Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Awan tebal menyelimuti gunung Suhu air di kawah meningkat Gempa bumi  kecil sering terjadi Hutan sekitar gunung rusak Tanda gunung api yang akan meletus ditunjukkan oleh angka nomor…

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Awan tebal menyelimuti gunung
  2. Suhu air di kawah meningkat
  3. Gempa bumi  kecil sering terjadi
  4. Hutan sekitar gunung rusak

Tanda gunung api yang akan meletus ditunjukkan oleh angka nomor…space

  1. 1 dan 2space

  2. 2 dan 4space

  3. 3 dan 4space

  4. 2 dan 3space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Gunung berapi akan memberikan tanda-tanda sebelum meletus. Tanda-tanda tersebut yaitu terdengar suara gemuruh, gempa vulkanik, sumber air banyak yang mengering, tumbuhan layu, suhu di sekitar gunung naik, dan hewan-hewan di sekitar puncak gunung akan turun karena hawa yang panas.

Maka, jawaban yang tepat adalah D.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Segala jenis peristiwa yang berhubungan dengan kenaikan magma ke permukaan bumi disebut juga ….

Pembahasan Soal:

Vulkanisme adalah segala jenis peristiwa yang berhubungan dengan kenaikan magma ke permukaan bumi. Sekitar 80 persen vulkanisme terjadi ketika dua lempeng saling bertemu, kemudian salah satunya menunjam ke bawah lempeng yang lain, atau yang disebut subduksi. Sisanya terbentuk ketika dua lempeng saling menjauh, sehingga memunculkan retaknya lempeng bumi yang kemudian diisi oleh magma dibawahnya. Dan sebagian kecil muncul jauh dari batas pertemuan lempeng, yaitu di hotspot yang merupakan kenaikan magma dari mantel bumi bagian bawah. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

 

Roboguru

Gejala gunung api : (1) intrusi magma (2) ekstrusi magma (3) erupsi eksplosif (4) munculnya gesyer (5) erupsi areal Gejala vulkanisme terdapat pada angka ...

Pembahasan Soal:

Vulkanisme adalah pergerakan magma yang berada di dalam perut bumi (keluar ke permukaan bumi). Magma tersebut berbentuk cair dan berpijar. (Berikut bentuk vulkanisme:)

  1. Intrusi Magma adalah peristiwa naiknya magma dan menyusup diantara lapisan batuan, namun tidak mencapai permukaan bumi. Intrusi magma terjadi karena magma yang naik tidak mencapai permukaan bumi karena tenaga yang dimilikinya kecil sehingga ia menyusup pada celah – celah lapisan batuan di dalam kerak bumi.
  2. Ekstrusi magma adalah proses letusan gunung api. Magma dapat keluar dari dalam bumi, diakibatkan adanya celah, retakan, atau lubang yang mengarah ke permukaan bumi.
  3. Erupsi Eksplosif adalah proses keluarnya magma ke permukaan bumi (Letusan Gunung) dengan tekanan gas yang sangat kuat sehingga menimbulkan letusan atau ledakan.
  4. Geiser adalah sejenis mata air panas yang menyembur secara periodik, mengeluarkan air panas dan uap air ke udara.
  5. Erupsi Areal adalah erupsi yang terjadi karena magma terletak sangat dekat dengan permukaan bumi, sehingga ketika permukaan bumi terbakar, magma meleleh keluar ke permukaan bumi.

Sesuai dengan penjelasan di atas maka dapat dilihat bahwa yang merupakan gejala vulkanis adalah munculnya mata air panas, terjadinya ekstrusi magma dan adanya erupsi areal

Roboguru

Gempa bumi merupakan salah satu contoh dari tenaga endogen yang banyak terjadi di Indonesia. Berikut ini peristiwa yang bisa memicu terjadinya gempa bumi di Indonesia adalah ….

Pembahasan Soal:

Gempa bumi merupakan getaran di permukaan bumi akibat adanya pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba. Gempa bumi merupakan salah satu tenaga endogen dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu

  • gerakan lempeng bumi (aktivitas tektonisme)
  • letusan/erupsi gunung api (aktivitas vulkanisme)
  • runtuhan gua
  • jatuhan meteor

Tsunami dan likuefaksi (perubahan tanah yang padat menjadi seperti cairan/lumpur dan kehilangan kekuatan penahannya) merupakan dampak dari peristiwa gempa bumi. Sementara itu, peristiwa badai siklon tropis tidak berkaitan dengan peristiwa gempa bumi. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Roboguru

Mengapa Indonesia memiliki banyak gunung api?

Pembahasan Soal:

Gunung api terbentuk karena pertemuan lempeng bumi. Pertemuan ini menyebabkan salah satu lempeng terhujam ke bawah lempeng yang lain. Zona yang terbenam ini akan mencair karena suhu yang panas di bawah kerak bumi. Bagian cair ini menambah magma di mantel dan seterusnya mengalir keluar ke permukaan bumi menjadi gunung api.

Indonesia memiliki banyak gunung berapi. Hal tersebut dikarenakan Indonesia terletak di wilayah pertemuan dua lempeng benua, yaitu Lempeng India-Australia dan Lempeng Eurasia serta satu lempeng samudera, yaitu Lempeng Pasifik.space space   

Roboguru

Sebutkan 3 bentuk Gunung Api !

Pembahasan Soal:

Berdasarkan bentuk dan proses terjadinya gunung api dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Gunung Api Maar, Gunung ini memiliki ciri-ciri, seperti terdapat kawah dibagian puncaknya. Contoh gunung api maar diantaranya ada Gunung Dieng dan Gunung Lamongan
  2. Gunung Api Perisai, Gunung ini memiliki ciri-ciri, seperti terdapat alas yang luas memiliki bentuk lereng yang sangat landai. Contoh gunung api perisai diantaranya ada Gunung Mauna Loa dan Gunung Mauna Kea
  3. Gunung Api Strato, Gunung ini memiliki ciri-ciri, seperti bentuknya yang kerucut dan memiliki lereng yang berlapis-lapis. Conoh gunung api strato diantaranya ada Gunung Kerinci dan Gunung Pangrango. 
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved