Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! 1) Pramusaji menanyakan kepada tamu mengenai menu yang ingin dipesannya. 2) Guru memanggil nama peserta didik saat melakukan presensi. 3) Dino mengajak bicara temannya yang sedang tidur mengigau. 4) Seorang turis memesan karnar kepada resepsionis hotel. 5) Bagus rnendengarkan siaran radio di karnar. Interaksi sosial ditunjukkan oleh pernyataan nomor . ...

Perhatikan pernyataan berikut!
1) Pramusaji menanyakan kepada tamu mengenai menu yang ingin dipesannya.
2) Guru memanggil nama peserta didik saat melakukan presensi. 
3) Dino mengajak bicara temannya yang sedang tidur mengigau.
4) Seorang turis memesan karnar kepada resepsionis hotel.
5) Bagus rnendengarkan siaran radio di karnar. 

Interaksi sosial ditunjukkan oleh pernyataan nomor . ... 

  1. 1), 2), dan 3) 

  2. 1), 2), dan 4) 

  3. 1), 3), dan 5) 

  4. 2), 4), dan 5) 

  5. 3), 4), dan 5) 

Iklan

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

poin 1, 2, dan 4 merupakan contoh dari interaksi sosial karena telah terpenuhi syarat terjadinya interaksi sosial, yakni kontak sosial dan komunikasi.

poin 1, 2, dan 4 merupakan contoh dari interaksi sosial karena telah terpenuhi syarat terjadinya interaksi sosial, yakni kontak sosial dan komunikasi.

Iklan

Pembahasan

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang terjadi antarindividu, individu dan kelompok, dan antarkelompok. Interaksi sosial terjadi melalui dua syarat, yakni kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial adalah sekumpulan aksi dan proses reaksi sosial dalam kehidupan masyarakat yang saling meberikan pengeruh satu dengan lainnya. Kontak sosial juga dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang ataupun kelompok ketika berinteraksi. Kemudian, komunikasi dapat diartikan sebagai tindakan seseorang menyampaikan pesan terhadap orang lain dan orang lain itu memberi tafsiran atas sinyal tersebut serta mewujudkannya dalam perilaku. Oleh karena itu, poin 1, 2, dan 4 merupakan contoh dari interaksi sosial karena telah terpenuhi syarat terjadinya interaksi sosial, yakni kontak sosial dan komunikasi.

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang terjadi antarindividu, individu dan kelompok, dan antarkelompok. Interaksi sosial terjadi melalui dua syarat, yakni kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial adalah sekumpulan aksi dan proses reaksi sosial dalam kehidupan masyarakat yang saling meberikan pengeruh satu dengan lainnya. Kontak sosial juga dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang ataupun kelompok ketika berinteraksi. Kemudian, komunikasi dapat diartikan sebagai tindakan seseorang menyampaikan pesan terhadap orang lain dan orang lain itu memberi tafsiran atas sinyal tersebut serta mewujudkannya dalam perilaku.

 

Oleh karena itu, poin 1, 2, dan 4 merupakan contoh dari interaksi sosial karena telah terpenuhi syarat terjadinya interaksi sosial, yakni kontak sosial dan komunikasi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

52

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Komandan upacara memberikan aba-aba kepada peserta upacara dan dipatuhi sehingga terjadi interaksi sosial yang baik. Ciri yang sangat menonjol dalam contoh interaksi tersebut adalah ....

10

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia