Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Pewaris pimpinan tertinggi diberikan kepada seseorang yang profesional (2) Kaum intelektual berperan dalam posisi strategis pemerintah (3) Walikota aktif mencalonkan diri menjadi wakil gubernur (4) Penduduk yang homogen menyebabkan ketatnya kompetisi (5) Penempatan posisi seseorang berdasarkan keturunan Yang termasuk faktor pendorong perubahan sosial karena diterapkannya sistem stratifikasi sosial terbuka adalah ....

Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Pewaris pimpinan tertinggi diberikan kepada seseorang yang profesional

(2) Kaum intelektual berperan dalam posisi strategis pemerintah

(3) Walikota aktif mencalonkan diri menjadi wakil gubernur

(4) Penduduk yang homogen menyebabkan ketatnya kompetisi

(5) Penempatan posisi seseorang berdasarkan keturunan

Yang termasuk faktor pendorong perubahan sosial karena diterapkannya sistem stratifikasi sosial terbuka adalah ....

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (3), dan (4)

  3. (2), (3), dan (4)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

opsi yang paling tepat adalah A.

opsi yang paling tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Definisi perubahan sosial menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat. Salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan sosial adalah diterapkannya sistem stratifikasi sosial terbuka . Contoh dari penerapan sistem tersebut adalah pewaris pimpinan tertinggi diberikan kepada seorang profesional. Hal ini terjadi apabila sistem stratifikasi bersifat terbuka. Sebab di sistem stratifikasi sosial tertutup, besar kemungkinan pewaris kepemimpinan diberikan berdasarkan kasta atau keturunan. Kemudian, contoh lainnya adalah kaum intelektual berperan dalam posisi strategis pemerintah . Ini juga merupakan bentuk dari diterapkannya sistem stratifikasi sosial terbuka. Selain itu, walikota aktif mencalonkan diri menjadi wakil gubernur adalah sesuatu yang sah dan legal dalam sistem demokrasi yang menerapkan sistem sosial terbuka. Sehingga opsi yang paling tepat adalah A.

Definisi perubahan sosial menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

Salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan sosial adalah diterapkannya sistem stratifikasi sosial terbuka. Contoh dari penerapan sistem tersebut adalah pewaris pimpinan tertinggi diberikan kepada seorang profesional. Hal ini terjadi apabila sistem stratifikasi bersifat terbuka. Sebab di sistem stratifikasi sosial tertutup, besar kemungkinan pewaris kepemimpinan diberikan berdasarkan kasta atau keturunan. Kemudian, contoh lainnya adalah kaum intelektual berperan dalam posisi strategis pemerintah. Ini juga merupakan bentuk dari diterapkannya sistem stratifikasi sosial terbuka. Selain itu, walikota aktif mencalonkan diri menjadi wakil gubernur adalah sesuatu yang sah dan legal dalam sistem demokrasi yang menerapkan sistem sosial terbuka. Sehingga opsi yang paling tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan bagan stratifikasi berikut! Berikut ini yang merupakan contoh stratifikasi sosial seperti bagan di atas adalah ....

53

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia