Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Struktur sosial tertutup (2) Lingkungan perkotaan (3) Sikap vested interest penguasa (4) Sikap masyarakat yang terbuka (5) Puas dengan yang sudah dicapai Yang termasuk faktor penghambat perubahan adalah ....

Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Struktur sosial tertutup
(2) Lingkungan perkotaan
(3) Sikap vested interest penguasa
(4) Sikap masyarakat yang terbuka
(5) Puas dengan yang sudah dicapai

Yang termasuk faktor penghambat perubahan adalah ....

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Definisi Perubahan sosial menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat. Perubahan sosial ini dapat terhambat apabila struktur sosial tertutup. Struktur sosial yang tertutup membuat arus informasi dan pengetahuan dari luar sulituntuk masuk ke dalam masyarakat. Hal ini membuat masyarakat terpaku pada pola pengetahuan yang lama sehingga sulitmenciptakan perubahan. Perubahan sosial juga dapat terhambat apabila penguasa mempunyai sikap vested interest atau kepentingan yang bersifat kuat, mengakar, dan memiliki keinginan untuk mendapatkan keuntungan dari kondisi tertentu. Sebagai contoh, penguasa bersikap seperti ini karena sadar bahwa perubahan-perubahan yang terjadi akan dapat mengancam kedudukannya. Selain itu, rasa puas dengan apa yang dicapai juga dapat menjadi faktor penghambat perubahan sosial. Apabila sudah merasa puas, kita cenderung tidak menginginkan perubahan. Berdasarkan penjelasan di atas, maka pilihan jawaban yang paling tepat adalah C.

Definisi Perubahan sosial menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

Perubahan sosial ini dapat terhambat apabila struktur sosial tertutup. Struktur sosial yang tertutup membuat arus informasi dan pengetahuan dari luar sulit untuk masuk ke dalam masyarakat. Hal ini membuat masyarakat terpaku pada pola pengetahuan yang lama sehingga sulit menciptakan perubahan.

Perubahan sosial juga dapat terhambat apabila penguasa mempunyai sikap vested interest atau kepentingan yang bersifat kuat, mengakar, dan memiliki keinginan untuk mendapatkan keuntungan dari kondisi tertentu. Sebagai contoh, penguasa bersikap seperti ini karena sadar bahwa perubahan-perubahan yang terjadi akan dapat mengancam kedudukannya.

Selain itu, rasa puas dengan apa yang dicapai juga dapat menjadi faktor penghambat perubahan sosial. Apabila sudah merasa puas, kita cenderung tidak menginginkan perubahan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka pilihan jawaban yang paling tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

155

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat tidak selalu berjalan dengan baik. Hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat menghambat perubahan tersebut. Sebutkan lima faktor penghambat p...

23

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia