Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Rasa sentimen berlebihan dengan adanya ragam budaya baru (2) Memilih pemimpin yang berasal dari suku bangsa yang sama (3) Mengagungkan kebudayaan yang berasal dari suku bangsanya (4) Toleransi terhadap perbedaan perkembangan aliran kepercayaan (5) Mudah membaur dengan orang yang berbeda etnis dan agamanya Perilaku yang tidak sesuai dengan masyarakat majemuk adalah ....

Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Rasa sentimen berlebihan dengan adanya ragam budaya baru

(2) Memilih pemimpin yang berasal dari suku bangsa yang sama

(3) Mengagungkan kebudayaan yang berasal dari suku bangsanya

(4) Toleransi terhadap perbedaan perkembangan aliran kepercayaan

(5) Mudah membaur dengan orang yang berbeda etnis dan agamanya

Perilaku yang tidak sesuai dengan masyarakat majemuk adalah ....

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Menurut J.S. Furnivall , masyarakat majemuk merupakan masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih komunitas maupun kelompok-kelompok yang secara budaya dan ekonomi terpisah serta memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu dengan lainnya. Rasa sentimen berlebihan dengan adanya ragam budaya baru adalah contoh perilaku yang tidak sesuai dengan realitas masyarakat majemuk. Sebab pada masyarakat majemuk, setiap unsur budaya dari kelompok budaya yang berbeda harus bisa dihormati dan dihargai tanpa ada rasa sentimen berlebihan yang dapat menimbulkan perpecahan. Memilih pimpinan yang berasal dari suku bangsa yang sama juga merupakan contoh perilaku yang tidak sesuai dengan realitas majemuk apabila seseorang memilih pemimpin hanya berdasarkan kesamaan suku bangsa tanpa melihat faktor-faktor lain. Mengagungkan kebudayaan yang berasal dari suku bangsanya juga merupakan contoh perilaku yang tidak sesuai dengan realitas majemuk. Sebab, dalam masyarakat majemuk harus diyakini bahwa setiap kelompok budaya memiliki derajat yang sama. Mengagung-agungkan budaya sendiri hanya dapat menimbulkan perasaan cinta berlebihan terhadap kebudayaan sendiri hingga berujung pada sikap merendahkan budaya orang lain yang disebut sebagai etnosentrisme. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pernyataan nomor 1, 2, dan 3.

Menurut J.S. Furnivall, masyarakat majemuk merupakan masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih komunitas maupun kelompok-kelompok yang secara budaya dan ekonomi terpisah serta memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu dengan lainnya.

Rasa sentimen berlebihan dengan adanya ragam budaya baru adalah contoh perilaku yang tidak sesuai dengan realitas masyarakat majemuk. Sebab pada masyarakat majemuk, setiap unsur budaya dari kelompok budaya yang berbeda harus bisa dihormati dan dihargai tanpa ada rasa sentimen berlebihan yang dapat menimbulkan perpecahan.

Memilih pimpinan yang berasal dari suku bangsa yang sama juga merupakan contoh perilaku yang tidak sesuai dengan realitas majemuk apabila seseorang memilih pemimpin hanya berdasarkan kesamaan suku bangsa tanpa melihat faktor-faktor lain.

Mengagungkan kebudayaan yang berasal dari suku bangsanya juga merupakan contoh perilaku yang tidak sesuai dengan realitas majemuk. Sebab, dalam masyarakat majemuk harus diyakini bahwa setiap kelompok budaya memiliki derajat yang sama. Mengagung-agungkan budaya sendiri hanya dapat menimbulkan perasaan cinta berlebihan terhadap kebudayaan sendiri hingga berujung pada sikap merendahkan budaya orang lain yang disebut sebagai etnosentrisme.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pernyataan nomor 1, 2, dan 3.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam suatu masyarakat mutikultural yang terdiri dari berbagai suku bangsa, terdapat satu kelompok suku yang jumlahnya paling banyak di antara suku bangsa lainnya. Kelompok suku bangsa tersebut juga m...

19

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia