dapat teratasi.

Dengan demikian, kehidupan ekonomi Indonesia selalu mengalami pasang surut, namun secara keseluruhan dari reformasi hingga saat ini perekonomian semakin membaik, tingkat investasi juga semakin meningkat, dan pendapatan nasional juga meningkat, ini sebagai bukti bahwa masyarakat Indonesia semakin maju.

0

Roboguru

Usaha Presiden B. J. Habibie mereformasi perekonomian Indonesia dengan membentuk...

Pembahasan Soal:

Pasca lengsernya presiden Suharto pada tahun 1998, kekacauan di Indonesia belum juga berakhir, perekonomian kian sulit karena efek krisis global dan gejolak politik di tanah air, banyak bank yang bangkrut sehingga presiden Habibie harus membentuk Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) untuk memperbaiki keadaan ekonomi.


Dengan demikian, badan yang dibentuk oleh Habibie adalah Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).space space 

0

Roboguru

Bagaimana kebijakan yang dilakukan pemerintahan B.J. Habibie untuk memperbaiki perekonomian Indonesia setelah krisis moneter menghancurkan perekonomian bangsa?

Pembahasan Soal:

Untuk mengatasi krisis ekonomi, pemerintahan BJ Habibie mengambil beberapa kebijakan penting. Di bidang moneter, dimulai dengan mengendalikan jumlah uang yang beredar, menaikkan suku bunga Sertifikat BI menjadi 70% dan menerapkan bank sentral independen. Di bidang perbankan, diterbitkan obligasi senilai Rp. 650 triliun untuk menalangi perbankan, menutup 38 bank dan mengambil alih tujuh bank. Di bidang fiskal, sejumlah proyek infrastruktur dibatalkan, juga perlakuan khusus bagi mobil nasional, dan membiayai program Jaring Pengaman Sosial. Sedangkan di bidang korporasi, utang swasta direstrukturisasi melalui skema Indonesian Debt Restructuring Agency (INDRA) dan Prakarsa Jakarta, serta menghentikan praktek monopoli yang selama ini dilakukan Bulog dan Pertamina.

Dengan demikian reformasi dalam sektor moneter, perbankan, fiskal, dan korporasi merupakan kebijakan yang dilakukan pemerintahan B.J. Habibie untuk memperbaiki perekonomian Indonesia setelah krisis moneter.

0

Roboguru

Tekad Habibie setelah dilantik menjadi Presiden RI adalah ...

Pembahasan Soal:

Setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya pada tanggal 21 Mei 1998, B.J. Habibie melanjutkan masa jabatan yang tersisa sebagai Presiden yang ketiga. Masa pemerintahan Presiden Soeharto atau kerap disebut Orde Baru banyak meninggalkan masalah yang harus diselesaikan, terutama krisis ekonomi sebagai dampak dari krisis moneter pada tahun 1998. Maka dari itu, tekad Habibie setelah dilantik menjadi Presiden RI adalah berusaha untuk menyelamatkan negara dari krisis ekonomi. Hal tersebut dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • merekapitulasi perbankan,
  • melikuidasi beberapa bank bermasalah,
  • menaikkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika hingga di bawah Rp.10.000, dan
  • mengimplementasikan reformasi ekonomi seperti yang disyaratkan International Money Fund (IMF).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Sebutkan langkah-langkah yang diambil B. J. Habibie untuk memenuhi tuntutan reformasi!

Pembahasan Soal:

Presiden B.J. Habibie adalah presiden ketiga dalam sejarah Indonesia. Masa pemerintahannya cenderung singkat, yaitu sejak tahun 1998 hingga 1999. Beberapa langkah-langkah yang diambil B. J. Habibie untuk memenuhi tuntutan reformasi diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pembentukan kabinet.
  2. Perubahan kehidupan politik nasional.
  3. Mengurangi peran ABRI dalam sosial politik.
  4. Perbaikan ekonomi.
  5. Mengadakan pemilihan umum.

Jadi, langkah-langkah yang diambil B.J. Habibie untuk memenuhi tuntutan reformasi adalah pembentukan kabinet, perubahan kehidupan politik, mengurangi peran ABRI, dan lain-lain.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved