Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini! Tersedia dalam jumlah banyak. Dapat memenuhi kebutuhan penduduk. Persebaran tidak merata. Memiliki nilai ekonomi rendah. Ciri sumber daya alam sebagai pendukung kehidupan terdapat pada angka ...

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut ini!

  1. Tersedia dalam jumlah banyak.
  2. Dapat memenuhi kebutuhan penduduk.
  3. Persebaran tidak merata.
  4. Memiliki nilai ekonomi rendah.

Ciri sumber daya alam sebagai pendukung kehidupan terdapat pada angka ...

  1. 1 dan 2

  2. 1 dan 4

  3. 2 dan 3

  4. 2 dan 4

  5. 3 dan 4

Pembahasan Soal:

Sumber daya alam adalah semua kekayaan berupa mati dan benda hidup yang ada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Ciri sumber daya alam sebagai pendukung kehidupan manusia adalah tersedia dalam jumlah banyak dan dapat memenuhi kebutuhan penduduk.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka ciri sumber daya alam sebagai pendukung kehidupan adalah tersedia dalam jumlah banyak dan dapat memenuhi kebutuhan penduduk.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 17 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya alam...

Pembahasan Soal:

Sumber daya hayati merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya nabati, sedangkan sumber daya alam yang berasal dari hewan disebut sumber daya hewani. Sumber daya hayati dimanfaatkan manusia sebagai pemenuhan kebutuhan pangan.undefined Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Sumber daya alam berdasarkan proses pembentukannya adalah …. sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sumber daya alam yang dapat diperbarui sumber daya alam yang mempunyai sifat gabungan su...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan proses terbentuknya sumber daya alam dapat diklasifikasikan menjadi tiga yaitu:

  1. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui
    Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan segala bentuk sumber daya dimana apabila dimanfaatkan wujud sumber daya tersebut akan habis terpakai dan tidak bisa diproduksi kembali, kalaupun bisa diperlukan waktu hingga jutaan tahun seperti halnya batu bara karena merupakan hasil endapan sisa-sisa organisme masa lampau yang memfosil.
  2. Sumber daya alam yang dapat diperbarui
    Sumber daya ini sesuai namanya adalah sumber daya dimana apabila digunakan tidak akan habis serta secara alamiah memiliki siklus daur ulangnya sendiri seperti air ataupun panas matahari yang tidak akan habis setidaknya selama beberapa juta tahun kedepan.
  3. Sumber daya alam yang mempunyai sifat gabungan
    Sumberdaya jenis ketiga ini merupakan sumberdaya yang memiliki sifat gabungan dari kedua jenis sumberdaya yang dapat diperbaharui dan tidak seperti halnya hasil panen, hutan, satwa, perikanan, dan peternakan maupun sumber daya tanah.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Berikut ini termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, namun cepat habis adalah ...

Pembahasan Soal:

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu di alam yang memiliki manfaat bagi manusia. Sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui dan tidak akan habis digunakan karena dapat memperbaharui dirinya sendiri dengan berbagai cara, seperti berkembang biak, baik secara alami maupun dengan bantuan manusia. Adapun sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui terdapat dalam jumlah yang relatif tetap sebab tidak ada penambahan atau pembentukannya sangat lambat dibanding dengan umur manusia. Berdasarkan daya pakai dan nilai konsumtif sumber daya alam ini dibedakan menjadi dua golongan.

  1. Sumber daya alam yang cepat habis karena nilai konsumtifnya tinggi dan digunakan dalam jumlah yang banyak. Jenis sumber daya alam ini daur ulangnya sukar dilakukan. Contoh: minyak bumi, gas alam, dan batu bara.
  2. Sumber daya alam yang tidak cepat habis karena nilai konsumtifnya kecil dan manusia hanya memanfaatkan dalam jumlah sedikit. Sumber daya alam ini dapat dipakai secara berulang-ulang sehingga tidak cepat habis. Contoh: intan, batu permata, dan logam mulia (emas).

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Hal-hal yang bukan merupakan sumber daya alam materi adalah ...

Pembahasan Soal:

Sumber daya alam berdasarkan materi digolongkan menjadi dua, yaitu sumber daya alam organik (hayati), dan sumber daya alam organik (nonhayati). Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam hayati bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan. Sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam nonhayati contohnya adalah air, sinar matahari, udara, tanah, minyak bumi, dan gas alam. Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Berdasarkan asalnya, sumber daya alam dapat diklasifikasikan menjadi ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan asalnya sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu sumber daya alam biotik (organik) dan sumber daya alam abiotik (anorganik). Sumber daya alam biotik (organik) adalah sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup seperti hewan dan tumbuhan sedangkan sumber daya alam abiotik (anorganik) adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati seperti matahari, air, angin, panas bumi, dll.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved