Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Perubahan nilai dan norma pada masyarakat (2) Kronologi suatu peristiwa di masa penjajahan (3) Cara mendapatkan, memelihara, dan mempertahankan keadaan (4) Peluang terjadinya konflik etnis pada masa transisi kekuasaan (5) Tata cara berpakaian sesuai perkembangan peradaban manusia Yang tergolong objek sosiologi adalah ....

Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Perubahan nilai dan norma pada masyarakat

(2) Kronologi suatu peristiwa di masa penjajahan

(3) Cara mendapatkan, memelihara, dan mempertahankan keadaan

(4) Peluang terjadinya konflik etnis pada masa transisi kekuasaan

(5) Tata cara berpakaian sesuai perkembangan peradaban manusia

Yang tergolong objek sosiologi adalah ....

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

opsi yang mewakili jawaban-jawaban tersebut adalah opsi C.

opsi yang mewakili jawaban-jawaban tersebut adalah opsi C.

Iklan

Pembahasan

Terdapat dua objek kajian sosiologi yaitu objek formal dan objek material. Objek formal menekankan pada manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Artinya, objek formal sosiologi menekankan pada hubungan antar manusia dengan segala dinamikanya serta proses yang timbul di dalamnya dalam kehidupan bermasyarakat. Sedangkan, objek material sosiologi menakankan bukan pada manusianya tapi gejala-gejala sosial yang mempengaruhi proses kehidupan sosial masyarakat. Dengan penjelasan seperti itu, bisa ditarik kesimpulan bahwa objek kajian sosiologi adalah manusia sebagai mahluk sosial (masyarakat) dan gejala-gejala sosial dalam masyarakat. Pada pilihan jawaban soal ini, opsi yang tepat yang merupakan objek kajian sosiologi adalah opsi (1) perubahan nilai dan norma dalam masyarakat, (3) Cara mendapat dan mempertahankan keadaan, dan (5) tata cara berpakaian sesuai dengan perkembangan peradaban manusia. Sehingga opsi yang mewakili jawaban-jawaban tersebut adalah opsi C.

Terdapat dua objek kajian sosiologi yaitu objek formal dan objek material. Objek formal menekankan pada manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Artinya, objek formal sosiologi menekankan pada hubungan antar manusia dengan segala dinamikanya serta proses yang timbul di dalamnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Sedangkan, objek material sosiologi menakankan bukan pada manusianya tapi gejala-gejala sosial yang mempengaruhi proses kehidupan sosial masyarakat.

Dengan penjelasan seperti itu, bisa ditarik kesimpulan bahwa objek kajian sosiologi adalah manusia sebagai mahluk sosial (masyarakat) dan gejala-gejala sosial dalam masyarakat.

Pada pilihan jawaban soal ini, opsi yang tepat yang merupakan objek kajian sosiologi adalah opsi (1) perubahan nilai dan norma dalam masyarakat, (3) Cara mendapat dan mempertahankan keadaan, dan (5) tata cara berpakaian sesuai dengan perkembangan peradaban manusia. Sehingga opsi yang mewakili jawaban-jawaban tersebut adalah opsi C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

22

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan peristiwa berikut ! (1) Aksi protes masyarakat akibat rumahnya terendam luapan lumpur panas (2) Ditemukannya artefak alat-alat perlengkapan hidup zaman pra sejarah (3) Persaingan a...

29

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia